Ketika Anda sedang flu biasanya disertai pilek dan hidung tersumbat. Untuk membantu meredakan hidung tersumbat supaya jalur pernapasan lancar lagi, biasanya Anda pakai obat atau permen gosok yang fungsinya mirip inhaler. Obat gosok tersebut beraroma segar dan terbuat dari L-Menthol (Baca juga Ekstrak Daun Mint Segar).

Informasi 

L-Menthol atau dalam keseharian disebut mentol merupakan senyawa kimia yang terkandung dalam daun peppermint atau lebih dikenal sebagai daun mint. Obat ini sering dimanfaatkan sebagai pemberi aroma dan rasa pada produk-produk yang bersifat komersial, seperti kosmetik, pewangi, makanan, minuman, rokok, hingga obat-obatan.

L-Menthol yang digunakan dalam produk obat-obatan, biasanya digunakan pada obat untuk mengatasi kondisi sakit tenggorokan ringan, bau mulut, flu, pilek atau hidung tersumbat, dan iritasi mulut. Selain itu juga digunakan pada campuran salep atau krim untuk nyeri otot dan sendi, keseleo, memar, dan kram.

L-Menthol
L-Menthol atau mentol merupakan senyawa kimia yang terkandung dalam daun peppermint atau lebih dikenal sebagai daun mint.

L-Menthol pada obat-obatan tersedia dalam beragam bentuk. Ada yang berbentuk salep, krim, gel, obat minum, obat hirup, dan lain sebagainya. Cara kerjanya dengan menghadirkan sensasi dingin, sehingga membantu meredakan rasa sakit untuk sementara waktu.

Dosis

Senyawa L-Menthol pada obat-obatan biasa digunakan pada obat dewasa. Penggunaannya untuk mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat dan iritasi tenggorokan, dapat menggunakan obat ini dalam bentuk lozenge (permen) setiap 3 jam sekali. Untuk meredakan gejala, obat ini dapat dikombinasikan dengan campuran minyak eucalyptus ataupun cetylpyridinium chloride.

L-Menthol juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, Ada dua pilihan bentuk obat yang bisa Anda gunakan, bentuk krim atau salep. Pada bentuk tersebut, senyawa ini dapat dicampurkan dengan bahan lain seperti kamper, minyak cengkeh, atau metil salisilat. Penggunaannya cukup mudah, ambil obat secukupnya, lalu ratakan di bagian tubuh yang bermasalah tipis-tipis sambil dipijit secara perlahan, dengan penggunaan selama 2-3 kali sehari.

Pemberian dosis L-Menthol pada obat minum mungkin dapat berbeda dari satu pengguna dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan pemberian dosis obat disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Penggunaan L-Menthol pada obat anak-anak belum ada ketentuan dosis pasti. Biasanya dipakai pada obat untuk anak usia 6 tahun ke atas dikarenakan senyawa ini memiliki efek panas seperti terbakar. Pemberian dosis obat ini pada anak-anak juga disesuaikan dengan usia, berat badan, kondisi kesehatan, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda konsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat dengan kandungan L-Menthol. Beritahukan pula pada dokter jika saat itu Anda juga sedang masa konsumsi obat ataupun herbal tertentu. Usahakan tidak memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis tanpa konsultasi dengan dokter.

Kelompok Orang Berisiko

Sebaiknya Anda beritahu dokter jika memiliki alergi terhadap L-Menthol supaya dapat dicarikan obat lainnya. Anda juga perlu memberitahu dokter ketika sedang masa konsumsi obat-obatan tertentu. Apalagi jika Anda sedang atau memiliki riwayat penyakit gangguan pernapasan kronis, seperti bronkitis dan emfisema.

Anda juga perlu konsultasi dengan dokter jika sedang sakit batuk berdahak, sakit tenggorokan yang disertai dengan demam, ruam kemerahan di kulit, mual dan muntah, serta ibu hamil dan menyusui.

Jika Anda punya riwayat diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini yang berbentuk permen, karena mengandung gula atau fenilalanin. Obat oles dengan kandungan L-Menthol sebaiknya tidak digunakan di area kulit yang punya luka terbuka karena iritasi atau lecet, karena beresiko semakin merusak kondisi kulit Anda.

Senyawa L-Menthol dapat menyebabkan kantuk. Untuk menghindari risiko, Anda tidak dianjurkan untuk mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin besar sampai efek obatnya benar-benar hilang.

Efek Samping

Konsumsi L-Menthol dapat menyebabkan kantuk, mual dan muntah, vertigo, gangguan pencernaan, iritasi mata dan kulit, sensasi hangat dan panas, ruam kemerahan, serta kebas dan baal. Pada kasus spesial, bisa menyebabkan syok anafilaktik dengan gejala alergi parah. 

Cara Konsumsi

Sebaiknya gunakan obat dengan kandungan L-Menthol sesuai resep dokter atau petunjuk pemakaian. Untuk obat oles hanya boleh digunakan pada kulit. Hindari area dekat mata, mulut, hidung, atau alat kelamin. Apabila tidak sengaja mengenai area-area sensitif tersebut, segera siram dengan banyak air.

Pastikan Anda sudah cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan obat oles ini. Cara pakainya cukup oleskan tipis-tipis dan merata ke bagian tubuh yang sakit tidak lebih dari 4 kali dalam sehari dan biarkan terbuka. Jangan oleskan obat ini pada kulit yang terluka atau teriritasi. 

L-Menthol pada obat minum bentuk tablet bisa Anda konsumsi dengan dikunyah atau ditelan langsung. Jika menggunakan obat ini dalam bentuk sirup, jangan gunakan sendok makan, pakailah pipet tetes atau sendok obat yang biasanya tersedia di dalam bungkus kemasan. 

Penggunaan L-Menthol pada obat patch (koyo) cukup tempelkan di atas permukaan kulit yang bersih dan kering. Pastikan Anda tidak menempelkan koyo pada kulit yang iritasi dan cuci tangan setelah menempelkan koyo.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?