fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Campak seringkali memunculkan ruam kemerahan yang ada di seluruh tubuh dan hal ini seringkali muncul karena adanya infeksi virus campak. Penyakit campak adalah penyakit yang termasuk sebagai jenis penyakit menular yang bisa menimbulkan komplikasi serius. Termasuk pada anak-anak maupun bayi. Biasanya virus yang menimbulkan dampak tersebut menular melalui percikan air liur dari penderita ketika bersin ataupun batuk.

Informasi

Penyakit campak adalah jenis penyakit yang bisa menunjukkan adanya gejala ruam di seluruh tubuh dan hal ini menjadi penyakit menular. Secara umum gejala yang ditimbulkan oleh penyakit campak dapat muncul kisaran 1 sampai 2 minggu setelah tubuh terserang oleh virus campak. Jenis penyakit campak ini bisa dilakukan pencegahan dengan cara memberikan vaksin campak. Terutama bagi anak yang sudah berusia 9 bulan. 

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan pemberian vaksin MMR pada saat anak berusia 15 bulan maupun 5 tahun. Sebaiknya para orang tua mengikuti anjuran dokter perihal jadwal imunisasi anak.  Penanganan penyakit campak pada anak anak harus segera dilakukan. terlebih lagi saat anak menunjukkan gejala yang serius.

Gejala

Gejala awal yang mudah dikenali pada campak yaitu adanya kemunculan ruam kemerahan yang terdapat pada bagian wajah maupun leher. Setelah itu akan menyebar ke seluruh tubuh. Ruam yang muncul pada awalnya berbentuk kecil. Akan tetapi bisa menyatu, sehingga ruam menjadi lebih besar. Jenis ruam campak ini memang hampir sama seperti penyakit roseola atau rubella.

Sebelum kemunculan ruam gejala awal dari penyakit campak ini selama 3 hingga 4 hari. Untuk gejala khas yang ditimbulkan dari campak yaitu seperti berikut:

  • Mata menjadi merah dan sangat sensitif terhadap paparan cahaya
  • Hidung beringus
  • Batuk kering dan sakit tenggorokan
  • Tubuh merasakan lebih lemah dan letih
  • Tubuh mengalami demam tinggi
  • Merasakan sakit dan nyeri di bagian tubuh 
  • Kehilangan nafsu makan
  • Muntah
  • Diare
  • Meninggalkan bercak kecil yang berwarna putih keabu-abuan pada tenggorokan dan mulut
  • Bagian kelopak mata membengkak

Penyebab

Salah satu penyebab kemunculan penyakit campak adalah adanya infeksi yang menyerang pada penderitanya. Penyakit campak memberikan peluang yang sangat besar dalam penyebaran virus. Sehingga akan memunculkan ruam di seluruh tubuh. Secara umum saat virus masuk ke bagian dalam tubuh yaitu setelah 1 hingga 2 minggu gejala campak baru dapat dikenali karena saat itulah gejalanya akan muncul.

Faktor Risiko

Percikkan api dari pengidap campak pada saat batuk atau bersin maka penularan tersebut bisa saja terjadi. Siapapun dapat tertular apabila menghirup percikkan cairan tersebut. Untuk virus campak itu sendiri mampu bertahan pada beberapa jam dan dapat menempel di beberapa benda. Apabila orang lain menyentuh benda yang dihinggapi virus campak maka hal ini berpeluang akan mengalami penularan. 

Ada beberapa faktor risiko bisa Anda kenali pada penyakit campak di antaranya:

  • Anak-anak yang berusia dibawah 5 tahun
  • Seseorang yang belum pernah memperoleh vaksinasi campak
  • Orang yang punya riwayat penyakit kronis
  • Seseorang yang mempunyai bagian sistem kekebalan tubuh melemah

Diagnosis

Dalam menentukan diagnosis campak bisa ditentukan berdasarkan pada gambaran secara klinis yaitu dari segi gejala maupun tAnda yang dialami pasien. Akan tetapi pada beberapa jenis kasus secara khusus dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang. Misalnya dengan pemeriksaan antibodi terhadap campak, melakukan pemeriksaan darah secara lengkap dan memeriksa fungsi hati.

Selain diagnosis yang ada di atas dokter juga akan menentukan diagnosis yang lebih meyakinkan dan pasti dengan cara melakukan tindakan pemeriksaan menggunakan RT PCR atau Reserve Transcriptase Polymerase Chain.

Pengobatan

Memang tidak ada pengobatan secara khusus bagi penderita campak karena kondisi campak bisa membaik ketika 7 hingga 10 hari. Dokter menyarankan supaya pasien melakukan perawatan sendiri di rumah sampai merasa lebih baik. Paling tidak berdiam diri selama 4 hari supaya meminimalisir adanya risiko penularan campak.

Selain itu ada juga beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan supaya penderita  bisa merasa lebih nyaman diantaranya:

  • Mengkonsumsi obat penurun panas apabila penderita mengalami demam, rasa sakit maupun gatal.
  • Mengkonsumsi banyak cairan supaya terhindar dari dehidrasi.
  • Apabila mata mengalami bengkak dan sakit maka harus segera diobati dengan cara membersihkan lipatan mata maupun bulu mata menggunakan cotton bud.
  • Melembabkan udara supaya bisa meredakan gejala pilek. Hal ini bisa meringankan gejala batuk dan pilek.
  • Hindari sinar matahari dan perbanyak istirahat.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri pada saat merasakan nyeri.

Pencegahan

Dalam melakukan pencegahan pasien diharapkan untuk melakukan vaksinasi atau imunisasi campak. Pencegahan vaksin tersebut merupakan bagian dari vaksin MMR yaitu campak, gondongan, campak Jerman. Untuk vaksin MMR tersebut merupakan vaksin gabungan pada saat anak berusia 15 bulan dan dilakukan kembali setelah berusia 5 hingga 6 tahun sebelum anak memasuki sekolah dasar.

Jenis penyakit ini memang wajib diwaspadai walaupun untuk jumlah pengidap dari komplikasi campak belum terlalu banyak. Komplikasi tersebut bisa saja disebabkan karena penyakit umum seperti infeksi paru-paru, bronkitis, infeksi otak, radang telinga, maupun yang lain.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis