Obat dengan kandungan Mebeverine HCl memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit kronis yang terjadi di saluran pencernaan atau dikenal sebagai Irritable Bowel Syndrome. Masalah gangguan pencernaan atau IBS menyebabkan gangguan pada pencernaan seseorang dalam jangka waktu yang lama. Gangguan IBS menyerang organ usus besar dalam durasi waktu yang lama. Penyakit IBS akan menimbulkan gejala yang dapat sewaktu-waktu kambuh. 

Informasi 

Penyakit IBS umumnya dialami oleh wanita dewasa berusia di bawah 50 tahun. Penyakit IBS bisa menimbulkan gejala dalam durasi waktu tertentu seperti hari hingga bulan ketika kambuh. Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan gejala IBS untuk kambuh yakni saat menstruasi, kondisi stress hingga faktor konsumsi makanan. Saat wanita menstruasi maka ia akan mengalami perubahan pada hormon yang dapat menyebabkan penyakit IBS kambuh gejalanya.

Untuk mengatasi kambuhnya gejala Irritable Bowel Syndrome, maka pasien disarankan untuk mengkonsumsi obat mengandung Mebeverine HCl. Obat ini termasuk ke dalam kelas obat antispasmodic. Cara kerja obat ini adalah dengan merelaksasi otot usus dengan cara mengirimkan sinyal ke dalam otak. Otot usus yang berelaksasi akan menurunkan gejala sakit seperti kram perut.

mebeverine hcl
Obat dengan kandungan Mebeverine HCl berfungsi untuk mengobati penyakit kronis pada saluran pencernaan atau Irritable Bowel Syndrome.

Konsumsi obat dengan kandungan Mebeverine HCl dapat membantu mengontrol rasa sakit saat gejala iritasi usus timbul. Obat ini juga sering digunakan untuk mengatasi sakit nyeri pada usus ataupun kejang pada usus. Mebeverine HCl juga bermanfaat untuk mengatasi diare persisten. Diare persisten adalah kondisi diare yang terkadang muncul bergantian dengan sembelit alias konstipasi. 

Mebeverine HCl juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penimbunan gas pada perut yang kembung. Obat dengan kandungan Mebeverine HCl tersedia dalam merk seperti Irbosyd dan Duspatalin.

Dosis 

Obat dengan kandungan senyawa Mebeverine HCl merupakan obat dengan golongan obat keras sehingga penggunaannya harus mengikuti anjuran dari dokter. Dosis obat ini akan disesuaikan dengan tujuan serta usia pasien. Dosis untuk dewasa adalah sebesar 200 mg dikonsumsi dua kali dalam sehari untuk tahap persiapan. 

Sementara dosis sebagai hidroklorida adalah sebesar 100 mg hingga 135 mg dan diminum sebanyak 3 kali dalam sehari. Untuk pemberian dosis Mebeverine HCl sebagai embonate adalah sebanyak 150 mg dan diminum 3 kali dalam sehari. 

Sementara dosis untuk anak dibagi berdasarkan usia mereka. Dosis ini ditujukan untuk mengatasi gangguan sindrom gastrointestinal tract spasm atau juga disebut sebagai iritasi usus besar. Untuk anak usia di atas 10 tahun dosis yang diberikan adalah sebanyak 135 hingga 150 mg. Dosis untuk anak usia 8 hingga 10 tahun adalah sebanyak 100 mg. Dosis untuk anak usia 4 hingga 8 tahun sebanyak 50 mg. Sedangkan untuk anak usia 3 hingga 4 tahun dosis yang diberikan adalah 25 mg.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain 

Seperti kebanyakan obat maka konsumsi Mebeverine HCl terkadang bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Oleh sebab itu sebaiknya Anda selalu berkonsultasi ke dokter jika mengkonsumsi obat dalam waktu bersamaan. Mebeverine HCl sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat untuk mengatasi iritasi usus besar.

Kelompok Orang Berisiko 

Pasien dengan riwayat alergi terhadap obat Mebeverine HCl ataupun obat lainnya sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Orang yang mempunyai riwayat penyakit pencernaan meliputi konstipasi akut sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Ibu hamil serta menyusui sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi obat ini.

Efek Samping

Penggunaan obat Mebeverine HCl tidak selalu menimbulkan efek samping. Hanya saja pada beberapa kasus konsumsi obat Mebeverine HCl dapat menimbulkan efek samping seperti reaksi alergi yang parah. Gejala reaksi alergi parah yang timbul dari penggunaan obat Mebeverine HCl adalah seperti berikut ini:

  • Timbulnya bengkak pada salah satu bagian wajah
  • Sulit untuk bernapas atau gangguan pada pernapasan
  • Timbul ruam-ruam merah pada kulit

Meski efek samping di atas tergolong parah, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping berupa reaksi alergi di atas. Untuk mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Cara Konsumsi

Cara konsumsi obat dengan kandungan Mebeverine HCl adalah mengkonsumsinya sekitar 20 hingga 30 menit sebelum makan. Konsumsi obat ini dilakukan melalui mulut karena merupakan obat oral. Cara meminumnya adalah langsung ditelan dengan menggunakan segelas air. Sebaiknya Anda mengkonsumsi obat dengan kandungan Mebeverine HCl dalam waktu yang sama setiap hari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas obat. 

Dosis yang dikonsumsi harus sesuai dengan anjuran dokter dan tidak boleh mengurangi atau menambahkan tanpa seizin dokter. Untuk penggunaan selama seminggu dan tidak menunjukkan perubahan maka segera konsultasikan ke dokter. 

Penyimpanan obat Mebeverine HCl adalah di dalam suhu ruangan dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Anda tidak boleh menyimpan obat Mebeverine HCl di dalam freezer ataupun dalam ruangan yang lembab.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?