Gangguan peradangan atau inflamasi merupakan gangguan tubuh yang menjengkelkan. Apalagi ada rasa nyeri kronis yang ditimbulkan sehingga membuat hidup tidak nyaman. Untunglah Hydrocortisone bisa dijadikan solusi yang baik. 

Informasi Obat

Hydrocortisone adalah obat jenis kortikosteroid yang bekerja sebagai anti inflamasi. Oleh karenanya obat generik jenis cream ini bisa mengatasi peradangan, alergi, masalah kelainan kulit hingga masalah gangguan pernapasan. 

Umumnya Hydrocortisone digunakan oleh orang sehat atau tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Jika stamina lemah tidak dianjurkan menggunakan obat serta harus dipastikan ketika menggunakannya juga tidak berinteraksi dengan orang sakit.

hydrocortisone
Hydrocortisone adalah obat anti inflamasi. Obat ini bisa mengatasi peradangan, alergi, kelainan kulit hingga masalah gangguan pernapasan.

Pada dasarnya segala macam jenis radang bisa disembuhkan dengan Hydrocortisone. Terutama inflamasi yang disebabkan oleh eksim dan stadium penyakit masih ringan dan tidak membahayakan. 

Untuk jenis obat Hydrocortisone ada dua varian. Yaitu varian Hydrocortisone untuk oral dan topical. Sedangkan yang paling populer adalah yang topikal atau obat luar yang umumnya berbentuk cream. 

Dosis Obat Hydrocortisone

Obat Hydrocortisone bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Namun tentunya dosis untuk kedua pengguna tersebut tidak sama. Yang pasti dosis anak lebih rendah dibandingkan yang orang dewasa. 

Untuk orang dewasa khusus yang cream adalah 0,1-2,5% yang dioleskan pada kulit yang meradang. Sedangkan untuk obat oral biasanya dosis yang digunakan ialah 20 – 240 mg per hari tergantung pada berat dan ringannya penyakit. 

Dosis untuk anak-anak terkhusus untuk obat Hydrocortisone topical adalah tidak dianjurkan. Tetapi untuk yang dosis obat oral ada dan bisa digunakan yaitu mulai dari 2,5 mg/kgBB per hari dibagi 3 sampai 4 dosis. dosis dapat ditingkatkan sesuai kondisi. 

Dosis-dosis itulah yang sesuai dengan kondisi tubuh orang dewasa maupun anak-anak. Atas dasar hal tersebut pastikan menggunakan Hydrocortisone secara tepat dalam artian sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 

Kontraindikasi Obat

Selain itu Hydrocortison dianggap adalah obat yang bisa melemahkan imun. Ini alasan mengapa orang yang sedang berstamina lemah tidak dianjurkan menggunakan obat terutama yang jenis oral. 

Bahkan ketika menggunakan Hydrocortison jangan berdekatan dengan orang yang sedang sakit. Pasalnya dikhawatirkan penyakit tersebut menular akibat imunitas tubuh yang lemah. 

Sekalipun kontra indikasi Hydrocortison tidak terlalu jelas. Obat ini dikontraindikasikan (untuk oral/iv) pada infeksi serius yg belum tertangani (kecuali meningitis tbc atau septic shock). Pada infeksi fungal/jamur sistemik vaksin hidup/vaksin yg dilemahkan (untuk pasien yg menerima dosis imunosupressive kortikosteroid tidak boleh diberi vaksin hidup). Tetap pasien harus berhati-hati ketika menggunakannya. Sebab obat topikal ini tergolong keras dan memiliki efek samping tertentu. 

Interaksi Hydrocortisone dengan Obat Lain

Obat Hydrocortison bisa dibilang topical yang harus digunakan secara mandiri. Artinya tidak boleh dicampur dengan produk lain yang justru bisa memicu  munculnya interaksi obat yang berbahaya. 

Berikut ini list obat yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan Hydrocortison. Alasannya karena bisa menimbulkan masalah di antaranya adalah meningkatkan risiko perdarahan dan risiko ulkus peptis. Ini list daftarnya:

  1. Vaksin hidup (live attenuated vaksin)
  2. Thiazide
  3. Obat antiinflamasi nonsteroid
  4. Antimuskarinik 
  5. Salisilat
  6. Carbamazepine
  7. Estrogen 
  8. Obat kontrasepsi oral
  9. Ciclosporin 
  10. Kortikosteroid
  11. dan lain-lain.

Jika sedang menggunakan obat di atas atau di dalam kandungan ada nama-nama di atas, lebih baik jangan memakai Hydrocortison. Jika pun terpaksa ingin menggunakannya lebih baik seizin dan pengawasan dokter. Anda juga perlu memberitahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain untuk menghindari interaksi obat.

Kelompok Orang Berisiko

Tidak ada keterangan jelas terkait dengan kelompok orang yang berisiko terhadap obat Hydrocortison. Bahkan untuk ibu hamil dan menyusui sekalipun riset yang kompleks dan mutakhir juga masih belum ada. 

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki penyakit mata (seperti katarak, glaukoma), masalah jantung (seperti gagal jantung, serangan jantung baru-baru ini), tekanan darah tinggi, penyakit hati, penyakit ginjal, masalah tiroid, diabetes, masalah pada saluran pencernaan,, osteoporosis, sedang atau pernah mengalami infeksi (seperti tuberkulosis, tes tuberkulosis positif, herpes, jamur), masalah perdarahan, pembekuan darah, mental(seperti psikosis, kecemasan, depresi), garam rendah dalam darah (seperti kalium atau kalsium rendah), kejang.

Obat ini bisa menyebabkan pendarahan lambung. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Menggunakan obat kortikosteroid untuk waktu yang lama dapat membuat tubuh Anda lebih sulit merespons stres fisik. Oleh karena itu, sebelum menjalani operasi atau perawatan darurat, atau jika Anda mengalami penyakit / cedera serius, beritahu dokter atau dokter gigi Anda bahwa Anda menggunakan obat ini

Obat ini bisa menutupi tanda-tanda infeksi. Ini dapat membuat Anda lebih mungkin terkena infeksi atau memperburuk infeksi saat ini.

Orang dengan usia lanjut dapat lebih sensitif terhadap efek obat ini, terutama pengeroposan tulang / nyeri, pendarahan lambung / usus, dan perubahan kondisi mental / mood (seperti kebingungan)

Selama kehamilan, hidrokortison harus digunakan hanya jika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda. Bayi yang lahir dari ibu yang telah menggunakan obat ini dalam waktu lama mungkin mengalami masalah hormon.

obat ini masuk ke dalam ASI. Namun, obat ini tidak mungkin membahayakan bayi yang sedang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Namun anjurannya adalah hati-hati dengan obat tersebut. Termasuk juga orang yang mengalami gangguan imunitas, sedang mengkonsumsi alkohol, sedang dalam perawatan atau diagnosis jalan serta orang yang alergi pada obat jenis kortikosteroid.

Sekalipun demikian tetap butuh konsultasi medis dengan pihak yang berwenang sebelum menggunakan produk. Dikhawatirkan ada sesuatu di dalam tubuh yang bisa memicu interaksi buruk antar keduanya. 

Efek Samping Obat

Yang namanya obat apalagi jenis topical pasti ada efek samping yang menyertainya. Akan tetapi ini hanya reaksi biasa yang akan sembuh dengan sendirinya beberapa hari kemudian. 

Yang perlu diwaspadai ialah jika efek samping muncul terus menerus. Bahkan durasinya mencapai satu bulan sekalipun saat itu obat sudah tidak digunakan. Bisa jadi itu adalah efek samping karena ada penyakit tertentu yang berjalan. 

Obat Hydrocortisone juga memiliki efek samping yang serupa. Di bawah ada list efek samping tersebut yang bisa dijadikan dasar kewaspadaan. Berikut list-nya:

  1. Gangguan penglihatan
  2. Pembengkakan dan peningkatan berat badan
  3. Gangguan pernapasan
  4. Depresi dan gangguan perilaku yang diikuti step kronis
  5. Muntah darah atau feses disertai darah
  6. Pankreatitis
  7. Hipokalemia
  8. Tekanan darah tinggi

Cara Konsumsi Obat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Hydrocortisone dalam artian radang menjadi sembuh, pastikan obat dipakai dengan cara yang tepat. Langkah penggunaan obat yang memang sesuai dengan aturan pakai yang dianjurkan. 

Tata cara pakai obat Hydrocortisone topikal yang tepat adalah sebagai berikut. Silakan gunakan dengan tidak keluar dari cara-cara ini:

  1. Gunakanlah hydrocortisone atas seizin dokter 
  2. Oleskan obat secukupnya dan merata
  3. Jangan menutupi radang yang  diolesi hydrocortisone topikal 
  4. Hindari menggunakan hydrocortisone melebihi jangka waktu yang dianjurkan
  5. Hindari menghentikan penggunaan hydrocortisone secara tiba-tiba 

Demikian review singkat terkait dengan obat anti inflamasi Hydrocortisone. Obat jenis topikal untuk mengatasi berbagai gangguan peradangan karena eksim dan akibat gigitan serangga pada kulit.

Baca juga: Hydrocortisone: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?