fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf JGejala Penyakit Jantung, Penyebab dan Cara Mengatasi

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia

gejala penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting keberadaannya. Jantung berfungsi untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh manusia. Dengan fungsinya yang sangat penting ini, jantung dapat dikatakan sebagai salah satu organ yang cukup rentan terserang penyakit. Menurut Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan Kementerian Kesehatan, lebih dari 2 juta masyarakat di Indonesia memiliki riwayat penyakit jantung.

Penyakit jantung juga termasuk ke dalam penyakit kronis. Sebagai tindakan preventif, pelajarilah beberapa gejala penyakit jantung yang bisa terjadi pada Anda. Jika salah satu gejala ini muncul, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah penyakit menjadi lebih parah. Berikut beberapa gejala yang umum terjadi pada pasien penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Sebuah penyakit akan dikatakan berbahaya kalau gejala yang muncul sudah banyak dan juga parah. Setiap penyakit tentunya mempunyai gejala yang berbeda-beda. Pada penyakit jantung, gejala yang umumnya muncul adalah sebagai berikut.

  • Detak Jantung Tidak Teratur

Salah satu gejala yang menandakan jantung yang bermasalah biasanya dapat diketahui dari detak jantung yang tidak normal. Pada umumnya, jantung akan berdetak kencang jika Anda melakukan hal-hal seperti olahraga, terlalu bersemangat, merasa gugup, bekerja terlalu keras, kurang tidur, atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Jika gejala ini terjadi ketika Anda tidak melakukan hal-hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter karena kemungkinan besar ada masalah pada jantung Anda.

  • Dada Terasa Tidak Nyaman

Gejala penyakit jantung selanjutnya yaitu munculnya rasa tidak nyaman pada dada. Rasa tidak nyaman ini dapat berupa sesak, nyeri, ataupun rasa terbakar. Rasa tidak nyaman ini terjadi karena adanya penyumbatan pada arteri jantung Anda. Ketidaknyamanan ini umumnya muncul ketika Anda melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Bagian Tubuh Bengkak

Pada penyakit jantung, adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh menjadi gejala yang cukup umum terjadi. Untuk bagian tubuh yang sering mengalami kebengkakan adalah betis, pergelangan kaki dan juga telapak kaki. Pembengkakan tersebut terjadi karena jantung tidak bisa memompa darah dengan cepat sehingga darah kembali lagi ke pembuluh darah dan menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Penyebab

Semua jenis penyakit dapat muncul karena sebab tertentu. Hal ini juga berlaku pada penyakit jantung. Penyebab umum munculnya gejala penyakit jantung yaitu : 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Keturunan

Penyakit jantung bisa terjadi karena adanya faktor keturunan. Jika Anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, Anda harus lebih berhati-hati. Anda dapat melakukan hal-hal yang dapat mencegah terkenanya penyakit ini.

  • Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi terkena atau tidaknya penyakit jantung. Menurut penelitian, jenis kelamin laki-laki memiliki potensi lebih banyak untuk terserang penyakit jantung. Tetapi, pada usia lanjut, wanita juga memiliki kecenderungan untuk terkena penyakit ini. Umumnya, wanita dapat terserang penyakit jantung pada usia 40 tahun ke atas.

  • Kolesterol Tinggi

Kolesterol menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit jantung. Biasanya, penyakit jantung yang disebabkan kolesterol yang tinggi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner muncul karena adanya timbunan kolesterol pada dinding arteri yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan arteri menjadi kaku.

“Salah satu faktor sakit jantung adalah pola hidup/gaya hidup tidak sehat, seperti konsumsi alkohol, merokok, jarang olahraga dan selalu mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak juga garam.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Mengatasi

gejala penyakit jantung

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung atau mengatasi gangguan ringan pada jantung adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin dan suplemen yang baik untuk jantung, seperti Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Selenium, Karotenoid, dan juga Glukosamin. Blackmores Omega Daily – 90 kapsul – Suplemen Kesehatan Jantung (Rp321.743) merupakan salah satu suplemen yang akan mengurangi resiko Anda mendapatkan gangguan jantung.

Selain konsumsi suplemen, melakukan olahraga ringan juga baik untuk kesehatan jantung. Olahraga ringan ini dapat berupa jalan pagi atau jogging, aerobik, yoga dan olahraga lain yang tidak memberatkan jantung Anda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin membeli obat untuk penyakit jantung yang aman dan murah? Download saja aplikasi Lifepack melalui App Store dan juga Google Play Store. Aplikasi tebus obat rutin, terbaik dan terpopuler di Indonesia.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022
fenofibrate

Fenofibrate: Manfaat, Efek Samping, Dosis

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman