fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Jamur Hitam Mematikan pada Pasien COVID-19 India

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Varian Delta merupakan salah satu hasil mutasi virus Corona yang terbilang sangat berbahaya. Tak hanya diketahui bisa dengan sangat cepat menular dan gejalanya parah, penderita COVID-19 varian Delta ini juga diketahui sangat berisiko terinfeksi jamur hitam mematikan. Apa sebenarnya infeksi jamur hitam yang telah banyak menelan korban di India ini? Berikut ulasannya. 

jamur hitam

Infeksi Jamur Hitam (Mukormikosis)

Mukormikosis yang juga dikenal sebagai jamur hitam, merupakan infeksi yang berbahaya, yang sifatnya langka terjadi, namun tidak menular. Infeksi jamur hitam disebabkan oleh sekelompok jamur yang disebut mikormisetes, yang kerap menginfeksi sinus, paru-paru, kulit, dan otak. Jamur ini bisa terhirup saat seseorang kontak dengan hal seperti tanah, hingga roti yang telah membusuk. 

Infeksi jamur hitam bisa menyerang siapa saja dan tak memiliki batas usia. Seseorang lebih berisiko terkena infeksi jamur hitam ini saat sistem imun tubuhnya sedang lemah, diakibatkan karena menjalani pengobatan atau pun kondisi tubuhnya yang lemah karena kondisi kesehatan tertentu. Kondisi kesehatan yang dimaksud seperti diabetes, kanker, HIV, AIDS, hingga transplantasi organ. 

Gejala yang Ditimbulkan oleh Infeksi Jamur Hitam 

Gejala yang ditimbulkan oleh mukormikosis atau infeksi jamur hitam bisa berbeda-beda, tergantung dengan di mana tempat bertumbuhnya jamur. Misalnya saja, jika kulit mengalami infeksinya, maka area kulit tersebut akan memerah atau bengkak. Simak berikut ini beberapa gejala infeksi jamur hitam tersebut.

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Nyeri dana
  4. Napas pendek
  5. Bengkak di salah satu sisi wajah
  6. Lesi hitam di dalam mulut 
  7. Sakit perut
  8. Mual
  9. Muntah
  10. Perdarahan saluran pencernaan
  11. Feses yang bercampur darah
  12. Diare 

Infeksi Jamur Hitam Mematikan dan Corona di India

Mukormikosis atau infeksi jamur hitam mematikan ini memang bukanlah hal yang baru, namun akhir-akhir ini, pembicaraan akan infeksi jamur hitam ini begitu intens. Meningkatnya kasus infeksi jamur hitam yang terjadi pada saat sekarang ini di India, disebut-sebut dipicu oleh varian baru virus Corona di India, yakni virus Corona varian Delta.  

Peningkatan kasus mukormikosis secara besar-besaran mulai terjadi pada awal bulan Mei lalu. Sebagian besar pasien yang terinfeksi jamur hitam ini, merupakan pasien COVID-19 India atau orang yang baru saja sembuh dari COVID-19, yang mana sistem imun tubuhnya melemah akibat serangan virus Corona

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mengapa infeksi jamur hitam ini dikaitkan dengan COVID-19? Jawabannya adalah karena melemahnya sistem imun tubuh akibat infeksi virus Corona, yang membuatnya rentan terkena infeksi penyakit lainnya, termasuk infeksi jamur hitam. Apalagi ditambah dengan kondisi kesehatan sebelumnya yang juga tak prima, seperti mengidap diabetes dan kanker. 

Tak hanya itu saja, obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan COVID-19 juga diyakini bertanggung jawab atas meningkatnya kasus infeksi jamur hitam ini. Banyak dokter beranggapan bahwa steroid yang diresepkan secara berlebihan untuk menangani COVID-19, membuat daya tahan tubuh menjadi lemah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Steroid diketahui memang bisa menurunkan tingkat peradangan pada paru-paru, yang disebabkan oleh oleh COVID-19. Obat ini juga diketahui membantu menghentikan beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada tubuh, di saat sistem imun tubuh bekerja mati-matian melawan virus Corona. 

Permasalahannya adalah, steroid ini juga bisa menurunkan tingkat imunitas tubuh dan meningkatkan kadar gula dalam darah, baik pada pasien COVID-19 yang menderita diabetes atau pun tidak. Menurunnya imunitas tubuh inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai salah satu pemicu naiknya kasus mukormikosis atau infeksi jamur hitam ini. 

Penanganan Atas Infeksi Jamur Hitam Mematikan

Mukormikosis merupakan infeksi serius dan harus segera diobati dengan obat antijamur. Obat anti jamur yang biasanya diberikan seperti amfoterisin B, posakonazole, atau isavuconazole. Pemberian obat-obatan ini sendiri bisa melalui aliran vena atau dikonsumsi secara oral atau melalui mulut. Tak jarang, pembedahan diperlukan untuk membuang jaringan yang telah terinfeksi. 

Komplikasi Akibat Infeksi Jamur Hitam 

Infeksi jamur hitam berisiko memicu komplikasi seperti kebutaan, penggumpalan darah, serta kerusakan pada saraf. Tanpa adanya pengobatan atau penanganan, infeksi jamur hitam bisa memicu kematian. Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 54 persen orang yang mengalami infeksi jamur hitam ini meninggal dunia. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Langkah Pencegahan Infeksi Jamur Hitam 

Seiring dengan meningkatnya kasus infeksi jamur hitam, pencegahan sebisa mungkin harus dilakukan agar tak terinfeksi. Selain dengan menerapkan protokol kesehatan agar tak terinfeksi virus Corona yang juga bisa memicu infeksi jamur hitam ini, jangan lupa untuk menerapkan langkah pencegahan berikut ini. 

  1. Selalu pakai masker saat berada di area yang banyak debu, misalnya seperti lokasi konstruksi dan penggalian.
  2. Selalu gunakan sepatu, kemeja lengan panjang, celana panjang, dan sarung tangan saat berkebun atau melakukan kontak langsung dengan tanah. 
  3. Jaga kebersihan badan secara menyeluruh. 
  4. Mengonsumsi obat antijamur sesuai dengan anjuran dokter untuk mengurangi kemungkinan infeksi jamur. 

Infeksi jamur hitam mematikan yang terbilang langka, sekarang ini meningkat kasusnya di India, seiring dengan makin meluasnya penularan virus Corona India atau virus Corona varian Delta. Sebagai langkah pencegahan atas virus Corona varian Delta maupun infeksi jamur hitam ini, selalu ingat untuk mematuhi protokol kesehatan dan jaga kebersihan badan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

“Bila ada kecurigaan terkena covid sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter dan minum obat sesuai petunjuk. agar sesuai dan terpantau. selalu terapkan prokes untuk mencegah terkena infeksi” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Segera hubungi dokter dan dapatkan obat anti jamur apabila Anda merasakan gejala seperti yang telah disebutkan di atas. Lifepack menyediakan juga berbagai macam obat anti jamur yang dapat dibeli seusai dengan anjuran dokter seperti NIZORAL CREAM 15 G – Krim Antijamur – LIFEPACK (Rp129.100).

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman