fbpx
BerandaDokterKonsultasi Via Chat dengan Dokter Online, Apakah Efektif?

Yang semakin pesat ini membuat kita semakin mudah dalam beraktivitas. Jika dahulu kita hanya membahas tentang kemudahan dalam berkomunikasi maupun melakukan perjalanan yang jauh. Kita tidak hanya sebatas itu saja, teknologi telah merambah ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Berbagai macam alat yang mendukung pemeriksaan dan penyembuhan penyakit kini semakin canggih. Bahkan sekarang yang telah ramai layanan telemedicine atau telemedis dimana Anda dapat konsultasi dengan dokter secara online.

dokter online, konsultasi dokter online

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu layanan telemedis, layanan ini merupakan bentuk dari teknologi kesehatan yang memudahkan pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan. Dengan layanan telemedis, kini pasien dan dokter dapat bertemu tanpa harus bertatap muka secara langsung. Pasien jadi lebih mudah dalam menyampaikan keluhan mengenai masalah kesehatannya.

Salah satu layanan yang masuk ke dalam pelayanan telemedis adalah layanan telekonsultasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan adanya layanan ini pasien menjadi lebih mudah dalam Menyampaikan keluhan mengenai masalah kesehatannya dengan dokter meski secara online. Pasien dan dokter lebih fleksibel dalam waktu dan tempat. 

dokter online, konsultasi dokter online
Sekarang yang telah ramai adakah layanan telemedicine atau telemedis dimana Anda dapat konsultasi dengan dokter secara online.

Terdapat banyak jenis layanan telekonsultasi yang umum digunakan. Biasanya layanan konsultasi berupa percakapan teks, panggilan video, dan panggilan suara. Namun ternyata banyak sekali loh masyarakat yang lebih suka menggunakan percakapan teks atau chat ketika melakukan telekonsultasi. Karena layanan ini dianggap lebih mudah dan lebih sederhana untuk dilakukan.

Selain konsultasi, banyak layanan telemedik yang menawarkan pembuatan resep dokter. Jika Anda membutuhkan obat resep seperti Rosufer 20 mg – 30 Tablet – Obat Kolesterol 20mg (Rp475.700), Anda bisa membuat resep dengan dokter terlebih dahulu dan kemudian memesannya melalui apotek online.

Namun apakah Anda yakin konsultasi menggunakan percakapan teks atau chat akan efektif? Lalu bagaimana caranya memanfaatkan layanan konsultasi chat agar efektif? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efektivitas Konsultasi Chat dengan Dokter Online

Terlihat lebih mudah dan sederhana, kenyataannya efektivitas dari konsultasi chat atau percakapan teks dengan dokter online tidak lebih efektif dari telekonsultasi yang dilakukan dengan panggilan video atau panggilan suara. Hal ini karena ketika melakukan konsultasi dengan chat, penjelasan yang kita berikan biasanya lebih singkat dibandingkan ketika melakukan panggilan suara atau panggilan video. 

Selain itu biasanya pasien atau dokter akan lebih kesulitan dalam memahami satu sama lain. Terlebih waktu sesi konsultasi yang sangat singkat. Hal ini menjadi kendala yang cukup sering terjadi pada layanan konsultasi Dokter online via chat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tips Melakukan Konsultasi Chat dengan Dokter Online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kebanyakan orang merasa konsultasi chat dengan dokter online tidaklah efektif. Tapi ternyata ada beberapa cara yang dapat membuat konsultasikan dengan dokter online menjadi lebih efektif loh! Berikut tipsnya :

1. Lakukan Reservasi Konsultasi dengan Jadwal yang Tepat

Saat anda melakukan reservasi untuk konsultasi dengan dokter online, sebaiknya pilih jadwal yang tepat. Jadwal tepat yang dimaksud disini adalah pemilihan ada jadwal di mana anda memiliki waktu yang luang. Hingga Anda tidak merasa terburu-buru dan lebih tenang saat menjelaskan permasalahan kesehatan Anda kepada dokter. 

2. Catat Keluhan

Ketika melakukan konsultasi secara online, biasanya kita akan terintimidasi oleh sesi konsultasi yang sangat singkat. Sehingga saat melakukan konsultasi kebanyakan orang justru lupa apa saja yang menjadi keluhan dari permasalahan kesehatannya. Oleh karena itu sebelum melakukan konsultasi dengan dokter online Sebaiknya Anda mencatat apa saja yang menjadi keluhan dari permasalahan kesehatan Anda. Pastikan catatan lengkap dan tidak ada yang terlewat. Tulislah keluhan anda ada dengan kalimat yang mudah Anda pahami. Hal ini akan membantu anda ketika chat dengan dokter online. 

3. Fokus

Fokus merupakan hal yang sangat diperlukan dalam melakukan setiap kegiatan, termasuk dalam melakukan konsultasi dengan dokter online. Ya, hal ini tentu sangat penting terlebih hal yang anda konsultasikan sangat penting, yakni mengenai permasalahan kesehatan Anda. Jangan lakukan kegiatan lain ketika Anda sedang melakukan konsultasi, karena ini dapat memecahkan fokus Anda pada sesi konsultasi. Sehingga keluhan yang Anda sampaikan menjadi tidak lengkap atau Anda tidak memahami benar penjelasan dari dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Pastikan Anda Memahami Penjelasan Dokter

Ketika konsultasi kesehatan dilakukan secara online, biasanya Kebanyakan orang akan mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan dokter. Oleh karena itu pada sesi konsultasi chat dengan dokter online, pastikan bahwa Anda memahami benar penjelasan yang dikatakan oleh dokter. Jika Anda belum memahami penjelasan dokter, tanyakan kembali kepada dokter dan minta dokter untuk menjelaskannya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. 

5. Catat Hasil Konsultasi

Karena konsultasi ini memiliki durasi waktu yang singkat, terkadang kita lupa makan apa yang telah dijelaskan oleh dokter. Padahal bisa jadi apa yang dijelaskan dokter sangat penting. Oleh karena itu, usahakan untuk mencatat Ketika anda sedang melakukan konsultasi chat dengan dokter online. Dengan catatan yang dimiliki, Anda jadi lebih mudah dalam mengingat atau memahami kembali hasil dari sesi konsultasi yang telah Anda lakukan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain tips-tips di atas, Anda juga perlu melakukan riset sebelum chat dengan dokter online. Pastikan anda memilih layanan telemedis yang tepat dan memiliki layanan yang memuaskan. Anda dapat melakukannya dengan melihat review  dari pengguna layanan tersebut. Selain itu Anda juga dapat melihat rating yang diberikan oleh penggunanya. Pastikan layanan yang disediakan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah informasi mengenai efektivitas dari konsultasi dengan dokter online serta tips yang dapat membuat konsultasikan dengan dokter online lebih efektif. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022
pilihan dokter jantung anak jakarta

Daftar Pilihan Dokter Jantung Anak Jakarta

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman