fbpx

Hidrogen Peroksida

Agu 27, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf H | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Hidrogen peroksida atau yang juga bisa disebut sebagai hydrogen peroxide adalah obat antiseptik ringan yang berguna untuk mencegah timbulnya infeksi pada kulit akibat luka potong, luka gores maupun luka bakar yang ringan.

Informasi

Obat yang satu ini juga dapat digunakan ke dalam jenis obat kumur yang berguna untuk membasmi kuman yang seringkali menyebabkan masalah pada gusi dan gigi seperti radang gusi maupun sariawan.

Cara kerja Hidrogen peroksida sendiri adalah dengan mengeluarkan oksigen dan mengeluarkan busa yang nantinya berfungsi untuk membersihkan area kulit yang mengalami luka serta untuk mengangkat sel kulit yang telah mati.

Dosis

Dosis untuk penggunaan obat Hidrogen peroksida bisa berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kondisi maupun usia. Berikut dosis yang umum diberikan untuk obat Hidrogen peroksida.

  1. Mengobati stomatitis akut. Obat bentuk kumur untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menggunakan larutan sebanyak 1.5 % yang dicampurkan ke dalam satu gelar air untuk digunakan sebagai obat kumur.  
  1. Membersihkan telinga. Untuk membersihkan telinga Anda bisa menggunakan larutan sebanyak 6% yang kemudian dicampurkan dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah itu teteskan pada telinga. Jika sudah miringkan posisi kepala.
  1. Membersihkan luka. untuk membersihkan luka, Anda bisa menggunakan larutan sebanyak 6 % atau Anda juga bisa menggunakan obat ini dalam bentuk saler dengan dosis 1 hingga 1.5 %.

Untuk dosis obat bagi anak-anak, belum ada ketentuan pasti mengenai dosis obat tersebut. penggunaan obat ini bisa saja membahayakan bagi anak. Oleh sebab itu penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis penggunaan obat yang tepat. Obat ini tersedia dalam bentuk gel berukuran 90 mg.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Interaksi dengan obat lain bisa terjadi jika Hidrogen peroksida digunakan dengan obat lain dalam waktu yang bersamaan. Oleh sebab itu pastikan untuk memberi tahu dokter mengenai semua jenis obat yang sedang Anda konsumsi termasuk obat herbal, suplemen maupun obat tanpa resep lainnya.

Pastikan untuk berhati-hati ketika mengkonsumsi Hidrogen peroksida . Hidrogen peroksida  sendiri memang dapat berpotensi untuk menimbulkan efek korosif jika sampai terkena area mata, gejalanya adalah mata kemerahan, luka pada kornea, serta penglihatan yang menurun.

Apabila H2O2 ini mengenai area mata, maka pastikan untuk segera membilas mata Anda dengan menggunakan air dan segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Obat ini juga tidak boleh sampai tertelan, karena akan menimbulkan beberapa gejala seperti:

  • Sakit pada tenggorokan
  • Sakit perut
  • Mual
  • Muntah
  • Pendarahan yang terjadi dalam tubuh

Jika Anda tidak sengaja menelan hidrogen peroksida tidak, minum air yang banyak dan segera periksakan diri ke dokter.

Kelompok Orang Berisiko

Kondisi medis tertentu juga dapat memicu kontraindikasi sehingga dapat mempengaruhi penggunaan Hidrogen peroksida. Beri tahu dokter jika Anda memiliki penyakit berikut ini:

  • Dermatitis seboroik
  • Eksim
  • Kulit yang kemerahan serta kasar, serta kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Kondisi ini jika menggunakan hidrogen peroksida  dapat menyebabkan iritasi kulit pada penggunanya.

Efek Samping

Efek samping dari Hidrogen peroksida  termasuk menyebabkan kulit menjadi kemerahan serta menimbulkan iritasi setelah menggunakan obat ini. namun, efek tersebut hanya sementara. Akan hilang dalam beberapa waktu.

Jika efek samping yang dirasakan tidak kunjung membaik namun justru semakin memburuk atau sampai menimbulkan infeksi dengan gejala nyeri panas, serta bernanah maka segera konsultasikan ke dokter Anda.

Reaksi alergi yang sangat serius dari penggunaan Hidrogen peroksida  sangat jarang. Namun, jika Anda mengalami alergi tersebut pastikan untuk segera mengunjungi rumah sakit atau dokter, berikut beberapa gejala alergi serius yang diakibatkan penggunaan Hidrogen peroksida:

  • Timbul rasa gatal
  • Terjadi pembengkakan pada area lidah, wajah atau pada area tenggorokan.
  • Pusing berat
  • Masalah pernapasan
  • Munculnya ruam pada kulit

Cara Konsumsi

Cara menggunakan obat ini adalah dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan atau Anda bisa mengikuti petunjuk dokter. Jangan menggunakan Hidrogen peroksida  pada area sekitar mata serta jangan mengoleskan obat ini di area kulit yang luas. Obat ini tidak dapat digunakan sebagai pengobatan luka dalam, luka bakar maupun gigitan yang dibuat oleh binatang.

Sebelum menggunakan obat, bersihkanlah kulit Anda terlebih dahulu. Oleskan secara tipis pada area yang memiliki luka. Obat ini dapat digunakan 1 sampai 3 kali pemakaian dalam sehari atau sesuai dengan anjuran yang diberikan dokter.  Jika memang Anda diharuskan untuk menggunakan perban setelah obat ini digunakan, maka tunggu obat sampai benar-benar kering terlebih dahulu.

Gunakan Hidrogen peroksida  secara teratur guna mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Jika Anda ingin menggunakan obat ini sebagai obat kumur, maka larutkan obat tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan air putih dalam perbandingan yang sama. Berkumurlah selama 1 menit kemudian buang air kumur tersebut. berkumurlah hingga 4 kali sehari atau Anda bisa mengikuti petunjuk dokter.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis