fbpx
BerandaTelemedikMengenal Anemia Gravis, Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Kematian

Sebagian dari Anda mungkin sudah sangat familiar dengan penyakit anemia. Namun pernahkah Anda mendengar istilah Anemia Gravis? Ya, anemia yang ini mungkin jarang Anda dengar. Padahal anemia jenis ini merupakan anemia yang parah dan harus segera ditangani loh! Lalu apa sih sebenarnya anemia gravis ini? Seberapa berbahayakah penyakit ini? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah TIm Lifepack berikut ini.

anemia gravis adalah

Mengenal Apa Itu Anemia Gravis

Bagi Anda yang sudah mengenal anemia, pasti tahu bahwa anemia merupakan kondisi ketika kadar hemoglobin dalam tubuh rendah. Seseorang dapat dikatakan anemia jika kadar hemoglobin dalam tubuhnya kurang dari 12 g/dL pada wanita, dan kurang dari 13,5 g/dL pada laki-laki. Lalu apa perbedaannya dengan anemia gravis? Anemia gravis merupakan kondisi yang lebih serius. Seseorang dikatakan mengalami penyakit ini ketika kadar hemoglobinnya kurang dari 8 g/dL. Hal ini tentu sangat berbahaya, sehingga penderitanya membutuhkan transfusi darah. 

Anemia gravis dapat terjadi pada ibu hamil atau orang dengan penyakit kronis seperti kanker atau penyakit ginjal. Pada anemia ini gejala yang dirasakan oleh penderitanya tentu lebih berat dibandingkan dengan anemia biasa. Selain itu pada anemia gravis, penderitanya berisiko mengalami komplikasi yang sangat serius.

Gejala

Gejala umumnya memiliki gejala yang sama dengan anemia biasa seperti pusing, rasa lelah berlebih tanpa alasan yang jelas, penurunan berat badan, dan kulit yang pucat. Namun pada anemia ini disertai dengan gejala-gejala lainnya yang cukup parah seperti:

  1. Lelah ekstrim
  2. Kulit berwarna pucat
  3. Sakit kepala
  4. Sesak napas
  5. Rasa sakit pada dada
  6. Tangan dan kaki yang dingin
  7. Detak jantung berdebar
  8. Nyeri pada perut dan sendi

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Faktor Risiko Anemia Gravis

Penyebabnya adalah kurangnya nutrisi yang membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Namun ternyata terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang untuk terkena anemia gravis. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Gangguan pada organ-organ pencernaan, sehingga kemampuan organ dalam menyerap nutrisi dari makanan menurun.
  2. Terdapat keluarga yang memiliki riwayat penyakit anemia gravis.
  3. Mengidap penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, penyakit ginjal, dan hipotiroidisme yang mengakibatkan menurunnya produksi sel darah merah.
  4. Kerusakan sumsum tulang belakang yang membuat produksi sel darah merah tidak optimal.
  5. Paparan zat beracun, penyakit autoimun, konsumsi obat-obatan yang dapat mempengaruhi produksi sel darah merah.

Komplikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi yang parah dapat mengakibatkan komplikasi pada penderitanya. Kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi akibat anemia gravis antara lain kerusakan otak, jantung, serta organ-organ lainnya dalam tubuh. Hal ini karena berkurangnya pasokan darah sehingga menurunkan fungsi organ-organ dalam tubuh. Selain itu pada kondisi yang parah bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pengobatan Anemia Gravis

Pada anemia biasa, umumnya pengobatan dapat dilakukan dengan mengonsumsi tablet suplementasi zat besi guna menambah nutrisi yang mendukung pembentukan sel darah merah. Namun terdapat beberapa perbedaan opsi pada penanganannya, antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Transfusi Darah

Pilihan yang biasanya dilakukan untuk penanganan anemia gravis adalah dengan melakukan transfusi darah. Tindakan ini dilakukan untuk menambah darah dalam tubuh akibat kekurangan darah yang disebabkan anemia gravis. Pilihan ini umumnya dilakukan pada pasien yang mengalami anemia berat atau pendarahan.

2. Suplementasi

Anemia yang disebabkan karena kekurangan nutrisi pendukung dalam produksi sel darah merah dapat diatasi dengan mengonsumsi suplementasi nutrisi tersebut. Supelementasi yang umum untuk mengatasi anemia gravis adalah suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, dan vitamin C.

3. Pengobatan Penyakit

Penyakit yang disebabkan oleh penyakit kronis, sebaiknya dilakukan pengobatan pada penyakit kronis yang dialami penderita. Hal ini guna mengatasi penyebab mendasar dari anemia itu sendiri.

Cegah Anemia Gravis

Meski anemia yang satu ini cukup parah, namun ternyata masih bisa dicegah loh! Anda dapat mencegah terjadinya anemia gravis dengan beberapa cara, antara lain dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C. Vitamin-vitamin tersebut dapat Anda peroleh dari makanan-makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, susu kedelai, buah jeruk, dan buah lemon. Dapat juga mengonsumsi obat Maltofer Chewable Tablet – Tablet Kunyah untuk Penderita Anemia (Rp 18.700) yang dapat menambah zat besiterkhusus bagipenderita anemia.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah informasi mengenai apa itu anemia gravis, gejala, penyebab, dan cara pengobatan serta pencegahannya. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika merasakan gejala-gejala di atas untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis jenis apotek

Ternyata Ada Beberapa, Ini Jenis-jenis Apotek dan Pengertiannya

Telemedik   30/09/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman