fbpx
BerandaHidup SehatKenali Apa Saja Ciri Kurang Gizi Pada Tubuh

Gizi adalah komponen penting yang menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu nutrisi juga mampu menjaga kekebalan tubuh agar kita dapat terhindar dari berbagai macam infeksi. Jika seseorang mengalami kekurangan gizi, tubuh dapat menjadi lebih mudah untuk terjangkit infeksi. Nutrisi membantu tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana jika tubuh kekurangan gizi? Apa saja ciri-ciri yang menandakan bahwa tubuh mengalami kurangan gizi? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat untuk Anda berikut ini.

ciri-kurang-gizi

Manfaat Nutrisi Bagi Tubuh

Gizi adalah hal yang berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, nutrisi yang dibutuhkan tubuh menjadi cukup dan terpenuhi. Bahkan menurut U.S Department of Health and Human Services, kebiasaan pola makan yang buruk berkontribusi pada kejadian obesitas (berat badan berlebih) di Amerika Serikat. 

Selain itu, pola makan yang buruk bahkan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis termasuk penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes tipe 2, osteoporosis, dan jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, dengan memiliki mengonsumsi makanan yang sehat, Anda telah melakukan satu langkah benar dalam mencegah berbagai penyakit.

Ciri-Ciri Kurang Gizi Pada Tubuh

Kekurangan gizi atau malnutrisi tentu bukan hal yang dapat dianggap sepele. Jika berlangsung secara terus menerus, hal ini dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. Terutama  jika malnutrisi terjadi pada anak-anak, tidak hanya membuat anak lebih rentan terhadap berbagai infeksi, namun juga dapat menghambat tumbuh dan kembang si kecil.

Meski begitu, Anda dapat membuat perubahan pola hidup jika mengalami kurang gizi. Berikut ini ciri-ciri kurang gizi yang dapat terjadi pada Anda atau orang-orang di sekitar Anda.

1. Penurunan Berat Badan

Ciri kurang gizi pertama yang menandakan Anda atau orang-orang di sekitar Anda mengalami malnutrisi adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan umumnya disebabkan oleh turunnya jumlah asupan makanan atau nutrisi. Meski begitu belum tentu semua penurunan berat badan dapat dikaitkan dengan kejadian kekurangan gizi. Beberapa penyakit juga bisa ditandai dengan penurunan berat badan, namun umumnya terjadi secara signifikan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Kesulitan Konsentrasi

Siapa sangka, ternyata kesulitan konsentrasi bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami kekurangan gizi. Ketika Anda kesulitan berkonsentrasi, bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan kesehatan akibat malnutrisi. Beberapa masalah kesehatan yang dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi adalah anemia dan kekurangan vitamin A (KVA).

3. Kulit Pucat

Kulit pucat ternyata terjadi bukan hanya ketika Anda sakit, namun juga saat Anda mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Biasanya bagian tubuh yang paling terlihat ketika Anda mengalami malnutrisi  adalah warna bibir yang menjadi pucat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Rambut yang Kering dan Rontok

Ketika Anda mengalami malnutrisi, tidak hanya kulit yang menjadi pucat atau tubuh yang mengalami penurunan berat badan. Tetapi rambut juga bisa menjadi kering dan rontok. Rambut yang kering dan rontok menandakan bahwa Anda mengalami kekurangan nutrisi. Biasanya rambut dapat berubah warna menjadi kecoklatan kering dan rontok.

5. Mudah Lelah

Tubuh yang kekurangan nutrisi, membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Hal ini karena tubuh jadi tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Itulah ciri kurang gizi atau malnutrisi yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan bahwa kondisi malnutrisi bukanlah hal yang sepele karena dapat menimbulkan masalah kesehatan serius di kemudian hari dan bila terjadi pada anak dapat menghambat tumbuh kembang anak. Berikan Vegeblend 21 JR (Rp117.128) sebagai multivitamin dengan 21 ekstrak sayuran untuk penuhi nutrisi yang dibutuhi anak.

Ingin berkonsultasi tentang kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter gratis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

HealthDirect. Malnutrition. Diakses pada 2020.

U.S Department of Health and Human Services. Importance of Good Nutrition. Diakses pada 2020.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman