fbpx

Mengenal Hipoglikemia: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Sep 18, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula darah menurun di bawah batas normal. Umumnya yang sering menderita gula darah rendah adalah mereka yang menderita penyakit diabetes karena obat yang dikonsumsi.  Gula darah atau glukosa adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.  Bagian tubuh yang dapat memproduksi gula darah adalah hati.Disamping itu juga bisa diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat. Misalnya nasi, kentang dan roti.

Kondisi tubuh yang kekurangan gula darah akan menyebabkan lemah dan lesu. Karena tubuh kekurangan energi untuk melakukan aktivitas.  Seseorang yang mengalami kadar gula rendah atau hipoglikemia bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kejang, hilang kesadaran hingga kerusakan otak. Yang perlu diperhatikan bahwa yang terkena kadar gula rendah bukan hanya orang dengan penyakit diabetes saja, orang yang sehat pun bisa berpeluang kena.

Penyebab Hipoglikemia

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab hipoglikemia atau kadar gula rendah. Diantara penyebabnya antara lain;

Penggunaan Insulin yang Tidak Teratur

Insulin adalah salah satu obat yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Namun, apabila dalam penggunaannya melebihi batas atau tidak teratur, maka akan menyebabkan terjadinya hipoglikemia. Jadi penggunaan insulin ini memang harus mendapatkan pengawasan yang ketat.

Pola Makan yang Tidak Baik

Berbicara tentang pola makan, hal ini pun dapat menjadi sebab terjadinya kadar gula turun. Misalnya saja makan dengan porsi yang sedikit atau pola makan tidak teratur sering menunda, maka potensi untuk mengalami akan semakin besar.

Aktivitas yang Berlebihan

Beraktivitas sangat baik untuk kondisi tubuh, tapi jika dilakukan dengan berlebihan bisa berakibat tidak baik. Terlebih jika tidak diimbangi dengan asupan makan yang cukup. Kadar gula akan turun dengan mudah hingga menyebabkan aktivitas menjadi terhambat.

Gejala Hipoglikemia

Adapun gejala yang sering nampak pada penderita kadar gula rendah bermacam-macam. Bervariasi pada tiap penderita. Umumnya gejala hipoglikemia yang dirasakan adalah kesemutan, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, mudah lapar, mudah marah, pusing, keringat dingin, gemetar, dan jantung berdebar.

Orang yang menderita hipoglikemia jika tidak tertangani secara cepat kondisinya bisa jadi semakin memburuk bahkan bisa menyebabkan kejang, penglihatan tidak normal,hilang kesadaran dan menunjukkan perilaku tidak normal. Oleh karena itu harus cepat tertangani. Apalagi bagi mereka yang tidak sadar bahwa kadar gulanya tengah menurun.

Diagnosis Hipoglikemia

Seseorang dapat dikatakan atau didiagnosis menderita hipoglikemia apabila kadar gulanya berada di bawah 70 mg/dl.  Karena gejalanya yang datang secara tiba-tiba dianjurkan untuk memiliki alat ukur darah sendiri. Terutama bagi penderita diabetes. Penting juga bagi setiap orang untuk mengenali berbagai macam gejalanya.

Seorang dokter yang menangani biasanya akan bertanya mengenai apa saja yang dirasakan atau gejala yang mungkin timbul.  Setelah itu akan mengambil sampel darah untuk mengecek kadar gula darah. Jika berada di bawah normal dokter akan memberikan penanganan secara tepat dan cepat. Tidak hanya sekedar memberi obat semata, tapi juga penanganan lebih lanjut jika gejala yang timbul cukup parah.

Cara Mengobati Hipoglikemia

Cara mengobati hipoglikemia berbeda pada tiap orang. Misalnya saja pada penderita diabetes yang disarankan untuk membawa permen kemana pun. Jadi apabila merasakan gejala kadar gula rendah bisa langsung mengkonsumsi. Lalu periksa kadar gula setiap 15 menit, apabila belum normal, maka harus konsumsi makanan manis lagi. Apabila gejala yang dirasakan sudah membaik  bisa datang ke dokter terdekat atau rumah sakit untuk mendapat infus cairan gula.

Catatan penting, apabila menemukan orang yang diduga mengalami gula darah rendah dan tidak sadarkan diri, sebaiknya tidak memberikan makanan apa pun karena justru bisa membahayakan orang tersebut.

Trik Jitu Menghindari Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah jenis yang harus diwaspadai karena jika tidak memahami secara pasti tentang gejala yang timbul, cara penanganan dan pengobatannya akan membahayakan banyak orang. Tidak hanya untuk penderita saja,tapi juga orang lain. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang cukup dan beberapa trik. Misalnya saja, batasi konsumsi minuman beralkohol, pantau kadar gula secara berkala, selalu waspada bila gejala mulai nampak, selalu membawa camilan, makan secara teratur, olahraga teratur dan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Setelah konsisten mengikuti trik yang dianjurkan, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada dokter sehingga akan mendapat pengawasan dan pengobatan secara tepat. Terutama bagi penderita diabetes yang harus rutin mendapat suntikan insulin setiap harinya.  Dokter akan memberikan dosis obat yang tepat dan sesuai untuk selalu dikonsumsi agar kadar gula selalu terjaga.

Demikian informasi tentang hipoglikemia yang penting untuk diketahui. Meskipun bukan penderita diabetes, semua orang juga wajib tahu tentang kadar gula rendah dan cara mengatasinya. Karena siapapun bisa berpotensi terkena apabila tidak menjaga kesehatan dengan baik.  Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan dapat memberi pengetahuan yang lebih untuk kesehatan diri sendiri.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter online dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang! Bersama Lifepack, dapatkan juga kemudahan tebus obat dari rumah.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis