fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Penyakit Kaki Gajah, Gejala, dan Pencegahannya

Pernahkah Anda mendengar mengenai penyakit kaki gajah? Mungkin beberapa dari Anda sangat familiar dengan penyakit tersebut, mengingat pemerintah memiliki program pencegahan penyakit ini. Program tersebut adalah BELKAGA (Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah). Pencegahan ini dilakukan dengan POPM (Pemberian Obat Pencegahan Massal) untuk menekan angka kasus penyakit ini. Menurut Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia sendiri pada tahun 2018 memiliki jumlah kasus filariasis kronis yang mencapai 10.681 kasus.

penyakit-kaki-gajah

Namun apa sih sebenarnya penyakit ini? Berbahayakah? Pelajari selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Penyakit Kaki Gajah

Penyakit gajah merupakan suatu penyakit menahun yang menular melalui gigitan nyamuk. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut juga dengan filariasis. Filariasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing mikroskopis.Terdapat tiga spesies cacing filaria yang dapat menyebabkan filariasis limfatik pada manusia. Namun, umumnya infeksi disebabkan oleh Wuchereria bancrofti. Di Asia, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh Brugia malayi dan Brugia timori.

Penularan Penyakit Kaki Gajah

Infeksi filariasis menyebar melalui gigitan nyamuk. Cacing dewasa biasanya hidup pada kelenjar getah bening manusia. Pada orang yang terinfeksi, cacing akan berkembang biak dan menghasilkan jutaan cacing mikroskopis atau juga dikenal sebagai mikrofilaria. Mikrofilaria terdapat dalam darah orang yang terinfeksi. 

Jika nyamuk ketika menggigit orang yang terinfeksi, nyamuk akan mengandung mikrofilaria dalam tubuhnya. Mikrofilaria tumbuh dan berkembang di nyamuk. Ketika nyamuk menggigit orang lain, cacing larva berpindah dari nyamuk ke kulit manusia, dan melakukan perjalanan ke pembuluh getah bening. Larva tersebut akan tumbuh menjadi cacing dewasa yang biasanya prosesnya memakan waktu 6 bulan atau lebih. Cacing dewasa dapat hidup sekitar 5-7 tahun.

Tanda dan Gejala Penyakit Kaki Gajah

Pada beberapa kasus, filariasis tidak menimbulkan gejala. Namun pada beberapa kasus lainnya, orang yang terinfeksi dapat mengalami peradangan akut pada pembuluh limfatik (lymphangitis) yang disertai dengan suhu tinggi, menggigil, nyeri pada tubuh, dan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Selain itu juga terjadi pembengkakan di area yang terserang filariasis atau penyakit kaki gajah seperti pada lengan atau kaki.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Serangan juga disertai dengan pembengkakan pada bagian genitalia pria seperti testis (orchitis), jalur sperma (folliculitis), atau saluran sperma (epididimitis), pada payudara wanita, kaki dan lengan.

Pada beberapa kasus filariasis, orang yang terinfeksi dapat memiliki tingkat sel darah putih tertentu (eosinofil) yang tinggi secara abnormal selama periode gejala akut. Ketika peradangan sembuh, tingkat sel darah putih dapat kembali normal. Penyakit ini dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening kronis (limfadenopati) bahkan tanpa adanya gejala lain.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan membasmi tempat berkembang biak nyamuk dan mencegah gigitan nyamuk. Selain itu Anda juga perlu melakukan pencegahan dengan konsumsi obat yang dapat membunuh mikrofilaria dalam tubuh. Obat ini diberikan dalam program Kemenkes, yaitu POPM (Pemberian Obat Pencegahan Massal). Obat ini diminum satu tahun sekali secara rutin minimal selama dua tahun.

Salah satu cara mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan Caladine Mosquito Repellent. Caladine Mosquito Repellent adalah obat anti nyamuk. Berfungsi sebagai anti alergi, antiseptik, penyejuk kulit. Produk ini efektif memberikan perlindungan selama 10 jam terhadap nyamuk :
* Aedes aegypti penyebab demam berdarah.
* Anopheles sp penyebab malaria.
* Elephantiasis penyebab kaki gajah.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu penyakit kaki gajah atau filariasis. Jika Anda merasakan gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Lakukan langkah pencegahan untuk menurunkan risiko infeksi, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan Anda? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan konsultasi dokter gratis sekarang juga!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

penyakit-akibat-kelebihan-gula

Banyak Makan Camilan Manis saat Natal, Waspadai 4 Penyakit Ini

Hidup Sehat   08/12/2021

5 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Saat Liburan

Hidup Sehat   08/12/2021
tips menurunkan darah tinggi saat liburan

10 Tips Menurunkan Darah Tinggi saat Liburan

Hidup Sehat   06/12/2021

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat

Hidup Sehat   06/12/2021
hampers-natal

Hindari Jatuh Sakit saat Natal dengan 5 Langkah Mudah Ini

Hidup Sehat   03/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman