Kenali Apa Itu Crohn’s Disease dan Bahayanya

Jul 20, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Mungkin beberapa dari Anda tidak familiar dengan istilah crohn’s disease. Ya, memang penyakit ini jarang terjadi di tengah masyarakat, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat terjadi. Crohn’s disease merupakan salah satu penyakit yang hingga kini belum ditemukan obatnya. 

Namun apa itu sebenarnya crohn’s disease? Apakah penyakit ini berbahaya? Simak selengkapnya pada ulasan yang Tim Lifepack buat untuk Anda berikut ini.

Crohn’s Disease

Crohn’s disease adalah penyakit radang usus yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan yang menyakitkan dalam saluran pencernaan. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut dan diare.

Peradangan biasanya muncul akibat sistem kekebalan tubuh melawan kuman penyebab penyakit, seperti bakteri atau virus. Namun ketika perlawanan selesai, peradangan akan sembuh ketika kuman penyebab penyakit sudah hilang. Pada penyakit ini, terdapat kesalahan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan berlanjut secara terus menerus dan merusak dinding saluran pencernaan.

Penyebab Crohn’s Disease

Hingga kini, penyebab penyakit crohn masih tidak diketahui. Kebanyakan peneliti menyimpulkan bahwa penyakit crohn disebabkan oleh reaksi autoimun. Reaksi autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh.

Faktor Risiko

Meskipun penyebabnya belum diketahui, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit crohn, antara lain:

Genetik

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit crohn jika memiliki kerabat dekat (ibu, ayah, saudara perempuan atau saudara laki-laki) dengan penyakit ini. 

Lingkungan

Penyakit crohn lebih banyak ditemukan pada orang yang tinggal di Australia, Eropa Barat dan Amerika daripada di negara berkembang di Asia dan Afrika. Banyak penelitian menyebutkan bahwa gaya hidup Barat modern mungkin memiliki peran dalam menjadi penyebab penyakit crohn pada orang yang rentan.

Infeksi

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa infeksi bakteri sebelum seseorang terkena penyakit crohn dapat memicu respons kekebalan yang tidak normal pada beberapa orang, yang menyebabkan berkembangnya penyakit ini. Namun belum ada studi lebih lanjut mengenai faktor ini.

Gejala Crohn’s Disease

Gejala penyakit crohn dapat berbeda-beda tergantung di bagian saluran cerna mana penyakit ini menyerang dan seberapa parah peradangan yang dialami. Namun, gejala yang paling umum biasanya berupa diare, kram dan rasa sakit di perut, dan penurunan berat badan

Selain tiga gejala tersebut, gejala lainnya juga dapat timbul. Gejala berupa:

  • Anemia
  • Mata menjadi merah atau sakit
  • Kelelahan
  • Demam
  • Nyeri sendi
  • darah di tinja (kotoran)
  • Sariawan
  • Rasa sakit atau bengkak di sekitar anus
  • Mual atau kehilangan nafsu makan
  • Perubahan kulit, biasanya timbul benjolan merah dan lembut di bawah kulit

Stres dan makan makanan tertentu seperti minuman berkarbonasi dan makanan berserat tinggi dapat membuat gejala pada beberapa kasus menjadi lebih buruk.

Diagnosis

Dalam mendiagnosa penyakit crohn, tidak ada tes tunggal yang dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit ini, jadi diperlukan tes kombinasi seperti:

  • Tes darah
  • Sampel feses yang dapat menemukan kemungkinan penyebab diare dan radang lainnya, seperti infeksi.
  • Kolonoskopi atau sigmoidoskopi yang mana kamera kecil dimasukkan ke dalam usus untuk mencari bisul, peradangan dan pendarahan.
  • Biopsi (kultur jaringan) yang dapat diambil dari dalam usus sehingga ahli patologi dapat memeriksanya di bawah mikroskop untuk mencari tanda-tanda penyakit.
  • Jenis pemeriksaan lain seperti x-ray kadang-kadang digunakan untuk membantu dalam diagnosis dan untuk membantu menyingkirkan penyakit lain.

Itulah informasi mengenai penyakit crohn yang perlu Anda ketahui. Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit crohn.Ingin berkonsultasi lebih lanjut? Dapatkan konsultasi dokter gratis dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis