Seiring dengan pola hidup yang serba instan, orang-orang mulai malas untuk bergerak dan cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta tinggi kalori seperti junk food. Pola hidup seperti ini tentu tidak sehat dan berpotensi menyebabkan penyakit serius seperti diabetes. Sayangnya, pola makan seperti ini tidak hanya digemari kalangan dewasa saja namun juga anak-anak sehingga cukup banyak ditemukan anak dengan berat badan berlebih.

Informasi

Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan, angka penderita diabetes di Indonesia selalu naik setiap tahun. Pada tahun 2020 ini diperkirakan jumlah penderitanya mencapai lebih dari 10 juta orang dan kebanyakan merupakan penderita DM tipe 2. Hal ini sungguh sangat disayangkan karena kebanyakan dari penderitanya masih berusia sekitar 20-80 tahun (Baca juga Tanda dan Gejala Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui).

Selama ini para penderita DM tipe 1 harus bergantung pada Insulin glargine untuk mengatur kadar gula dalam darahnya. Insulin glargine adalah insulin long acting yang mulai bekerja kurang lebih 1 jam setelah injeksi dan terus bekerja secara merata selama 24 jam. Jenis insulin ini memerlukan injeksi setiap hari.

insulin glargine
Selama ini para penderita Diabetes Melitus tipe 1 harus bergantung pada Insulin glargine untuk mengatur kadar gula dalam darahnya.

Insulin glargine sendiri merupakan obat keras yang penggunaannya harus diawasi oleh dokter. Di pasaran obat ini dijual dalam bentuk injeksi yang mudah digunakan. Sayangnya, harganya masih terbilang mahal sehingga cukup memberatkan masyarakat. Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 150-300 ribu rupiah per piece.

Karena harganya yang cukup mahal saat ini banyak orang yang menjual berbagai jenis insulin dengan harga yang lebih murah di beberapa e-commerce tanah air. 

Dosis

Penetapan dosis Insulin glargine diberikan berdasarkan usia serta jenis penyakit dari pasien itu sendiri. Berikut dosis yang disarankan.

Orang Dewasa

Bagi pasien dewasa yang menderita DM tipe 1, dosis awal yang disarankan adalah 0,2-0,4 unit/kg, kemudian dilakukan penyesuaian dosis sesuai kebutuhan pasien. Semua terapi pengobatan tersebut dilakukan dengan metode injeksi.

Sedangkan bagi pasien DM tipe 2, dosis awal untuk monoterapi adalah sebanyak 0,2 unit/kg/hari sedangkan dosis perawatan untuk monoterapi bergantung pada kondisi pasien. 

Jumlah obat yang diberikan berbeda-beda tiap harinya jika pasien mengalami obesitas serta resisten terhadap insulin. Pada pasien seperti ini,dokter bisa menambahkan hingga 2,5 unit/kg/hari atau lebih.

Anak-anak

Bagi pasien anak DM tipe 1 yang berumur lebih dari 6 tahun, dosis awal biasanya sekitar sepertiga total kebutuhan insulin secara injeksi subkutan sekali sehari. Sedangkan untuk dosis pemeliharaan  diberikan sesuai kebutuhan individual dan dosis disesuaikan dengan kebutuhan metabolik, pengukuran glukosa darah.

Jumlah obat yang diberikan berbeda-beda tiap harinya jika pasien mengalami obesitas serta resisten terhadap insulin. Pada pasien seperti ini,dokter bisa menambahkan hingga 2,5 unit/kg/hari atau lebih.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Karena Insulin glargine termasuk obat keras maka Anda tidak bisa mengonsumsi obat secara sembarangan. Beberapa obat bisa berinteraksi sehingga bisa menurunkan fungsi Insulin glargine. Oleh karena itu, pastikan Anda konsultasi dengan dokter jika Anda harus meminum obat tertentu. Beritahu dokter Anda tentang penggunaan insulin serta obat-obatan lain yang rutin Anda konsumsi.

Kelompok Orang Berisiko

Orang yang paling beresiko menggunakan Insulin glargine adalah yang memiliki hipersensitifitas pada Insulin glargine. Selain itu wanita hamil dan ibu menyusui juga cukup beresiko jika menggunakan Insulin glargine. 

Walaupun FDA telah mengonfirmasi jika Insulin glargine cukup aman digunakan bagi wanita hamil namun belum ada jaminan keamanan jika menggunakan Insulin glargine selama periode menyususi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi medis yang tepat.

Efek Samping

Kebanyakan pasien yang menggunakan Insulin glargine tidak mengalami efek yang serius. Gejala yang sering muncul biasanya berupa nyeri, gatal-gatal, ruam kemerahan serta bengkak yang muncul setelah penyuntikan. Namun, gejala tersebut akan hilang dalam beberapa hari. Efek samping lainnya yang mungkin timbul biasanya adalah gejala hipoglikemia yang mudah diatasi.

Cara Konsumsi

Penggunaan Insulin glargine dilakukan dengan cara menyuntikkannya ke lapisan kulit yang agak dalam. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol karena bisa mempengaruhi kadar gula darah. Anda juga sangat disarankan untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan diet yang tepat.

Selain penggunaan, penyimpanan Insulin glargine juga harus Anda perhatikan. Selalu siapkan obat ini kemanapun Anda pergi karena Insulin glargine harus disuntikan secara teratur. Anda bisa menyimpannya di kulkas tapi jangan sampai membeku serta jangan pernah penyuntikan Insulin glargine dalam kondisi dingin karena bisa menimbulkan rasa nyeri.

Perhatikan obat sebelum Anda menyuntikannya. Pastikan alat suntik Anda dalam keadaan bersih serta tidak ada zat asing yang masuk kedalam obat. Untuk menghindari kontaminasi, cuci tangan Anda sebelum penyuntikan Insulin glargine.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?