fbpx
BerandaAsuransiMacam dan Kisaran Biaya Asuransi Karyawan

Hak karyawan selain gaji dan tunjangan juga berupa asuransi. Asuransi memberikan manfaat bagi karyawan untuk lebih fokus bekerja. Terbebas dari kecemasan seperti kesehatan karena sudah ditanggung. Besaran asuransi yang diterima berbeda-beda setiap perusahaan. Tergantung dengan macam dan faktor lain yang mempengaruhinya. Berikut macam-macam asuransi dan biaya asuransi karyawan yang diberikan. 

biaya-asuransi-karyawan.jpg

1. Aruransi Kecelakaan

Umumnya asuransi ini diberikan kepada karyawan yang bekerja dengan tingkat resiko tinggi seperti bangunan, pertambangan dan lainnya. Bentuk perlindungan di tempat kerja, paling minimal yang harus dimiliki karyawan yaitu BPJS ketenagakerjaan. Jika asuransi ini dinilai kurang untuk melindungi resiko kecelakaan yang tinggi, maka pilih asuransi kecelakaan tambahan. Kisaran yang diterima tergantung dari besar kecil resiko yang akan diterimanya. 

Karyawan yang mengalami kecelakaan akan mendapatkan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan medis. Selain itu, karyawan akan mendapatkan santunan meski tidak bekerja sebesar 100% selama 12 bulan pertama. Jika masih belum sembuh, berhak mendapat 50% bulan selanjutnya hingga sembuh. 

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki peranan penting bagi karyawan terutama kepala keluarga. Saat kepala keluarga yang bekerja di perusahaan terjadi kecelakaan lalu meninggal, maka akan mendapat dana. Dana ini yang kemudian akan diberikan kepada anggota keluarga yang ditinggalkan.

Sedikit membantu perekonomian keluarga sementara, atau sampai anak mandiri. Santunan kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan saat bekerja mendapatkan 48 kali upah. Santunan didapat setelah dilaporkan oleh perusahaan atau karyawan itu sendiri. 

3. Asuransi Perjalanan

Asuransi ini sering diberikan pada karyawan yang bekerja sebagai business trip. Berfungsi untuk memberikan perlindungan akan kemungkinan resiko yang terjadi atau membahayakan saat di perjalanan. Pelayanan yang ditawarkan berupa penggantian biaya untuk kecelakaan di perjalanan, ganti rugi untuk tiket pesawat yang terlambat, penggantian isi bagasi dan lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Asuransi yang diterima jika karyawan menggunakan lebih dari satu jenis transportasi maka penggantian akan ditotal. Total didapatkan dari penjumlahan biaya setiap transportasi yang digunakan. Maksimal penggantian biaya transportasi sebanyak tiga jenis transportasi berbeda. 

4. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan bagi karyawan bersifat wajib di perusahaan. Sangat berguna untuk menanggung beban saat sakit atau bahkan anggota keluarganya yang sakit. Asuransi kesehatan dibagi atas beberapa kategori seperti hanya menanggung individu atau hanya karyawan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ada juga yang menanggung hingga anggota keluarga. Sistem yang diberikan berupa cashless dan reimbursement. Biaya asuransi karyawan berupa kesehatan yang diwajibkan bagi perusahaan yaitu berupa BPJS. Setiap bulan harus membayarkan premi asuransi sebesar 1% dan dibayarkan oleh karyawan dari gaji karyawan, dan 4% dari gaji karyawan yang dibayarkan oleh perusahaan.

5. Asuransi Pendidikan

Beberapa asuransi menyediakan penanggungan biaya premi untuk asuransi pendidikan. Terlebih bagi perusahaan yang karyawannya terdiri dari para pelajar. Namun jika perusahaan yang Anda tempati tidak menyediakan asuransi ini, Anda tetap bisa memilikinya dari agen asuransi. 

Asuransi pendidikan dapat dibayarkan untuk dua orang setiap tahunnya. Jumlahnya sebesar Rp. 1,2 juta untuk jenjang TK, Rp. 1,8 juta untuk jenjang SMP dan Rp. 2,4 juta untuk jenjang SMA. Jika ingin berlanjut hingga perguruan tinggi, maka asuransinya sebesar Rp. 3 juta. 

6. Asuransi Masa Tua

Asuransi masa tua lebih dibutuhkan untuk karyawan swasta karena karyawan negeri sudah memiliki jaminan hari tua. Perusahaan swasta  jarang memberikan asuransi masa tua pada karyawannya mengingat eksistensinya di masa depan, baik dari karyawannya maupun dari perusahaan itu sendiri. Adanya asuransi masa tua akan meringankan beban saat memasuki masa tua tanpa harus bekerja keras.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Besarnya iuran untuk asuransi hari tua berbeda-beda setiap perusahaan dan polis asuransi. Besaran yang diterima 5,7%  dari gaji karyawan setiap bulan. Berlaku untuk karyawan penerima upah di suatu perusahaan. Bagi pekerja lepas atau tidak di bawah perusahaan maka sebesar 2% dari penghasilan setiap bulannya. 

7. Asuransi Aset Properti

Asuransi aset dapat berupa tempat tinggal, properti, barang berharga lainnya. Melindungi harta kekayaan fisik untuk mengantisipasi adanya kerusakan. Memberikan perlindungan terhadap aset yang mengalami kejadian seperti tersambar petir, kejatuhan pesawat terbang dan kejadian tak terduga lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

 Tak hanya memberikan perlindungan terhadap rumah, namun juga seisinya seperti mencegah dari pencurian. Besaran premi yang dibayarkan untuk asuransi ini tergantung dalam tiga kategori. Perkembangan nilai aset, tingkat risiko aset dan kualitas konstruksi seperti mudah rusak. Besarannya dihitung dari nilai atau harga aset yang dikalikan dengan rate (melihat dari ketiga kategori yang sewaktu-waktu berubah)

8. Asuransi Bisnis

Mencapai tujuan hidup yang sejahtera tentunya dibutuhkan banyak biaya termasuk membangun bisnis baru. sumber penghasilan tak hanya didapat dari hasil menjadi karyawan semata. Bisnis yang dijalankan, tentunya perlu mendapatkan asuransi untuk membantu  memenuhi kebutuhan bisnis.

Asuransi bisnis menawarkan perlindungan dari bisnis UKM, UMKM, hingga perusahaan besar dan multinasional. Biaya asuransi karyawan dalam bisnis hampir sama seperti asuransi aset. Mengalikan nilai jual dari suatu barang atau aset dengan nilai rate (nilai pasar yang bisa berubah).

Gunakan Lifepack untuk mendukung manfaat kesehatan perusahaan Anda. Lifepack sebagai apotek digital dan konsultasi dokter online dengan harga terjangkau dan menjangkau seluruh Indonesia.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara menggunakan asuransi saat terkena covid

Cara Menggunakan Asuransi Saat Terkena Covid

Covid-19   17/03/2022

6 Istilah Dalam Asuransi yang Perlu Diketahui

Asuransi   22/02/2022
asuransi kesehatan

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Asuransi   03/02/2022
tunjangan pengobatan

Mengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Kesehatan Kerja   13/07/2021
premi-asuransi

Pengertian dan Cara Bayar Premi Asuransi

Asuransi   25/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman