fbpx
BerandaHidup SehatMenjelang Libur Idul Fitri, Cek 5 Penyakit Saat Liburan

Liburan merupakan salah satu momen Anda dapat bersantai tanpa memikirkan pekerjaan dan tanggung jawab lainnya. Anda dapat beristirahat atau bersantai-santai tanpa perlu memikirkan deadline pekerjaan maupun tugas lainnya. Namun, pola makan dan keseharian juga seringkali terlupakan sekaligus selama liburan. Padahal kesehatan tidak mengenal waktu libur dan harus selalu dijaga saat liburan. Menjelang libur panjang, yuk ketahui daftar penyakit yang paling sering dialami selama liburan.

penyakit saat liburan

1. Flu, Pilek, dan Batuk 

Saat pergi liburan, Anda akan bertemu dan terpapar banyak orang di banyak tempat. Tentunya, tingkat pergerakan tinggi juga akan meningkatkan resiko terpapar virus dan penyakit penyebab bakteri saat liburan.

Virus influenza merupakan salah satu penyebab penyakit yang paling mudah menular jika Anda sedang pergi berlibur. Droplet dari penderita flu di tengah kerumunan dapat menular secara cepat Anda beserta keluarga dan kerabat Anda.

Cara mencegah terpapar dari virus flu adalah untuk selalu menggunakan masker dan bersin di dalam siku tangan. Jaga juga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Jangan lupa tingkatkan stamina tubuh selama liburan dengan konsumsi vitamin C.

2. Dehidrasi

Padatnya rencana liburan dapat membuat Anda lupa untuk minum. Padahal, aktivitas padat justru harus dibarengi dengan semakin banyak asupan air putih.

Salah satu alasan kurang minum juga bisa diakibatkan asupan minuman manis. Minuman manis dapat membuat Anda merasa kenyang secara instan, walaupun asupan air sebenarnya belum terpenuhi. Kondisi ini mengakibatkan Anda merasa tidak perlu minum lagi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selalu penuhi kebutuhan air putih Anda setidaknya delapan gelas sehari. Jika Anda sedang berlibur ke wilayah dengan iklim panas, mungkin Anda akan memerlukan lebih banyak asupan air putih karena keringat yang terus keluar.

3. Mual

Sebagian orang cenderung mengalami mabuk darat atau mual selama perjalanan di masa liburan sebagai penyakit saat liburan. Terlebih lagi jika perjalanan melewati jalur yang berliku dan berkelok.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tidak hanya orang yang mudah mabuk darat, orang yang tubuhnya juga sedang tidak fit dapat merasakan mabuk darat. Kondisi ini bisa dikarenakan perut kosong, salah makan, dan sebagainya. Liburan yang dinanti justru dapat menjadi pengalaman buruk.

Mual selama perjalanan dapat diatasi dengan konsumsi obat-obatan anti mabuk yang dapat dikonsumsi sebelum berjalan. Anda juga harus mempersiapkan kondisi badan sebelum menaiki kendaraan. Jangan lupa untuk sarapan dan minum air yang cukup sebelum berangkat.

4. Sembelit atau diare

Berada di tempat baru dan gaya hidup yang berbeda dapat membuat pencernaan Anda tidak bekerja secara sewajarnya.

Sebagian orang akan merasa sulit untuk buang air besar di tempat umum ataupun tempat yang bukan rumahnya. Kondisi ini akan mengakibatkan sembelit yang dapat membuat perut begah dan tidak nyaman. Atasi kondisi ini dengan perbanyak minum air dan makan buah. Konsumsi obat pencahar jika sembelit sudah berlangsung terlalu lama.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dalam kondisi berbeda, makanan yang tidak biasa Anda konsumsi atau tidak diolah dengan baik dapat menyebabkan diare. Maka dari itu, waspadai agar tidak makan secara sembarangan. Selalu cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyantap menu di depan Anda.

5. Alergi

Liburan ke tempat-tempat baru juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Mungkin ada kalanya Anda tidak memperhatikan hidangan yang akan disantap dengan benar atau karena ingin coba-coba. Dengan begitu, alergi Anda muncul kembali, contohnya seperti alergi seafood atau mungkin laktosa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun, alergi juga dapat diakibatkan dari kondisi iklim. Jika Anda alergi tempat dingin, persiapkan dengan baik pakaian yang dapat mengurangi rasa dingin. Bawa juga persediaan obat-obatan agar reaksi alergi tidak parah.

Selain itu, intensitas penggunaan baju yang dipakai seharian juga dapat menyebabkan alergi dan bahkan penyakit kulit. Selalu jaga kebersihan seluruh tubuh Anda selama liburan.

Perlengkapan kesehatan yang wajib dibawa saat liburan

Pencegahan dan persiapan penyakit saat liburan harus dilakukan sebelum Anda berangkat. Berikut daftar perlengkapan kesehatan yang dapat membantu Anda mengurangi resiko penyakit di daftar sebelumnya.

1. P3K

Tidak ada yang menginginkan hal buruk terjadi saat liburan. Namun, kotak berisi perlengkapan kesehatan ini sangat berguna jika Anda mengalami cedera atau luka selama berlibur. Sesuai namanya, kotak P3K berfungsi sebagai pertolongan pertama.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Suplemen daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh dapat dijaga dengan pola makan dan hidup yang sehat, serta asupan suplemen multivitamin dan multimineral jika dibutuhkan. Suplemen vitamin C dengan kandungan Zinc baik untuk meningkatkan imun tubuh agar dapat beraktivitas seharian. Vitalong C 30 Kapsul – Suplemen Daya Tahan Tubuh (Rp41.071).

3. Alat sanitasi personal

Sabun, sikat gigi, dan alat mandi sebaiknya digunakan hanya untuk satu orang. Sebagian tempat penginapan pada umumnya akan menyiapkan alat sanitasi tersebut, namun tidak ada salahnya Anda membawa perlengkapan sendiri untuk situasi darurat dan sebagainya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Obat-obatan personal

Jika Anda merupakan pasien kronis seperti hipertensi, diabetes, dan sebagainya, selalu tebus resep obat Anda dari jauh-jauh hari. Konsultasikan juga ke dokter jika ada obat-obatan tambahan yang harus dimiliki dalam situasi tertentu. BIOGESIC 500 MG – Obat Parasetamol, Pereda Nyeri (Rp5.100).

Demikian daftar penyakit saat liburan serta perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan. Baca juga artikel lain seputar kesehatan liburan di Apotek Lifepack.

Tebus obat resep dengan hemat hanya di Apotek Lifepack. Asli, mudah, dan hemat.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman