fbpx
BerandaHidup SehatManfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental

Kegiatan berkebun bukan hanya dapat mempercantik tanaman di tempat tinggal Anda, namun juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun kegiatan ini identik dengan kegiatan orang tua, berkebun sebenarnya aktivitas yang bisa dilakukan semua umur. Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan mental? Simak ulasannya berikut ini. 

Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental

Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental

Kegiatan berkebun dan bercocok tanam sudah lama dikenal sejak peradaban manusia dimulai. Selama ratusan tahun manusia telah mengolah taman bukan hanya berfungsi sebagai tempat menanam tanaman tetapi juga sebagai media bagi manusia untuk bersantai dan terhubung dengan alam. 

Berkebun juga diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Kegiatan ini menggabungkan aktivitas fisik dengan interaksi sosial dan paparan alam dan sinar matahari yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan pengolahan vitamin D dalam tubuh. Beberapa manfaat berkebun untuk kesehatan mental antara lain:

Memperbaiki suasana hati

Berkebun bisa memperbaiki suasana hati Anda secara keseluruhan. Bekerja secara produktif di taman dapat meningkatkan kadar serotonin di otak sehingga membuat suasana hati Anda menjadi lebih bahagia sepanjang hari.  

Saat berkebun, Anda akan fokus pada tugas-tugas yang harus Anda selesaikan di depan mata, membantu mengalihkan Anda dari overthinking. Berkebun juga dapat mengurangi pikiran dan pikiran negatif sehingga membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. Inilah mengapa bagi sebagian orang, berkebun dapat membantu meredakan stres. 

Meningkatkan rasa percaya diri

Salah satu manfaat berkebun untuk kesehatan mental adalah kegiatan ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri Anda. Harga diri adalah seberapa besar Anda menghargai dan merasa positif terhadap diri sendiri. Dengan merawat tanaman, membantunya tumbuh, melihatnya berbunga dan memanen hasilnya, Anda akan merasa bahwa kerja keras Anda terbayar dengan baik. Melihat keberhasilan ini dapat membuat Anda bangga pada diri sendiri dan rasa bangga Anda semakin meningkat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Meningkatkan rentang perhatian

Berkebun dapat melatih rentang fokus Anda. Jika Anda kesulitan untuk tetap fokus pada tugas, percakapan, atau topik dalam kehidupan sehari-hari, berkebun dapat membantu Anda belajar berkonsentrasi pada apa yang ada di depan Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beraktivitas di luar ruangan dapat mengurangi sulit fokus yang merupakan gejala dari ADHD.

Mendorong aktivitas fisik

Kegiatan dalam berkebun seperti menyiangi tanaman, menggali tanah, dan menyapu merupakan kegiatan fisik yang baik. Melakukan aktivitas fisik secara teratur mengurangi kecemasan, depresi, dan masalah mental lainnya serta dapat membantu mencegah demensia. Kalau Anda tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berkebun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mendapat manfaat yang sama dengan berolahraga. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mendorong pola makan sehat

Salah satu manfaat yang tidak kalah penting dari berkebun untuk kesehatan fisik dan mental adalah kegiatan ini dapat mendorong Anda menerapkan pola makan sehat. Bagi individu yang menanam tanaman mereka sendiri, akan lebih mudah untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi tanaman yang diproduksi secara organik. Mengonsumsi makanan dari hasil berkebun bukan hanya lebih sehat dan segar, namun juga memberikan kepuasan batin. 

Mendorong ikatan sosial

Berkebun bisa dilakukan sendirian atau bersama teman-teman di komunitas atau kerja kelompok lainnya. Dengan menjadi bagian dari komunitas berkebun, Anda bisa mendapat koneksi sosial, melatih kerja sama dan menguatkan support system Anda. 

Kegiatan berkebun memiliki manfaat untuk kesehatan mental maupun fisik. Bagi Anda yang ingin memulai kegiatan berkebun, Anda bisa memulainya dari mengolah lahan yang tersedia di rumah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli botani mengenai cara merawat tanaman agar mendapat hasil optimal. 

Demikian informasi seputar manfaat berkebun untuk kesehatan mental. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman