fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf BBayi Belekan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Belekan Pada Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya akan mengalami belekan. Belekan pada umumnya terjadi karena saluran air mata bayi tersumbat. Anda tidak perlu panik karena belekan bisa diatasi di rumah. Simak cara mengatasi belekan pada bayi serta informasi lain seputar belekan pada bayi. 

belekan pada bayi

Apakah belekan pada bayi normal?

Penyebab umum belekan adalah saluran air mata yang tersumbat. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal juga sebagai dacryostenosis atau obstruksi duktus nasolakrimalis.

Air mata diproduksi di kelenjar lakrimal yang terletak tepat di atas mata. Cairan bermanfaat untuk membantu membersihkan dan melumasi permukaan mata. Tetapi ketika saluran air mata, atau saluran nasolakrimalis, tersumbat, cairan air mata akan menumpuk di sudut dan menggumpal menjadi cairan lengket.

Menurut penelitian, hampir 20 persen bayi baru lahir memiliki saluran air mata yang tersumbat. Kondisi ini terjadi karena ujung saluran air mata tidak terbuka dengan baik saat bayi lahir. Selain itu, air mata yang dikeluarkan saat tidur juga dapat menumpuk secara normal di sudut mata. Bayi dapat mengalami belekan di satu sudut atau bahkan kedua sudut mata. 

Jika bayi mengeluarkan gejala lain seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri, belekan dapat menjadi tanda infeksi atau masalah mata lainnya. Segera periksakan bayi ke dokter jika Anda melihat gejala-gejala lain.

Penyebab bayi belekan

Walaupun belekan pada bayi normal, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan belekan sebagai berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konjungtivitis

Belekan dapat menjadi gejala umum dari infeksi mata seperti konjungtivitis bakteri yang menular. Kondisi ini terjadi ketika bakteri berbahaya masuk ke mata dan menyebabkan belekan berwarna kuning bahkan hijau yang akan membuat mata sulit untuk dibuka dan ditutup. Penyakit ini terkadang memerlukan obat antibiotik untuk bisa sembuh.

Konjungtivitis virus (pink eye)

Konjungtivitis virus akan menyebabkan belekan dan mata yang warnanya menjadi merah muda. Bayi dengan infeksi ini harus segera diberikan penanganan dokter.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Alergi

Bayi yang masih sensitif dapat mengalami reaksi alergi dari berbagai macam faktor lingkungan seperti asap, serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, dan sebagainya. Alergi yang tidak diatasi dapat menyebabkan radang konjungtiva dengan belek atau cairan yang cukup parah.

Bintitan

Bintitan adalah benjolan seperti jerawat yang terjadi ketika folikel bulu mata atau kelenjar minyak kelopak mata terinfeksi. Biasanya, bayi akan mengalami kemerahan dan pembengkakan di mata selain adanya belekan.

Cedera mata/benda di mata

Mata bayi dapat terluka atau kemasukan benda asing dari mainan atau lingkungan disekitarnya. Sebagai bentuk perlindungan, mata akan memproduksi cairan air lebih banyak dan akan menumpuk hingga menjadi belek. Cedera mata harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin untuk perawatan yang tepat, khususnya jika ada cairan lain yang keluar dari mata seperti darah.

Tips mengatasi belekan pada bayi

1. Kompres dengan kain hangat

Supaya belekan tidak semakin menumpuk dan menutupi pandangan bayi, orang tua harus selalu menjaga kebersihan mata. Anda bisa mengompres mata bayi dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kompres air hangat dapat digunakan untuk mengatasi belekan akibat bakteri atau virus, sedangkan kompres air dingin dapat mengatasi belekan akibat alergi atau iritasi. Kompres mata bayi setelah bangun tidur menggunakan kain yang berbeda untuk mengompres setiap mata.

2. Bersihkan dengan cotton bud dan kapas

Selain dengan kain hangat, Anda bisa membersihkan belekan dengan hanya membersihkan sudut-sudut mata. Bersihkan belek dari bagian dalam kelopak mata mengarah ke ujung luar dengan cotton bud. Gunakan satu sisi cotton bud hanya untuk satu sudut mata, jangan gunakan satu sisi untuk kedua mata sekaligus karena justru dapat memaparkan kotoran.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Keringkan mata bayi menggunakan kapas yang berbeda. Usapkan kapas seperti penggunaan cotton bud, yakni dari sudut dalam ke luar.

3. Oleskan Salep Mata

Segera hubungi dokter jika belekan pada bayi tidak kunjung menghilang atau disertai dengan gejala-gejala lain. Dokter mungkin akan meresepkan salep mata antibiotik yang sesuai dengan kondisi bayi.

Obat salep mata dapat dioleskan dengan cara menarik kelopak bawah, lalu masukkan salep dari sisi dalam ke sisi luar sebanyak empat kali dalam sehari. Tetapi, Anda juga bisa mengoleskannya pada pinggir kelopak mata jika bayi terlalu rewel atau banyak bergerak.

Gunakan Amoxsan DS 60ML 125MG/5ML – Antibiotik pada Bayi (Rp26.250). Antibiotik yang memiliki kandungan amoxicillin. Kandungan amoxicillin ini bermanfaat untuk menangani infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel bakteri yang menginfeksi. Pembelian dan penggunaan harus sesuai dengan resep dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi seputar masalah bayi dan balita dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dan kemudahan tebus resep obat bersama Apotek Online Lifepack. Konsultasi melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

apa itu bulimia

Bulimia: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

ciri-ciri penyakit bronkitis

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis Sebelum Terlambat

obat batuk pilek anak

5 Obat Batuk Pilek Anak Dengan Resep Dokter

Ibu dan Anak   24/02/2022
penyebab batuk di malam hari

Waspadai! 7 Penyebab Batuk di Malam Hari Tak Kunjung Sembuh

penyebab batuk kering

7 Kemungkinan Penyebab Batuk Kering Pada Anak

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman