fbpx
BerandaHidup SehatMental Tidak Stabil: Ciri-Ciri dan Penanganannya

Mental tidak stabil adalah istilah yang kerap digunakan masyarakat awam untuk menyebut kondisi seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut orang yang mudah marah, murung, atau menarik diri dari lingkungan sosialnya. Apa sebenarnya definisi dari mental tidak stabil dan bagaimana ciri-cirinya? Simak ulasannya berikut ini. 

mental tidak stabil

Apa Itu Mental Tidak Stabil?

Istilah mental tidak stabil sebenarnya bukan diagnosis resmi dalam dunia medis. Dalam masyarakat, istilah mental tidak stabil mengandung stigma negatif dan bersifat ofensif, namun masih banyak digunakan. Akibatnya hal ini memperberat stigma negatif penanganan masalah kesehatan mental pada masyarakat. 

Kondisi yang disebut mental tidak stabil sebenarnya merujuk pada kondisi gangguan kesehatan mental seperti: 

  • Gangguan kecemasan 
  • Depresi
  • Gangguan bipolar
  • Skizofrenia
  • PTSD (Gangguan Stres Pascatrauma)

Gangguan mental yang dialami dapat bervariasi, mulai ringan hingga parah dan dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Orang yang mengalami gangguan mental berisiko mengalami gangguan hubungan sosial termasuk gangguan hubungan dengan keluarga, pasangan, dan rekan kerja. 

Meskipun rumit, namun masalah kesehatan mental termasuk penyakit yang dapat diobati. Sebagian besar penderita gangguan kesehatan mental masih dapat menjalani kehidupan sehari-hari selayaknya orang normal. Namun pada beberapa kasus yang lebih parah, seseorang mungkin perlu mendapat perawatan intensif di rumah sakit untuk menangani kondisinya. 

Ciri-Ciri Mental Tidak Stabil

Ada berbagai tanda yang dapat mengindikasikan seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan mental atau mental tidak stabil. Namun perlu diingat bahwa tidak semua tanda-tanda ini muncul pada setiap kasus dan gejalanya dapat terlihat berbeda pada setiap orang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dilansir dari Mayo Clinic, beberapa tanda seseorang mengalami gangguan mental antara lain:

  • Merasa sedih atau murung
  • Kesulitan untuk fokus dan konsentrasi 
  • Ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan, atau perasaan bersalah yang ekstrem
  • Perubahan suasana hati yang ekstrem
  • Menarik diri dari lingkungan sosial seperti lingkungan pertemanan dan aktivitas lainnya
  • Kelelahan parah, tidak berenergi meski setelah bangun tidur dan mengalami gangguan tidur
  • Delusi, paranoia atau halusinasi
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah atau stres sehari-hari
  • Minum minuman beralkohol dan menggunakan narkoba
  • Mengalami perubahan kebiasaan makan
  • Penurunan gairah seks
  • Cenderung mudah marah, terlibat permusuhan atau kekerasan yang berlebihan
  • Muncul pemikiran untuk bunuh diri

Selain tanda-tanda di atas, mental yang tidak stabil juga dapat ditandai dengan gangguan kesehatan fisik seperti sakit perut, sakit punggung, sakit kepala, atau rasa sakit dan nyeri lainnya yang tidak dapat dijelaskan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Mengatasi Mental Tidak Stabil

Penanganan mental tidak stabil akan disesuaikan dengan gejala dan kondisi yang dialami pasien. Dalam banyak kasus, seorang pengidap masalah kesehatan mental dapat menerima kombinasi perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Secara umum, penanganan gangguan kesehatan mental dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan dan melakukan terapi. 

Obat-obatan

Pemberian obat-obatan dalam penanganan gangguan kesehatan mental tidak bertujuan untuk menyembuhkan penyakit, namun berfungsi untuk mengurangi gejala secara signifikan. Dokter dapat memberikan beberapa jenis obat berikut:

  • Antidepresan, yaitu obat yang digunakan untuk meredakan gejala depresi, kecemasan, dan kondisi lainnya. Obat ini dapat memperbaiki gejala yang dialami pasien seperti kesedihan yang berlarut-larut, keputusasaan, kekurangan energi, kesulitan berkonsentrasi dan kurangnya minat dalam beraktivitas. 
  • Obat anti-kecemasan. Pemberian obat ini digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan seperti gangguan kecemasan umum atau gangguan panik. Jenis obat ini juga dapat membantu mengurangi kegelisahan dan insomnia.
  • Penstabil suasana hati. Obat untuk menstabilkan suasana hati paling sering digunakan untuk mengobati gangguan bipolar yang melibatkan episode mania dan depresi secara bergantian. 
  • Antipsikotik. Obat antipsikotik biasanya digunakan untuk mengobati gangguan psikotik seperti skizofrenia. Kelompok obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan bipolar atau digunakan dengan antidepresan untuk mengobati depresi.

Psikoterapi

Psikoterapi atau yang disebut juga dengan terapi bicara adalah praktik terapi yang melibatkan pembicaraan mengenai kondisi Anda dan masalah terkait dengan dokter atau psikiater. Selama psikoterapi Anda akan belajar mengenai kondisi dan suasana hati, perasaan, pikiran, dan perilaku Anda. Dengan diksusi dan pengetahuan yang Anda peroleh, Anda dapat memahami keterampilan mengatasi dan mengelola stres.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar ciri-ciri mental tidak stabil. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman