fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf GGerd: Penyebab, Gejala, Dan Cara Pengobatan

GERD atau kepanjangan dari Gastroesophageal Reflux Disease adalah sebuah penyakit kronis yang ada pada sistem pencernaan. GERD bisa terjadi akibat asam lambung yang naik ke esofagus. Penyakit ini bisa menyebabkan timbul iritasi di esofagus.

Tanpa obat GERD kondisi ini tidak akan bisa kembali normal dan harus segera ditangani dengan tepat. Namun pada kondisi normal, makanan harusnya bisa masuk ke mulut melalui sfingter esofagus bagian bawah, lalu menutup pada saat makanan masuk ke lambung agar mencegah naiknya makanan atau asam lambung ke esofagus.

Di beberapa kasus GERD ada kelainan yang berupa terlalu kendur atau lemahnya sfingter esofagus bagian bawah sehingga makanan yang sudah ditampung lambung naik kembali. Atau bisa juga cairan asam lambungnya yang naik.

Saat makanan atau asam lambung naik, penderita akan mengalami sensasi seperti terbakar di area dada. Biasanya seseorang bisa mengalami GERD ringan 1 kali dalam seminggu. Sedangkan GERD sedang 2 kali dalam seminggu.

Penyebab GERD

Penyebab seseorang mengalami penyakit GERD adalah karena kelemahan atau kegagalan relaksasi cincin yang berfungsi mengatur proses buka tutup yang menghubungkan esofagus bawah dan lambung.

Dan juga seseorang yang menderita diabetes, asma, Skleroderma, dan juga penyakit hiatus hernia sangat rentan terkena GERD. Adapun beberapa makanan yang jadi faktor pemicu, yaitu kopi, alkohol, cokelat, gorengan, bawang putih, saus tomat, dan bawang merah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

GERD bisa meningkat resikonya bila penderita punya kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi makanan tiga jam sebelum tidur, dan kurang asupan makan. Selain itu saat mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin, juga bisa meningkatkan risiko GERD.

Gejala GERD

Sebelum mengkonsumsi obat GERD tentu penderita sebelumnya mengalami beberapa gejala. Umumnya gejala GERD sama seperti penyakit maag, di mana tanda-tanda yang harus diwaspadai adalah  sebagai berikut :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

·       Merasakan sensasi terbakar di area dada dan menjalar ke kerongkongan. Sensasi rasa terbakar akan berlangsung sekitar 2 jam, dan akan memberat setelah makan atau berbaring.

·         Rasa asam atau pahit di area mulut

·         Sulit menelan

·         Nyeri dada

Jaminan Lifepack untuk Anda

·         Batuk kering

·         Suara serak dan nyeri tenggorokan

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Pengobatan GERD

Pada umumnya dokter akan memberikan rekomendasi berupa terapi modifikasi gaya hidup serta penggunaan obat bebas. Bila sudah melewati waktu 2 minggu dan muncul keluhan lainnya, dokter akan merekomendasikan pengobatan paten sampai pembedahan.

Untuk terapi GERD sendiri bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penekan asam lambung misal seperti Lansoprazole, Pantoprazole, dan Omeprazole. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum makan.

Selain cara terapi tadi, dokter juga memberikan obat GERD untuk memperlancar pergerakan saluran pencernaan seperti Domperidon. Namun obat-obatan ini harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter, tidak dikonsumsi secara bebas.

Cara lain bisa dengan memberikan obat untuk mengurangi produksi asam lambung yaitu Proton Pump Inhibitors. Obat ini juga bisa membantu jaringan esofagus yang sudah rusak untuk bisa pulih kembali dengan tujuan agar GERD tidak terjadi lagi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penderita juga dapat mengatasi gejala yang timbul karena GERD dengan konsumsi obat lambung yang biasa dijual bebas (antasida), seperti Antasida Doen – 10 tablet (Rp 36.400). Namun jika tidak efektif, harus segera konsultasikan dengan dokter.

Ingin konsultasi gratis dengan dokter umum dan kemudahan membeli obat rutin?. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Penyakit Gastroenteritis: Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati

direktoriPenyakit   28/10/2021
glikosuria

Glikosuria

Uncategorized   06/07/2021
obat-granuloma-inguinale

Mengenal Obat untuk Granuloma Inguinale

direktoriObat   07/06/2021
granuloma-inguinale

Granuloma Inguinale

direktoriPenyakit   27/05/2021
Gondongan

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman