Gagal jantung adalah penyakit yang layak untuk ditakuti. Pasalnya gangguan tubuh inilah yang berpotensi merusak seluruh organ lainnya termasuk bisa membuat penderitanya meninggal dunia. Karena itu obat gagal jantung Ivabradine perlu dikenalkan kepada publik. 

Informasi Obat

Ivabradine adalah obat generik yang dianggap bisa mengobati gagal jantung. Selain itu obat ini juga bisa menyembuhkan gejala-gejala angina yang kronis. Sebuah produk yang sejatinya sangat bermanfaat untuk manusia. 

Cara kerja Ivabradine ialah melakukan stimulus-stimulus atau rangsangan tertentu terhadap pergerakan listrik jantung. Sehingga dengannya denyut jantung berjalan lebih normal bahkan terkesan sedikit lebih lambat. 

Sebagian besar obat diberikan untuk dewasa yang mengalami interaksi negatif dengan obat jenis beta blocker. Namun ada kemungkinan obat juga diberikan kepada anak-anak terutama yang mengalami gagal jantung akibat kardiomiopati atau pelebaran organ jantung. 

Dosis Obat

Untuk dosis obat Ivabradine disesuaikan dengan kondisi penyakit yang diderita oleh pasien. Itupun dosis hanya berlaku untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak alangkah baiknya harus konsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat. 

Untuk penjelasan lengkapnya tentang dosis Ivabradine silakan baca list di bawah ini. Namun uraian bukan sebagai pengganti resep dokter karena semuanya harus tetap sepengetahuan para ahli tersebut. Ini dia uraian selengkapnya:

Dosis Untuk Arteri Koroner

Dosis untuk pasien Arteri Koroner adalah untuk awal 5 mg saja dan diminum 2 kali dalam satu hari. Sedangkan jika butuh dosis lebih tinggi silakan tambah menjadi 7,5 mg dengan durasi minum tetap 2 kali sehari. Dosis ini hanya untuk pemakaian 3-4 minggu saja. 

Jika pasien mengalami pusing maka dosis bisa dikurangi menjadi 2,5 mg sehari. Maka dari itu ketika sudah mengkonsumsi obat pastikan berkonsultasi medis supaya bisa dicek perkembangan selanjutnya termasuk dilakukan pengukuran denyut jantung.

Dosis Untuk Gagal Jantung

Untuk pasien gagal jantung dosis Ivabradine lain lagi. Umumnya obat diberikan dua kali sehari dengan ukuran 5 mg selama dua minggu. Setelah itu dosis disesuaikan dengan durasi jantung istirahat per-detik. 

Untuk kasus gagal jantung dosis yang diberikan tidak boleh lebih dari 7,5 mg. Pemberian obatnya adalah dua kali sehari atau ukuran dosis di atas masih dibagi lagi menjadi dua. Pemakaian tidak boleh lebih atau kurang dari ukuran tersebut. 

Karena dosis terkait dengan kondisi tubuh pasien maka seharusnya sebelum minum obat Ivabradine pasien harus melewati diagnosis terlebih dahulu. Apalagi obat memang masuk kategori keras dan sangat reaktif. 

Kontra Indikasi Obat

Ivabradine adalah obat yang memiliki kontraindikasi pemakaian. Utamanya untuk ibu hamil dan menyusui karena termasuk ke dalam golongan yang beresiko terpapar kontra indikasi buruk dari obat. 

Selain itu orang dengan riwayat penyakit kronis tertentu juga dilarang mengkonsumsi Ivabradine tanpa seizin dokter. Penyakit yang dimaksud di antaranya adalah stroke, gagal ginjal, aritmia, gangguan liver, cacat serius di dalam impuls listrik dan angina berat. 

Pasien penyakit di atas diharapkan untuk tidak mengkonsumsi Ivabradine. Karena dikhawatirkan penyakit semakin menguat yang membuat peluang kesembuhan menjadi semakin kecil. 

Interaksi dengan Obat Lain

Sejatinya obat Ivabradine bisa diminum dengan obat lain seperti Ranolazine, Furosemide, Methadone dan Tolterodine. Karena obat generik semacam ini bisa menambah kadar Ivabradine di dalam darah pasien. 

Akan tetapi ada beberapa obat yang memang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat Ivabradine. Karena ada interaksi buruk di antara obat-obat tersebut yang justru membuat kinerja salah satu obat menjadi gagal. Ini dia obat-obat yang dimaksud:

  • Antibiotik macrolide
  • Clarithromycin
  • Erythromycin
  • Telithromycin
  • Nefazodone
  • Nelfinavir
  • Ritonavir
  • Diltiazem
  • Verapamil

Kelompok Orang yang Berisiko

Berhati-hatilah ketika minum Ivabradine terutama bagi kelompok orang yang berisiko. Sebagiannya sudah dijelaskan di atas di dalam poin kontra indikasi obat. Alasan sederhananya adalah karena kelompok ini memiliki kecenderungan pada penyakit tertentu. 

Jika kelompok orang yang beresiko ini masih mengkonsumsi Ivabradine dikhawatirkan reaksi obat akan berlebihan. Bukan tidak mungkin pula akan terjadi interaksi obat yang tidak baik sehingga memicu lahirnya gangguan penyakit yang baru. 

Di bawah ini akan di-list kelompok orang beresiko yang terlarang meminum Ivabradine. Harapan dari uraian adalah supaya ada kewaspadaan yang muncul sehingga sebisa mungkin pasien melakukan konsultasi sebelum meminumnya. Ini dia list yang dimaksud:

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Pasien stroke 
  • Punya riwayat serangan jantung
  • Alergi terhadap obat Ivabradine
  • Anak-Anak dengan pelebaran jantung
  • Penderita gagal ginjal dan gangguan liver

Efek Samping Obat

Tidak ada satupun obat yang tidak memiliki efek samping. Begitu juga dengan obat Ivabradine sekalipun dianggap sebagai obat gagal jantung generik yang relatif aman bagi penderita. 

Efek samping Ivabradine adalah mual, pusing, mengantuk, selera makan menurun, tubuh mudah lelah dan ruam pada kulit. Ini umumnya efek samping yang ringan karena jika obat sudah habis gejala akan hilang dengan sendirinya. 

Sedangkan jika mengalami efek samping pingsan, asam urat dalam darah meningkat, pandangan ganda, denyut napas semakin cepat maka pasien harus dilarikan ke rumah sakit. Dikhawatirkan termasuk ke dalam golongan pasien terlarang meminum Ivabradine.

Cara Penggunaan Obat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari obat Ivabradine pastikan cara pakainya harus tepat. Umumnya  tutorial ini ada di balik kemasan produk atau tertulis di resep jika pemakaian atas instruksi dokter. 

Ivabradine harus dikonsumsi dengan rutin dan pastikan waktunya harus selalu sama setiap hari. Pastikan pula obat diminum dua kali sehari pada waktu sarapan dan yang kedua ketika selesai makan malam. 

Obat Ivabradine langsung diminum bersama segelas air putih. Jangan menggunakan air dingin atau air panas karena itu justru menghilangkan fungsi dari obat Ivabradine dengan cepat. 

Itulah penjelasan tentang obat Ivabradine. Sebuah review terkait dengan obat anti gagal ginjal generik yang terkadang juga menjadi rujukan para dokter spesialis. Semoga dengan uraian ini pengetahuan tentang penyakit dan obat gagal jantung semakin bertambah.

Baca juga: 5 Gejala Serangan Jantung Yang Harus Anda Waspadai

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?