fbpx
BerandaTelemedikIngin Konsultasi Dokter Online Melalui Telemedis? Cek Informasi Lengkap Layanan Telemedis

Layanan kesehatan di masa ini sudah berkembang ke arah digital. Pasien yang memiliki keluhan tidak perlu lagi mengantri lama untuk berkonsultasi karena sudah ada layanan konsultasi online atau telemedis. Mungkinkah Anda termasuk pasien yang ingin konsultasi ke dokter online tetapi masih bingung dan ragu? Jangan khawatir, baca artikel ini untuk mengetahui apa itu layanan telemedis, manfaat telemedis, hingga cara konsultasi telemedis.

layanan telemedis

Pengertian layanan telemedis

Telemedis merupakan layanan kesehatan daring atau jarak jauh. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan online dari tenaga medis seperti berkonsultasi dengan dokter, mendapatkan diagnosis, serta memperoleh resep obat berdasarkan kondisi yang sedang Anda alami.

Telemedis berbeda dari telekonsultasi karena mencakup layanan kesehatan secara keseluruhan. Layanan telemedis tidak hanya terbatas pada layanan konsultasi dokter online, melainkan juga disertai dengan layanan lain seperti tebus obat online, reservasi layanan, dan sebagainya. Sedangkan, telekonsultasi hanya berupa layanan konsultasi dokter yang merupakan satu bagian dari telemedis itu sendiri.

Manfaat telemedis 

Telemedis berbeda dari layanan dokter offline karena beberapa hal terkait fleksibilitas waktu dan tempat. Adapun beberapa manfaat telemedis sebagai berikut:

1. Mudah Diakses

Karena berbasis digital, telemedis sangat mudah untuk diakses siapa pun. Pasien yang ingin menyampaikan keluhan dan berobat cukup menggunakan smartphone atau laptop dari mana pun pasien berada. Layanan ini juga bisa diakses oleh pasien dari berbagai kalangan masyarakat. 

2. Hemat Biaya

Telemedis memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dan mendapat layanan kesehatan dengan biaya yang lebih hemat. Pasien tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan atau transportasi untuk mengunjungi rumah sakit. Selain itu, konsultasi online pada umumnya lebih terjangkau daripada konsultasi tatap muka dengan dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Memperluas Jangkauan Tenaga Kesehatan

Telemedis dapat dibilang sangat efektif untuk memberikan tenaga kesehatan ke masyarakat yang lebih luas seperti di desa atau di kota-kota kecil. Dokter di kota besar dapat membantu mengatasi masalah pasien dengan lokasi yang sebelumnya agak susah untuk dijangkau.

4. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Karena tersedia secara online dan dapat diakses oleh setiap masyarakat, telemedis dapat memberikan informasi seputar kesehatan secara lebih luas. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi seputar masalah kesehatan mereka.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Menghindari resiko Covid-19 selama pandemi

Berkonsultasi melalui telemedis tidak memerlukan adanya kontak erat dengan orang lain dan tenaga kesehatan yang memiliki resiko penularan Covid-19 lebih tinggi. Konsultasi secara online akan membantu pasien untuk berobat tanpa harus khawatir terjangkit penyakit lain.

Kapan Anda harus ke dokter offline?

Secara umum, layanan telemedis dapat membantu keluhan dan penyakit pasien sebagaimana bantuan tenaga medis lainnya. Tetapi, pasien dianjurkan untuk memeriksakan diri lebih lanjut jika memiliki masalah kesehatan yang memerlukan pemeriksaan fisik dalam tahapan lebih besar.

Berikut beberapa faktor yang mungkin dapat diatasi lebih baik melalui konsultasi tatap muka:

  • Membutuhkan pemeriksaan fisik yang tidak dapat dilihat dan diamati melalui video, telepon, atau foto.
  • Mengalami kecelakaan dengan kemungkinan luka dan cedera. 
  • Membutuhkan tindakan atau prosedur medis seperti injeksi atau operasi. 
  • Keadaan darurat yang memerlukan penanganan segera seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

Selain faktor-faktor di atas, Anda masih bisa berkonsultasi dahulu melalui layanan telemedis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara konsultasi telemedis

Layanan telemedis bertujuan untuk memudahkan pasien untuk berobat. Jika Anda baru pertama kali melakukan konsultasi telemedis, berikut cara-caranya. 

1. Pastikan layanan medis yang ingin Anda gunakan terpercaya

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah layanan telemedis yang akan Anda gunakan memiliki reputasi baik dan terpercaya. Anda dapat melihatnya dari rating dan review yang tersedia di internet. Pada umumnya, telemedis yang baik dan terpercaya memiliki situs resmi dengan panduan konsultasi atau pendaftaran yang jelas dan tidak membutuhkan biaya. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti cara mendaftar atau mengikuti layanan telemedis dari website resmi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Selanjutnya Anda dapat memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Mulai dari jenis pelayanan, harga setiap pelayanan, ketersediaan obat, dan sebagainya. 

Jika sudah yakin dengan pilihan Anda, lakukan reservasi atau pemesanan dengan mengisi data diri yang benar dan sesuai. Layanan telemedis yang baik dan benar tidak akan mengekspos data Anda karena sudah memiliki peraturan dan persyaratan yang sesuai dengan hukum

Jika Anda memilih layanan telekonsultasi, biasanya Anda perlu untuk mengisi formulir seputar ringkasan permasalahan Anda. Ceritakan keluhan Anda secara jelas dan mendetail tanpa bertele-tele.

3. Sampaikan keluhan dengan jelas

Layanan telemedis memerlukan komunikasi yang lancar dan jelas supaya bisa berjalan dengan efektif. Anda harus menyampaikan keluhan dengan sangat jelas supaya dokter dapat memahami permasalahan kesehatan yang Anda alami. Anda harus menjawab pertanyaan dokter dengan jelas pula. Dengan begitu, dokter dapat melakukan diagnosa dengan tepat dan akurat. Obat dan saran yang diberikan akan menjadi tepat pula. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Jangan malu bertanya jika tidak paham

Jika Anda belum memahami penjelasan dokter, segera tanyakan hingga Anda benar-benar mengerti. Miskomunikasi dalam konsultasi telekomunikasi akan membahayakan kondisi Anda nantinya. Tentunya, Anda juga akan sembuh dengan lebih cepat.

Apakah Anda memiliki keluhan kesehatan? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum hingga tebus resep obat melalui WhatsApp Lifepack di link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis jenis apotek

Ternyata Ada Beberapa, Ini Jenis-jenis Apotek dan Pengertiannya

Telemedik   30/09/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman