fbpx
BerandaHidup SehatCara Menjaga Kesehatan Mental Anak Tengah

Banyak masyarakat beranggapan urutan lahir ikut memengaruhi kondisi mental seseorang. Anak sulung dianggap lebih mandiri, anak bungsu dianggap lebih manja sedangkan anak tengah cenderung pemberontak, merasa diabaikan dan paling berbeda di antara kakak dan adiknya. Kondisi ini dikenal dengan istilah middle child syndrome. Seperti apa middle child syndrome dan bagaimana cara menjaga kesehatan mental anak tengah? Simak ulasannya berikut ini.

mental anak tengah

Apa Itu Middle Child Syndrome

Middle child syndrome atau sindrom anak tengah adalah istilah untuk menyebut kondisi dimana anak-anak memiliki kepribadian berbeda sesuai dengan urutan kelahirannya, terutama untuk anak tengah. Berdasarkan sindrom ini, anak tengah rentan merasa diabaikan karena urutan kelahirannya. 

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh psikolog Alfred Adler di tahun 1964. Dalam teorinya mengungkapkan bahwa meskipun anak-anak dilahirkan dalam lingkungan dan orang tua yang sama namun setiap anak dapat memiliki perkembangan psikologis berbeda akibat pengaruh urutan kelahirannya. 

Menurutnya, karakteristik anak berdasarkan urutan kelahirannya adalah sebagai berikut: 

  • Anak tertua lebih otoriter dan superior karena ekspektasi tinggi yang sering diberikan oleh orang tuanya.
  • Anak bungsu sangat dimanja dan tidak pernah bisa melampaui saudara-saudaranya yang lain.
  • Anak tengah adalah orang yang mudah marah tetapi sulit menyesuaikan diri karena terjepit di antara kakak dan adiknya

Berdasarkan teori tersebut, kondisi kesehatan mental anak tengah kemudian menjadi perhatian khusus. Anak tengah memiliki ciri atau karakteristik mental yang khas jika dibandingkan dengan kakak atau adiknya. 

Namun, teori middle child syndrome ini bukanlah suatu kondisi medis yang diakui. Banyak para ahli tidak sependapat dengan teori Alfred Adler dan klaim ini tidak didukung dengan penelitian klinis. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Karakteristik Mental Anak Tengah

Dilansir dari WebMD, berikut ini beberapa ciri mental anak tengah yang umum dijumpai: 

Pemberontak. Dibandingkan anak sulung dan bungsu, anak tengah cenderung lebih berani menentang orang tua. Salah satu ciri mental anak tengah disebutkan bahwa anak tengah berani memberontak untuk menuntut keadilan karena sering merasa dibandingkan atau mendapat tekanan akibat dibandingkan dengan kakak dan adiknya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ramah. Anak tengah cenderung menjadi mediator ulung dan berorientasi pada keadilan dalam setiap situasi. Mereka juga teman yang dapat dipercaya dan bekerja dengan baik sebagai anggota tim.

Tidak berorientasi pada keluarga seperti saudara mereka. Anak tengah mungkin tidak memiliki ikatan atau rasa memiliki yang kuat pada keluarga jika dibandingkan dengan saudara mereka.  

Selalu merasa dibayangi kedua saudaranya. Salah satu ciri kondisi mental anak tengah adalah sering merasa diabaikan. Anak tengah sering merasa diabaikan dan merasa harus berebut perhatian jika dibandingkan dengan kedua orang tuanya. Terkadang hal ini membuat anak tengah merasa ia tidak mendapat kasih sayang dan perhatian yang sama dari orang tua. 

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Tengah

Meskipun sindrom anak tengah tidak selalu terjadi di setiap anak tengah, namun jika hal ini terjadi pada keluarga Anda, hal ini dapat menyebabkan anak tengah mengalami masalah mental. Bila kondisi ini terus berlangsung hingga dewasa, dikhawatirkan anak tengah akan tumbuh menjadi anak yang rendah diri, butuh perhatian dan kasih sayang dan krisis identitas karena kurang mendapat pengakuan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk itu, sebagai orang tua, jika Anda memiliki anak tengah sebaiknya upayakan untuk memberikan perhatian yang sama dengan anak lainnya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Meluangkan waktu bersama hanya dengan anak tengah saja. Lakukan hal yang menyenangkan seperti pergi ke bioskop bersama, atau melakukan hal-hal yang disukai anak tengah.
  • Melibatkan anak tengah dalam semua acara keluarga.
  • Meminta dan mendengarkan pendapat anak tengah.
  • Melatih anak tengah untuk berani berpendapat dan mengungkapkan apa yang ia rasakan.
  • Minta anak tengah untuk bercerita tentang hari yang ia alami dan hargai cerita serta pendapatnya.
  • Latih anak tengah untuk mengambil keputusan sendiri
  • Berikan pujian dan penghargaan atas pencapaian yang diraihnya
  • Yakinkan anak tengah bahwa ia mendapat kasih sayang yang sama dengan anak lainnya.

Meskipun sindrom anak tengah bukan suatu kondisi yang diakui secara medis dan tidak pasti terjadi di semua anak tengah, namun perbedaan perhatian yang dirasakan anak tengah dapat mengganggu kondisi perkembangan mental anak ketika dewasa nanti. Untuk itu, selalu upayakan memberikan perhatian dan kasih sayang yang seimbang pada setiap anak di rumah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar mental anak tengah. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman