Mecobalamin atau yang lebih dikenal methylcobalamine merupakan salah satu jenis vitamin B12 yang dapat mengobati neuropati perifer dan beberapa jenis anemia. Obat mecobalamin ini termasuk jenis senyawa vitamin yang dapat larut di dalam air. 

Kandungan vitamin B12 memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Vitamin B12 ini juga memiliki peran penting untuk mengurangi kadar homosistein atau asam amino yang sering dikaitkan dengan penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung dan Alzheimer. Vitamin ini sangat baik untuk memproduksi energi dalam tubuh.

Informasi

Kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam mecobalamin berfungsi untuk membentuk sel darah merah, fungsi sel saraf, metabolism dan produksi DNA. Vitamin B12 biasanya digunakan untuk kombinasi obat mengatasi kekurangan vitamin B12 dengan beberapa jenis obat lainnya seperti cyanocobalamin, adenosylcobalamin, dan hydroxocobalamin. Secara umum, obat mecobalamin tersedia dalam jenis kapsul oral dan injeksi.

sel darah
Mecobalamin atau methylcobalamine merupakan salah satu jenis vitamin B12 yang dapat mengobati neuropati perifer dan beberapa jenis anemia.

Manfaat penting dari obat mecobalamin yaitu untuk pembentukan sel darah merah yang mengatasi penyakit anemia megaloblastik. Faktor pemicu penyakit anemia karena pasien kekurangan vitamin B12. Mecobalamin juga dapat mengatasi nyeri akibat kerusakan saraf tepi atau sering disebut neuropati perifer. Selain itu, obat mecobalamin dapat membantu defisiensi vitamin B12 dan juga mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin B12.

Dosis

Penggunaan mecobalamin harus disesuaikan dengan kondisi medis yang dialami pasien. Obat mecobalamin tersedia dalam bentuk tablet 1 mg dan 5 mg, serta dalam bentuk injeksi atau suntik. 

  • Dosis pada kondisi neuropati perifer: Dosis oral diberikan 500 mcg/hari yang terbagi dalam 3 dosis. Parenteral diberikan 500 mcg/hari injeksi sebanyak 3 kali per minggu.
  • Dosis pada anemia defisiensi B12: dosis pengobatan diberikan 500 mcg per hari injeksi 3 kali per minggu. Sedangkan dosis pemeliharaan diberikan setelah 2 bulan pengobatan. Anda dapat mengurangi dosis tunggal 500 mcg setiap 1 hingga 3 bulan.

Dosis pada anak-anak belum dapat ketentuan yang tepat, maka untuk penggunaan dosis anak sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan informasi dan pengobatan yang tepat.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan obat mecobalamin dengan asam amino siklik, neomycin, obat h2 blocker dan colchicine dapat menurunkan penyerapan pada saluran pernapasan. Anda juga tidak disarankan menggunakan obat mecobalamin bersamaan dengan obat kontrasepsi oral karena dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi kinerja obat mecobalamin di dalam darah. Penggunaan mecobalamin bersamaan dengan chloramphenicol juga dapat mereduksi anemia. 

Jika Anda menggunakan mecobalamin dengan asam folat maka akan timbul gangguan respons tarapeutik. Anda perlu menghubungi dokter terlebih dahulu jika sedang menggunakan obat-obatan lain termasuk suplemen dan obat herba sebelum menggunakan obat mecobalamin.

Kelompok Orang Berisiko

Jika Anda sedang mengalami kelainan saraf mata, polisitemia, hematuria, dan infeksi maka Anda harus berhati-hati sebelum menggunakan obat mecobalamin. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi alkohol selama dalam pengobatan obat mecobalamin, karena pengaruh alkohol dapat mengurangi kadar vitamin B12 di dalam tubuh.  

Efek Samping

Pada obat mecobalamin juga berpotensi menimbulkan gejala efek samping pada beberapa orang yang menggunakannya. Efek samping yang ditimbulkan dapat bersifat ringan sampai berat. Beberapa efek samping yang biasa terjadi dari penggunaan mecobalamin yaitu:

  • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare dan sakit perut.
  • Gangguan umum seperti nyeri atau tubuh merasakan sensasi panas
  • Terjadi gangguan metabolisme seperti nafsu makan berkurang dan anoreksia
  • Gangguan sistem saraf seperti sakit kepala
  • Gangguan sistem kekebalan seperti terjadinya ruam, kesulitan bernapas
  • Pembengkakan pada bibir, lidah, tenggorokan, dan wajah

Namun, tidak semua orang mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda merasa ragu dengan gejala efek samping yang dialami setelah penggunaan mecobalamin, Anda sebaiknya menghubungi dokter untuk mengetahui gejala pasti yang dialami dari penggunaan mecobalamin.

Cara Konsumsi

Sebelum menggunakan obat mecobalamin, pastikan Anda sudah mengetahui informasi penggunaan obat dari dokter atau apoteker. Anda harus memahami aturan pakai untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai dengan kondisi medis yang dialami. 

Cara mengonsumsi obat mecobalamin dapat diminum sebelum dan sesudah makan. Selain dengan cara diminum, penggunaan mecobalamin ada dalam bentuk injeksi. Pada obat kemasan injeksi, pemberian obat harus dilakukan oleh tenaga medis melalui otot atau vena. 

Baca juga: Vitamin Buat Daya Tahan Tubuh yang Bagus dan Aman

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah obat mecobalamin secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda mengonsumsi obat mecobalamin kapsul maka sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan tidak diperbolehkan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa instruksi dokter. 

Anda tidak boleh menggunakan obat mecobalamin dalam waktu yang lebih lama dari anjuran yang disarankan oleh dokter. Jika kondisi Anda semakin memburuk dan tidak kunjung membaik, maka Anda harus segera menghubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut serta mendapatkan pengobatan yang tepat.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?