Ketika bagian tertentu dari tubuh Anda terasa gatal, secara refleks biasanya Anda akan menggaruknya. Aksi ini bukannya meredakan rasa gatal, justru malah semakin membuat parah kondisi kulit yang digaruk. Kulit akan bersisik hingga mengelupas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan senyawa liquor carbonis detergent. 

Informasi 

Liquor carbonis detergent atau sering disebut juga sebagai coal tar atau tar batubara merupakan suatu senyawa yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal, kulit bersisik, dan mengelupas karena kondisi seperti psoriasis atau dermatitis seboroik.

Senyawa ini termasuk obat golongan keratoplastics. Cara kerjanya dengan melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit. Senyawa ini memberikan efek meredakan kulit yang bersisik dan kering. Selain itu, juga dapat meredakan gatal dari kondisi kulit tersebut.

liquor carbonis detergent
Liquor carbonis detergent merupakan untuk mengatasi gatal-gatal, kulit bersisik, dan mengelupas karena kondisi seperti psoriasis.

Liquor carbonis detergent juga dapat digunakan sebagai obat untuk ruam jenis lain seperti eksim, dermatitis atopik, dan dermatitis eksudatif kronis. Senyawa ini banyak tersedia pada obat dengan bentuk cair, sampo, lotion, larutan, krim, jelly, sabun, obat salep, busa, dan emulsi.

Dosis

Jika Anda memilih menggunakan produk dengan senyawa ini dalam bentuk sabun batang, cukup gunakan sekali atau dua kali sehari. Apabila Anda menggunakan produk obat ini berbentuk krim, Anda dapat mengoleskannya  pada daerah yang terkena hingga empat kali sehari.

Berbeda halnya jika Anda memilih obat ini dalam bentuk produk gel, Anda cukup mengoleskannya pada daerah yang terkena satu atau dua kali sehari. Namun jika Anda memilih menggunakan produk obat ini berbentuk salep, bisa mengoleskannya pada daerah yang terkena dua atau tiga kali sehari.

Lain halnya bila Anda memilih obat ini dalam bentuk lotion, Anda bisa langsung mengoleskannya ke daerah yang terkena atau digunakan ketika mandi, rendam tangan atau kaki, atau sebagai pembilas rambut. Sedangkan bentuk samponya bisa Anda gunakan sekali sehari untuk seminggu sekali.

Senyawa ini pada obat oles, bisa Anda gunakan dengan mengoleskannya untuk membasahi kulit atau kulit kepala, atau digunakan ketika mandi. Pada bentuk  suspensi oles, bisa Anda gunakan ketika mandi.

Pemakaian liquor carbonis detergent untuk anak-anak belum ada ketentuan dosisnya. Senyawa ini pada obat bisa saja berbahaya bagi anak. Agar lebih aman sebelum penggunaan, sebaiknya Anda memahami informasi dan keamanan obat. Lebih baik lagi jika Anda konsultasikan pada dokter. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum menggunakan dua atau lebih obat berbeda secara bersamaan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Tidak semua obat memiliki efek yang baik jika digunakan bersamaan. Bahkan ada yang hingga menimbulkan efek samping sangat fatal. Liquor carbonis detergent karena digunakan sebagai obat luar, bisa jadi tidak memiliki efek samping berbahaya jika digunakan bersama obat lain.

Kelompok Orang Berisiko

Obat ini karena mengandung detergent, sebaiknya tidak Anda gunakan apabila memiliki alergi atau jenis kulit yang sensitif. Anak-anak juga tidak disarankan menggunakan obat dengan formula senyawa ini, kecuali disarankan sendiri oleh dokter. Begitu pula penggunaan obat ini untuk lansia. 

Efek Samping

Karena memiliki formula detergent, obat ini bisa memunculkan efek samping berupa iritasi kulit ringan atau ruam kulit. Sebaiknya Anda hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda jika mengalami rasa menyengat parah, terbakar, bengkak, atau iritasi lainnya dari kulit yang diobati.

Cara Konsumsi

Cara penggunaan obat ini sebaiknya atas saran dokter, atau bagi dewasa bisa memperhatikan petunjuk penggunaan obat. Sebagai obat luar, meskipun beragam bentuknya, obat ini hanya digunakan pada kulit saja. 

Sebagai langkah menghindari iritasi, jangan biarkan obat ini kontak dengan mata, hidung, mulut, pangkal paha, atau rektum. Apabila Anda secara tidak sengaja terkena obat di daerah-daerah tersebut, basuhlah dengan air dingin selama 15 menit. Tidak lupa, selalu cuci tangan setelah menggunakannya.

Penggunaan obat ini cukup dioleskan sedikit ke daerah yang sakit. Kemudian pijat dengan lembut. Tunggulah hingga obat kering sebelum menggunakan pakaian. Jangan aplikasikan pada kulit rusak atau infeksi kulit kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Pada bentuk produk sabun, sampo, dan lotion, gunakan sesuai yang tertera pada petunjuknya. 

Dosis penggunaan obat ini diatur berdasarkan kondisi medis Anda, jenis produk atau merek, dan respon terhadap pengobatan. Hindari penggunaan dalam dosis yang besar, menggunakannya lebih sering, atau menggunakannya untuk jangka waktu lebih lama dari yang diatur. Hal tersebut bukan malah mempercepat kesembuhan Anda, malah akan meningkatkan efek samping. 

Supaya memperoleh manfaat obat yang maksimal, gunakan obat ini secara teratur. Anda bisa membuat jadwal penggunaan obat pada waktu yang sama tiap harinya. Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik atau semakin buruk, segeralah ke dokter. Apabila terjadi efek samping serius atau kondisi kulit mencakup area yang luas, segera cari bantuan medis.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?