fbpx
BerandaHidup SehatKenali Penyakit Pneumonia dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Kenali Penyakit Pneumonia dan Cara Mencegahnya

Pneumonia adalah penyakit pernapasan berupa infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri pneumonia. Mekanisme masuknya bakteri pneumonia ke paru-paru melalui sistem pernapasan atau darah. Bakteri ini biasanya bersifat ringan, namun bisa juga berakibat fatal pada beberapa kasus. 

Seseorang yang mengalami penyakit pneumonia, tubuhnya akan kehilangan oksigen yang seharusnya disuplai ke dalam darah, sehingga mengakibatkan sel-sel organ tubuh lain tidak berfungsi. Tingkat keparahan penyakit ini berbeda, tergantung dari seberapa banyak dan kuatnya bakteri yang masuk, seberapa cepat Anda didiagnosa dan diobati, usia Anda, kondisi kesehatan secara menyeluruh, dan ada tidaknya riwayat penyakit lain atau komplikasi.

Perlu diperhatikan bahwa penyakit pneumonia bisa menyerang siapa saja, terutama orang-orang yang tinggal di area yang terkontaminasi atau terdapat gangguan sistem imun. Risiko tersebut biasanya lebih besar untuk terkena pneumonia. Meski demikian, Anda bisa mengurangi faktor risiko terkena pneumonia dengan selalu berkonsultasi kepada dokter.

Gejala Penyakit Pneumonia

Nah, apa saja sih gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit pneumonia? Umumnya, gejala umum yang ditunjukkan oleh bakteri pneumonia adalah nyeri dada, menggigil, kebingungan, batuk, demam, sakit kepala, hingga nyeri otot. Tidak hanya itu saja, pada beberapa kasus tertentu, muncul gejala lain berupa nyeri saat bernapas, dahak kuning atau hijau, kesulitan bernapas, keringat, dan letih. Pada penderita pneumonia yang parah, akan mengalami kesulitan bernapas, tekanan darah rendah, suhu tubuh lebih dari 39 derajat Celcius, atau kebingungan. Apabila Anda mengalami kekhawatiran terhadap gejala seperti yang disebutkan di atas, segera konsultasikan kepada dokter ya!

Waspada, Pneumona Bisa Menular!

Ya, penyakit pneumonia ini bisa menular keorang lain, terutama yang memiliki gaya hidup tidak sehat, misalnya merokok dan mengonsumsi minuman alkohol. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah Anda menderita pneumonia atau tidak bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pertama, tes darah untuk mencari tahu tanda-tanda adanya infeksi bakteri. Kedua, CT scan untuk menemukan adanya infeksi bakteri pneumonia dan seberapa jauh penyebarannya. Ketiga, oksimetri nadi untuk mengukur tingkat oksigen dalam darah. Keempat, tes cairan untuk memeriksa adanya cairan atau dahak pada paru-paru. Hal ini penting dilakukan untuk menemukan adanya virus, bakteri, atau jamur penyebab pneumonia.

Upaya Pencegahan Penyakit Pneumonia

Vaksinasi

Untuk terhindar dari penyakit pneumonia, langkah utama yang harus diambil adalah menjalani vaksinasi. Perlu diperhatikan bahwa jenis vaksin harus disesuaikan dengan usia si pasien.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Menjaga Imunitas

Langkah pencegahan lain adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, konsumsi suplemen dan vitamin serta rutin berolahraga. Apabila pola hidup sehat diterapkan, maka akan menjaga sistem imunitas tubuh.

Jaga Kebersihan

Tidak cukup hanya dengan menerapkan pola hidup sehat, seseorang juga harus menjaga kebersihan, baik diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dimulai dengan rajin cuci tangan, maka tubuh akan terhindar dari penyebaran virus atau bakteri penyebab pneumonia.

Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol

Secara umum, orang yang sering merokok akan sering terinfeksi oleh bakteri, virus, dan jamur penyebab pneumonia. Jika tidak ingin mengalaminya, mulailah untuk berhenti merokok dari sekarang. Selanjutnya, kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga menurunkan daya tahan paru-paru. Hal ini akan membuatnya mudah terserang penyakit pneumonia, bahkan komplikasinya.

Pengobatan Pneumonia

Sebelumnya, telah disinggung bahwa pengobatan pneumonia berdasarkan pada tingkat keparahannya. Nah, bagi penderita pneumonia ringan akan diberikan obat berupa pereda nyeri, batuk, dan antibiotik. Obat pereda nyeri ini diberikan untuk meredakan demam dan rasa tidak nyaman, misalnya ibuprofen atau paracetamol seperti Paracetamol Nova 120 mg/ 5 mL – 60 mL (Rp 25.700). Sementara obat batuk untuk meredakan batuk sehingga penderita dapat beristirahat. Meski demikian, dosis obat batuk sebaiknya rendah. Selanjutnya, antibiotik seperti Zithromax Kaplet – 250 mg (Rp 354.200) biasanya untuk mengatasi pneumonia akibat bakteri. Sebagian besar pasien, akan memberikan respon yang baik terhadap antibiotik dalam waktu 1-3 hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tidak hanya sekedar pemberian obat, pasien pneumonia diharapkan banyak beristirahat, mengonsumsi banyak cairan, dan tidak beraktivitas secara berlebihan supaya mempercepat proses penyembuhan. Bagi penderita pneumonia usia di atas 65 tahun, sebaiknya dirawat di rumah sakit. Selain itu, perawatan di rumah sakit disarankan untuk penderita yang berusia kurang dari 2 bulan, sesak napas, memiliki kadar oksigen darah rendah, dehidrasi, dan sering tidur atau lemas. Sedangkan, bagi penderita pneumonia sangat parah, sebaiknya ditempatkan dalam ruangan perawatan intensif dan dipasang alat bantu pernapasan atau ventilator.Salah satu obat yang dapat

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman