fbpx
BerandaKesehatan KerjaKetentuan Reimbursement Kesehatan Karyawan

Reimbursement adalah penggantian biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk karyawannya. Seringkali, reimbursement sering dikenal rembes biaya, namun istilah ini tidaklah benar. Salah satu bentuk klaim dari karyawan atas dana yang yang telah dikeluarkan karyawan untuk kepentingan perusahaan salah satunya kesehatan. Meski begitu, perusahaan memiliki kebijakan dalam melakukan proses reimbursement kesehatan karyawan untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan.

reimbursement-kesehatan-karyawan

Karyawan dapat melakukan medical claim untuk mendapatkan reimbursement. Medical claim adalah pengajuan klaim medis untuk membuktikan bahwa karyawan memang telah mendapatkan perawatan medis. Reimbursement sendiri dapat dilakukan beberapa kali sesuai ketentuan perusahaan dan pihak asuransi. Selain reimbursement, ada juga istilah plafonkesehatankaryawan yang merupakan jumlah total yang akan dibayarkan oleh perusahaan. Jumlah total akan diberikan sebanyak premi yang karyawan bayarkan.

Ketentuan Reimbursement Perusahaan

Perawatan kesehatan yang diberikan perusahaan oleh karyawannya terbagi atas beberapa tipe. Ketiga tipe ini tetap merujuk pada deductible expense (penghasilan bruto). Berikut uraiannya.

  1. Fasilitas tunjangan pengobatan karyawan akan diambil kembali. Aturan ini didapat dari gaji karyawan yang termasuk di dalamnya tunjangan pengobatan. Saat karyawan sakit, akan dirujuk ke klinik atau rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan. Setelah pengobatan selesai, gaji karyawan akan dipotong untuk menggantinya.
  2. Fasilitas tunjangan pengobatan diberikan pada karyawan bersama dengan penghasilan. Setiap bulan karyawan akan menerima tunjangan pengobatan yang telah ditetapkan. Perkiraan biaya sudah ditentukan oleh perusahaan setiap tahunnya. Karyawan bebas menggunakannya. Sehingga, saat karyawan sakit, karyawan sendiri yang akan mengganti biayanya. 
  3. Fasilitas pengobatan akan ditanggung perusahaan. Tipe ini menyediakan dokter dan fasilitas kesehatan dalam kantor perusahaan. Seluruh fasilitas dan perawatan di dalam kantor akan ditanggung oleh perusahaan. Tipe ini juga dapat menunjuk rumah sakit dan dokter yang telah bekerjasama dengan perusahaan. Saat akhir bulan, pihak rumah sakit atau dokter akan memberikan tagihan kesehatan yang dilakukan oleh karyawan perusahaan. 
  4. Perusahaan mengganti biaya yang ditanggung biaya pengobatan karyawannya. Karyawan melakukan pengobatan di klinik, dengan bukti dan kwitansi dari klinik serta dokumen pendukung lainnya diserahkan ke perusahaan. Perusahaan akan mengganti biaya dengan uang secara langsung maupun bersama dengan slip gaji. 
  5. Perusahaan memberikan premi pada BPJS dengan cara mendaftarkan karyawannya ke BPJS. Setiap bulan perusahaan akan membayarkan premi yang disesuaikan dengan gaji karyawan. Karyawan yang sakit akan ditanggung oleh BPJS. 

Perhitungan Reimbursement dari BPJS

Jika mengambil dari ketentuan reimbursement yang kelima yaitu perusahaan akan membayarkan premi kepada layanan kesehatan. Aturan ini yang paling sering digunakan oleh perusahaan karena bersifat wajib dan akan dikenakan sanksi jika tidak mendaftarkan karyawannya. 

Iuran BPJS kesehatan karyawan akan dibayarkan sebesar 5% dari besaran gaji yang diterima. Umumnya iuran ini berlaku untuk karyawan dengan gaji sesuai UMR. Perusahaan akan menanggung 4% dan untuk karyawan sebesar 1% dari gaji. 

Batas paling rendah gaji sesuai perhitungan UMR sedangkan batas tertinggi sebesar 12 juta. Iuran ini mencakup 5 orang yaitu karyawan, istri dan anak. Jika ada penambahan orang, akan ada penambahan iuran sebesar 1%. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sesuaikan gaji karyawan dengan UMR karena UMR ditetapkan berdasarkan standar nilai kebutuhan pokok. Karyawan yang menerima gaji lebih dari UMR akan mendapatkan kenaikan gaji sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok. Setelah perhitungan gaji selesai, maka dilakukan pemotongan gaji untuk iuran BPJS pada masing-masing karyawan.

Sebagai contoh iuran BPJS yang harus dibayarkan oleh karyawan dengan gaji UMR Jakarta. Iuran yang harus dibayarkan perusahaan yaitu sebesar Rp4.000.000 dikalikan dengan 4% sebesar Rp160.000. Sedangkan yang harus dibayarkan karyawan 1% kali Rp4.000.000 sebesar 40.000. Sehingga total keseluruhan yang harus dibayarkan sebesar 200.000. Gaji yang akan diterima karyawan sebesar Rp3.960.000 karena dipotong  dengan iuran BPJS. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jenis Penyakit yang Berhak Mendapat Reimbursement Kesehatan Karyawan

Tak semua klaim akan diterima oleh perusahaan karena perusahaan memiliki kebijakan tersendiri. Karyawan yang sakit akan ditanggung oleh perusahaan jika memenuhi syarat. Salah satunya penyakit yang diderita adalah penyakit yang termasuk dalam tanggungan asuransi. 

  1. Pelayanan preventif pada penyakit seperti imunisasi, KB, screening terhadap riwayat kesehatan.
  2. Melakukan pemeriksaan, serta pengobatan dan konsultasi medis suatu penyakit.
  3. Tindakan medis yang tidak membutuhkan dokter spesialis.
  4. Rawat inap  kategori tingkat pertama.
  5. Bukan penyakit kronis akut
  6. Bukan penyakit bawaan lahir
  7. Bukan penyakit yang diakibatkan oleh sesuatu yang disengaja seperti patah tulang balap, pertandingan
  8. Bukan penyakit yang ditujukan untuk memperindah tubuh. 
  9. Bukan penyakit mental seperti gangguan jiwa.
  10. Gigi yang patah akibat kecelakaan .

Kelebihan dan Kekurangan Reimbursement Kesehatan Karyawan

Kelebihan yang didapatkan yaitu memiliki link layanan kesehatan lebih banyak sehingga dapat memilih instansi untuk pengobatan. Premi yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis cashless dan santunan asuransi. Sedangkan kelemahan dari reimbursement yaitu harus menyiapkan uang pribadi di awal pengobatan. 

Sistem ini tidak dapat diandalkan saat keadaan darurat dan saat tidak membawa uang.  Terlebih jika biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak. Setelah uang muka dibayar, penggantian dana (reimbursement) juga melalui tahap yang rumit. Banyak formulir dan berkas yang harus dipersiapkan dan dilengkapi agar proses reimbursement kesehatan karyawan diterima perusahaan. 

Investasi di aset paling berharga perusahaan, lindungi karyawan Anda. Gunakan Lifepack, layanan  apotek digital untuk manfaat kesehatan karyawan. Dapat dirancang sesuai kebutuhan perusahaan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis asuransi karyawan

8 Jenis Asuransi Karyawan

Kesehatan Kerja   21/02/2022

Cara Menghitung Tetesan Infus untuk Pasien

Dokter   27/01/2022

Cara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Hidup Sehat   10/01/2022
tunjangan pengobatan

Mengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Kesehatan Kerja   13/07/2021
motivasi-mendaftar-kerja

14 Faktor Pendorong Motivasi Mendaftar Kerja

Kesehatan Kerja   25/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman