fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Dalam tubuh seseorang pasti memiliki organ yang bernama ginjal. Ginjal sendiri adalah organ yang memiliki peran sangat penting untuk menyaring racun agar tidak masuk ke tubuh. Maka dari itu, kondisi kesehatan ginjal pun harus selalu dijaga dengan baik agar tidak mengalami penyakit gagal ginjal kronis yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Ginjal juga memiliki peran aktif untuk menjaga keseimbangan kondisi kimiawi di dalam tubuh dan membantu untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, ginjal juga merupakan organ yang dapat memproduksi berbagai hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila seseorang sudah mengalami gagal ginjal kronis, maka ginjal pun tidak akan berfungsi dengan baik lagi.

Informasi

Perlu Anda tahu, gagal ginjal kronis sendiri adalah suatu kondisi dimana fungsi ginjal mengalami penurunan secara bertahap karena adanya kerusakan pada sel ginjal di tubuh seseorang. Secara medis, gagal ginjal yang sudah parah ini dapat diartikan juga sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi oleh ginjal yang terjadi selama tiga bulan bahkan bisa lebih.  

Ginjal sendiri memang berfungsi untuk menyaring racun dan kelebihan cairan yang ada di dalam darah sebelum nantinya dibuang melalui cairan urine Anda bila ginjal dalam kondisi yang normal atau baik. Namun, dalam kondisi seseorang yang mengalami penyakit ini, maka seluruh cairan dan kotoran serta racun ini akan menumpuk dalam tubuh.

Gejala 

Penyakit gagal ginjal kronis sendiri umumnya muncul secara bertahap dan terjadi dalam jangka waktu beberapa bulan atau tahun. Biasanya, tidak ada gejala yang muncul pada tahap awal terjadinya gagal ginjal, sampai nantinya ketika penyakit ginjal sudah memasuki tahap kronis. Terlebih lagi, banyak tanda awal dari gagal ginjal yang menyerupai kondisi penyakit lain.

Dengan demikian, hal ini membuat diagnosis awal dari gagal ginjal tergolong cukup sulit. Hanya saja, pemeriksaan  urine dan tes darah menjadi adalah cara yang paling ampuh untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit ginjal. Tapi, jika gagal ginjal sudah menjadi kronis, maka ada beberapa gejala penyakit ini dapat muncul pada diri seseorang seperti :

  • Urine yang mengeluarkan darah.
  • Pembengkakan pada tungkai.
  • Tekanan darah yang tak terkendali.
  • Badan yang tampak menghitam.
  • Tubuh lemas, mata pucat.
  • Mudah lelah

Faktor Risiko

Perlu Anda ketahui, ada banyak faktor risiko yang dapat terjadi jika seseorang sudah mengalami penyakit gagal ginjal kronis. Beberapa faktor risiko itu seperti misalnya :

  • Kenaikan kadar kalium yang tinggi dalam darah.
  • Penyakit jantung.
  • Anemia atau kekurangan darah.
  • Tubuh sulit bergerak karena mudah lelah.
  • Kerusakan saraf pada tubuh.

Diagnosis 

Ada beberapa diagnosa yang diperlukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit ini apabila sudah muncul beberapa gejala gagal ginjal. Tes urine atau tes darah menjadi cara diagnosis yang paling sering dilakukan untuk mengetahui penyakit gagal ginjal. Tapi, masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendiagnosa gagal ginjal ini.

Cara pertama adalah melakukan pemindaian. Pemindaian ini nantinya akan dilakukan dengan melihat struktur dan ukuran ginjal dengan metode USG, MRI atau juga CT scan. Berikutnya ada metode biopsi ginjal. Biopsi ginjal ini dilakukan dengan mengambil sedikit sampel dari jaringan ginjal. Kemudian sample akan dianalisis untuk menentukan penyebab kerusakan dari ginjal.

Pengobatan 

Untuk pengobatan pada penyakit ini, harus dilakukan dengan dengan cara rutin dan tindakan medis. Pasalnya, kondisi ginjal yang sudah tidak berfungsi ini harus segera ditangani dengan sangat baik agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit lain. Apabila sudah mencapai tahap kronis, Anda pun wajib untuk melakukan cuci darah secara rutin.

Cuci darah ini dilakukan agar racun dan kotoran di dalam tubuh Anda dapat terbuang. Cuci darah menjadi metode yang dilakukan apabila ginjal sudah benar-benar tidak berfungsi. Mengonsumsi obat sesuai resep dokter juga bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit lain agar tidak muncul. Lalu yang terakhir, transplantasi ginjal menjadi cara yang dapat dilakukan dengan mengganti ginjal baru.

Pencegahan Gagal Ginjal Kronis

Melihat hal ini, Anda pun harus senantiasa melakukan berbagai macam pencegahan agar tidak mengalami penyakit ini. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar tidak terkena gagal ginjal. Cara pencegahan yang paling utama adalah dengan mulai menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga.

Selain itu, Anda pun dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk menjaga fungsi ginjal agar tetap dalam kondisi baik. Konsultasi dengan dokter dan melakukan cek kesehatan juga dapat Anda lakukan untuk selalu memantau kondisi ginjal Anda dengan rutin selama sebulan sekali.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis