fbpx
BerandaObatMengenal Efek Samping Antalgin, Obat Anti Nyeri yang Ampuh

Salah satu obat yang cukup populer di masyarakat Indonesia adalah Antalgin. Apa itu Antalgin? Apakah anda tahu Antalgin obat apa? Antalgin adalah obat yang banyak digunakan untuk meredakan nyeri dan menurunkan panas. Tablet antalgin dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala dan bahkan untuk meredakan nyeri akibat menstruasi. Obat ini cukup bisa diandalkan untuk meredakan beberapa gejala sakit sehingga banyak yang percaya pada keefektifan produk ini.

antalgin obat apa

Antalgin memiliki dua bentuk yaitu berupa tablet dan injeksi, tapi banyak orang yang lebih mengenal Antalgin dengan bentuk tablet. Kandungan dari Antalgin atau komposisi obat Antalgin adalah senyawa aktif metamizole. Anda tidak bisa membeli produk ini sembarangan karena harus ada resep dokter untuk bisa membeli Metamizole Sodium KF – 500 mg100 tablet – mengurangi rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi (Rp42.000).

Dosis dan Aturan Konsumsi Antalgin

Antalgin memang cukup sering diresepkan oleh seorang dokter karena efektif untuk meredakan gejala nyeri serta menurunkan panas. Obat ini baik dikonsumsi setelah makan sehingga lambung anda bisa lebih nyaman. Untuk dosis dan aturan pakai, Antalgin dibagi berdasarkan usia pasien dan bentuk dari Antalgin itu sendiri. Berikut pembagian dosis Antalgin ;

1. Antalgin Injeksi

Untuk anak-anak usia lebih dari 3 bulan, dosis ditentukan berdasarkan berat badan pasien tersebut. Untuk dosis dewasa adalah 1 g sebanyak 4 kali per hari atau 2,5 g sebanyak 2 kali per hari. Dosis dapat disesuaikan berdasarkan tingkat parahnya penyakit dan respons pasien terhadap Antalgin yang diberikan. Dosis maksimal yang bisa diberikan adalah 5 g per hari.

2. Antalgin Tablet

Setelah anda mengetahui Antalgin obat apa tentu anda perlu tahu dosisnya. Berikut adalah dosis Antalgin tablet untuk dewasa adalah 0.5-1 g dikonsumsi 3-4 kali per hari. Dosis maksimal yang bisa diberikan adalah 4 g per hari dengan jangka waktu maksimal 3 sampai 5 hari. Sedangkan dosis untuk anak-anak lebih dari 3 bulan, dosis ditentukan berdasarkan berat badan. Dosis yang disarankan yaitu 8 sampai 16 mg/kgBB dikonsumsi 3 sampai 4 kali sehari.

Efek Samping Obat Antalgin

Antalgin merupakan salah satu obat anti nyeri yang tidak ada efek samping untuk kebanyakan orang, tetapi sebagian orang lainnya mungkin dapat mengalami efek samping. Efek samping bisa terasa bisa juga tidak. Efek samping ringan hingga berat bisa terjadi tergantung dengan kondisi pasien itu sendiri. Bagi pasien yang alergi terhadap senyawa aktif metamizole maka sebaiknya obat ini harus dihindari karena berpotensi menyebabkan syok anafilaksis. Berikut adalah beberapa efek samping Antalgim:

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Pusing

Mengetahui Antalgin obat apa saja tidak cukup, anda juga harus mengantisipasi efek samping yang bisa ditimbulkan. Salah satu efek samping yang bisa timbul adalah pusing. Jadi jangan heran ketika anda merasa pusing setelah mengkonsumsi obat ini. Mual hingga muntah juga bisa terjadi ketika anda tidak cocok mengkonsumsi obat jenis ini.

antalgin obat apa
Apakah anda tahu Antalgin obat apa? Antalgin adalah obat yang banyak digunakan untuk meredakan nyeri dan menurunkan panas.

2. Tekanan Darah Menjadi Rendah

Antalgin juga bisa memicu tekanan darah rendah. Bagi orang yang sudah memiliki kondisi tekanan darah yang cukup rendah maka lebih baik mengkonsultasikan ini dengan dokter (Baca juga Hipotensi atau Tekanan Darah Rendah, Berbahayakah?).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Menurunnya Jumlah Sel Darah Putih 

Sel darah putih sangat penting untuk tubuh anda salah satunya adalah untuk membentuk imunitas tubuh. Ketika anda mengkonsumsi obat Antalgin ada kemungkinan jumlah sel darah putih anda akan menurun karena ini adalah salah satu efek samping yang dihasilkan. Penting untuk mengetahui semua efek samping dari obat ini karena tahu Antalgin obat apa saja tidak cukup.

Peringatan

Sebelum Anda mengonsumsi obat antalgin, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda benar-benar memahami cara penggunaan obat yang satu ini. Jika belum, tanyakan kembali pada dokter atau apoteker untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi obat. Jangan gunakan obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain. Namun jika diperlukan, konsultasikan penggunaan antalgin bersamaan dengan obat atau suplemen lain untuk mencegah terjadinya interaksi obat di dalam tubuh.

Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap obat. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan antalgin jika memiliki gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Segera ke pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) jika Anda mengalami gejala efek samping yang memburuk atau tidak biasa. Hal ini untuk membuat Anda segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Simpan obat di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Itulah informasi mengenai efek samping antalgin yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai pemakaian obat Antalgin? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat Antalgin, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat-GERD-alami

5 Obat GERD Alami Yang Mudah Didapat

Obat Quinine: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

direktoriObat   25/10/2021
perbedaan vaksin astrazeneca dan sinovac

Perbedaan Vaksin AstraZeneca dan Sinovac

Obat   25/08/2021
terapi konvalesen

Terapi Plasma Konvalesen Untuk COVID-19

Obat   25/08/2021
obat-semprot-hidung

Petunjuk Cara Pemakaian Obat Semprot Hidung

Obat   20/08/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman