fbpx
BerandaHidup SehatHari Perempuan Internasional, Simak Sejarah dan Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Perempuan

Memahami Sejarah Awal Peringatan Hari Perempuan Internasional

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional, berawal dari kerusuhan besar yang terjadi akibat penindasan dan ketimpangan hak perempuan yang bekerja pada 1908 di New York. Hal ini memicu berbagai seruan untuk melakukan perubahan terutama pada perpendekan jam kerja, peningkatan gaji, dan hak untuk menyampaikan pendapat. Hingga pada 1909, untuk pertama kalinya Hari Perempuan National diperingati pada tanggal 28 Februari.

hari-perempuan-internasional

Kemudian pada tahun 1910, terjadi Konferensi Internasional Wanita Buruh kedua yang diadakan di Kopenhagen. Salah satu peserta konferensi yang bernama Clara Zetkin (Pemimpin dari Women’s Office Partai Sosial Demokrat Jerman) mengajukan gagasan Hari Perempuan Internasional. Clara Zetkin mengusulkan bahwa setiap negara harus memperingati Hari Perempuan. Hal ini mendapat dukungan dari banyak peserta konferensi hingga akhirnya ditetapkanlah Hari Perempuan Internasional.

Kesetaraan Wanita

Kesetaraan gender sering menjadi perdebatan dalam berbagai perbincangan, terutama di Hari Perempuan Internasional ini. Bahkan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menerbitkan laporan tahunan yang berisikan data-data kekerasan terhadap perempuan yang dialami oleh wanita-wanita Indonesia sepanjang tahun.

Meski telah banyak digaungkan, namun nyatanya kekerasan dan diskriminasi masih banyak terjadi pada wanita. Hal ini tentu hal yang seharusnya kita cegah dan hindari secara bersama-sama. Sama dengan laki-laki, perempuan juga memiliki hak yang sama untuk tidak mendapat kekerasan dan diskriminasi.

Nutrisi Penting untuk Kesehatan Wanita

Wanita mengalami beberapa peristiwa penting dalam hidupnya yang berkaitan dengan kesehatan. Sehingga wanita membutuhkan nutrisi-nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan tubuh di setiap fase hidupnya. dr. Irma Lidia juga menyebutkan bahwa  wanita juga seperti pria, dianjurkan untuk selalu makan makanan sehat dan bergizi seimbang, termasuk makan makanan karbohidrat kompleks, sayur, buah, lemak sehat, ikan/daging/ayam tanpa lemak, membatasi gula dan garam serta nutrisi special seperti zat besi, asam folat, vitamin D dan kalsium dibutuhkan. Disamping nutrisi wanita sebaiknya tetap aktif berolahraga untuk menjaga kesehatan, membantu kekuatan otot, keseimbangan, fleksibilitas dan manajemen stres. Nah, spesial di Hari Perempuan Internasional ini, Lifepack ingin membagikan informasi mengenai nutrisi yang penting bagi kesehatan wanita, apa saja? Ini penjelasannya.

1. Zat Besi

Salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan wanita adalah zat besi. Nutrisi yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah, terutama saat wanita mengalami menstruasi. Tidak sedikit wanita yang mengalami anemia atau kekurangan darah merah akibat defisit zat besi yang terjadi di dalam tubuh. Untuk mencegah hal ini terjadi, Lifemates dapat mulai mengonsumsi daging sapi, ayam, kacang-kacangan, dan sereal yang mengandung zat besi tinggi. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplementasi zat besi saat periode menstruasi datang, untuk mencegah terjadinya anemia.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Kalsium

Wanita sangat membutuhkan kalsium untuk memperkuat struktur tulang dan gigi. Banyak sekali wanita yang mengalami defisit kalsium saat masa kehamilan. Tentu hal ini sangat berbahaya. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium sebelum memasuki masa kehamilan. Anda dapat mengonsumsi beberapa produk susu seperti susu, yogurt, dan keju yang merupakan sumber kalsium terbaik.

3. Asam Folat

Selain zat besi dan kalsium, nutrisi yang penting bagi  wanita lainnya adalah asam folat. Nutrisi yang satu ini dapat membantu mencegah kecacatan saraf yang dapat berakibat sangat fatal. Tapi Anda masih dapat mencegahnya dengan mengonsumsi sayuran hijau dan alpukat yang mengandung tinggi asam folat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Omega 3

Tidak hanya pada laki-laki, omega 3 juga sangat penting untuk mendukung kesehatan wanita. Pada Hari Perempuan Internasional ini, Lifepack ingin mengingatkan betapa pentingnya Omega 3 untuk kesehatan wanita. Omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA adalah asam lemak esensial yang berfungsi merawat fungsi saraf dan membantu membangun sel otak. Selain itu nutrisi ini juga membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur. Sehingga omega 3 penting dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Anda dapat menemukan nutrisi ini pada makanan seperti ikan tuna, salmon, dan suplemen omega 3 seperti BLACKMORES ULTIMATE OMEGA – JANTUNG SEHAT – 150 KAPLET (Rp575.000).

5. Vitamin D

Nutrisi lainnya yang sangat penting dalam menjaga kesehatan wanita adalah vitamin D. Nutrisi ini berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi dan mencegah terjadi osteoporosis (pengeroposan tulang). Anda dapat menemukan vitamin ini dengan sangat mudah dari sinar matahari pagi. Sumber ini merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin D.

Itulah informasi mengenai sejarah Hari Perempuan Internasional dan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan wanita. Semoga bermanfaat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh : Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman