fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Penyakit tumor adalah penyakit berbahaya yang harus segera diatasi secepatnya. Karena jika sudah kadung parah penyembuhannya menjadi sangat sulit dan mahal. Oleh sebab itu silahkan minum Hydroxycarbamide yang dianggap obat tumor terbaik. 

Informasi Obat

Hydroxycarbamide adalah obat anti tumor terutama yang transisi menuju kanker. Sekalipun demikian untuk tumor kategori jinak obat ini juga bisa digunakan. Sebab indikasi-nya memang untuk mengatasi penyakit semacam itu. 

Cara kerja obat ini adalah dengan memutus DNA sel supaya tidak tumbuh berkembang secara abnormal. Efeknya ialah sel kanker tidak terbentuk malah mati sebelum menyebar ke seluruh organ yang lain. 

Hydroxycarbamide merupakan obat generik dengan sifat keras. Diharapkan sebelum pasien meminumnya harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Supaya bisa diketahui dosis konsumsi yang lebih tepat. 

Dosis Obat

Umumnya dosis obat untuk pasien yang satu dengan pasien yang lain berbeda. Ini yang menjadi alasan mengapa sebelum minum obat Hydroxycarbamide dan obat semacamnya harus seizin dokter terlebih dahulu. 

Dosis Hydroxycarbamide untuk pasien leukemia adalah 40 mg/kg perhari sebagai dosis awal. Itu pun masih tergantung nilai leukosit (sel darah putih) sebelum dosis dipatenkan. Ukurannya ialah untuk <20×109/L, dosisnya adalah 20 mg/kg perhari.

Sedangkan dosis untuk pasien Essential thrombocythemia kadarnya jauh lebih kecil dibandingkan pasien leukemia. Umumnya yang digunakan adalah 15 mg/kg dalam per-hari. 

Kalau untuk pasien Polycythemia vera dosisnya adalah 15-20 mg/kg perhari. Jika dilihat dari dosis yang telah disampaikan memang terlihat perbedaan dosis antar penyakit. Oleh sebab itu pastikan obat ini tidak sembarangan dikonsumsi. 

Jika diminum sesuai dosis tentu peluang kanker dan tumor menyebar sangat kecil. Apalagi jika stadium-nya masih ringan serta masih berupa gejala saja. Maka dari itu, persiapkan Hydroxycarbamide di laci obat Anda. 

Kontraindikasi Obat

Obat Hydroxycarbamide memiliki kontra indikasi tertentu. Artinya tidak semua orang bisa meminum obat ini kecuali bersiap untuk mengalami hal yang tidak diinginkan. Kontra indikasi itu sendiri adalah sebentuk perlawanan dari manfaat obat (indikasi).

Kontra indikasi Hydroxycarbamide terkait dengan gejala penyakit yang berat. Salah satunya adalah depresi sumsum tulang yang kronis. Jika Anda memiliki riwayat ini seharusnya berhati-hati ketika meminum Hydroxycarbamide.

Selain itu Hydroxycarbamide bisa memberikan efek alergi jika diminum oleh pasien dengan riwayat alergi kategori hipersensitif. Karena pastinya akan muncul beberapa gejala yang membuat tubuh tidak nyaman. 

Berikut ini beberapa kontra indikasi obat Hydroxycarbamide yang lebih lengkap. Silahkan disimak siapa tahu ada list riwayat yang dimiliki sehingga ketika meminum obat harus ekstra hati-hati. Berikut list yang dimaksud:

  • Hipersensitivitas atau alergi hydroxyurea
  • Depresi sumsum tulang yang berat
  • Leukopenia atau nilai sel darah putih yang rendah
  • Trombositopenia atau nilai trombosit yang rendah
  • Anemia berat
  • Defisiensi Lapp-lactase
  • Mal absorbsi glukosa-galaktosa
  • Hamil dan menyusui

Interaksi dengan Obat Lain

Hydroxycarbamide adalah obat yang tidak boleh asal konsumsi. Apalagi jika sudah ada produk obat lain yang diminum sebelumnya. Sebab obat antitumor ini ternyata memiliki interaksi negatif jika dicampur dengan obat lain. 

Umumnya Hydroxycarbamide memang tidak cocok jika dikonsumsi dengan obat lain. Kecuali memang sudah seizin dan pengawasan dokter. Karena lumrahnya sudah ada batasan dosis yang dianjurkan sehingga obat ini layak dicampurkan. 

Obat yang tidak layak dicampur dengan Hydroxycarbamide ada tiga yaitu cytarabine, fluoropyrimidines dan obat jenis antineoplastik. Obat ini yang bisa menimbulkan kontra indikasi buruk jika diminum dengan Hydroxycarbamide secara bersamaan. 

Kelompok Orang Yang Berisiko

Hydroxycarbamide tidak boleh dikonsumsi oleh sembarang orang. Sebab ada beberapa kelompok yang sejatinya justru sangat berbahaya jika meminum obat anti tumor berdosis tinggi ini. 

Yang nyata terlarang meminum Hydroxycarbamide adalah ibu hamil dan menyusui. Dikhawatirkan akan terjadi gangguan metabolisme pada janin maupun pada ASI. Jika sedang dalam kondisi ini lebih baik konsultasi dulu sebelum meminumnya. 

Selain itu orang yang hipersensitif atau memiliki riwayat alergi juga tidak dianjurkan untuk minum Hydroxycarbamide. Pasalnya bisa membuat tubuh tidak nyaman serta bisa menimbulkan gangguan hormon yang lebih parah. 

Orang yang mengalami gangguan ginjal dan hati juga harus waspada dengan Hydroxycarbamide. Dikarenakan obat ini bisa memicu gejala yang lebih kronis. Tak hanya itu karenanya penyakit juga bisa semakin memburuk. 

Efek Samping Obat

Sama dengan obat yang lainnya Hydroxycarbamide juga memiliki efek samping yang patut dikhawatirkan. Umumnya untuk efek yang normal seperti mual, ruam, muntah dan mengantuk bisa hilang dengan cepat seiring habisnya obat. 

Namun jika gejala tidak kunjung sembuh hingga berbulan-bulan, alangkah baiknya hentikan obat Hydroxycarbamide. Segera datangi pihak medis agar mendapatkan perawatan yang lebih tepat dan menyeluruh. 

Cara Konsumsi Obat

Untuk konsumsi obat dibagi menjadi tiga kali sehari dengan dosis yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan ketika mengkonsumsinya perut sedang dalam keadaan lapar atau diminum sebelum makan. 

Untuk lebih jelasnya terkait dengan cara minum obat, Anda bisa membacanya di label kemasan. Itu sudah menjadi kesepakatan para medis yang didasarkan pada riset laboratorium mendalam. 

Itulah review singkat terkait dengan obat anti tumor Hydroxycarbamide. Obat generik untuk gejala ringan yang saat ini sudah mulai direkomendasikan oleh para dokter umum maupun para spesialis. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis