fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Natural fish oil atau lebih dikenal sebagai minyak ikan alami adalah produk yang diambil dari ekstrak lemak ikan. Produk minyak ikan telah lama dikenal di masyarakat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Di dalam minyak ikan terkandung asam lemak omega 3, multivitamin serta kaya mineral untuk kebaikan tubuh. 

Informasi

Ekstrak minyak ikan atau fish oil biasanya tersedia dalam bentuk suplemen yang dijual di toko obat maupun apotek. MInyak ikan atau fish oil sebenarnya bisa Anda dapatkan secara langsung dengan cara mengkonsumsi ikan secara langsung. Minyak ikan dikenal kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Ada beberapa jenis ikan yang dikenal kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti bluefish, salmon, ikan teri, trout, tuna, makarel, menhaden, sturgeon, herring, sarden, dan mullet. 

Penggunaan minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatan maupun untuk mengobati masalah tubuh seperti sistem darah dan gangguan jantung. Penggunaan minyak ikan juga dipercaya mampu untuk menurunkan kadar trigliserida serta tekanan darah tinggi. Suplemen minyak ikan umumnya mengandung tambahan mineral seperti zat besi dan kalsium. Selain itu juga terkandung multivitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E dan vitamin D.

Penggunaan minyak ikan sesuai dosis yang disarankan dipercaya mampu mencegah serangan stroke dan penyakit jantung. Banyak orangtua memberikan anak minyak ikan karena percaya kemampuan minyak ikan sebagai makanan otak. Kemampuan minyak ikan bagi otak seperti mencegah penyakit alzheimer, menguatkan daya ingat, membantu mengatasi masalah depresi psikosis dan ADHD.

Hal ini berkat adanya kandungan DHA dan EPA dalam minyak ikan serta asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan radang sehingga baik untuk mengatasi pembengkakan dan nyeri.  Minyak ikan tersedia dalam bentuk cairan dan juga kapsul. 

Dosis 

Dosis mengkonsums fish oil ataui minyak ikan dalam bentuk suplemen sangat bergantung kepada tujuan penggunaan serta kondisi pasien. Konsumsi minyak ikan suplemen untuk meningkatkan kinerja tubuh dan daya tahan tubuh bisa dikonsumsi sebanyak sekali sehari. 

Sementara untuk tujuan pengobatan misalnya untuk menurunkan kadar trigliserida, maka umumnya dibutuhkan konsumsi minyak ikan atau fish oil suplemen dengan jumlah sebanyak 4 gram per hari. Anda bisa melihat pada kemasan suplemen apakah konsumsi 4 gram sudah memberikan manfaat berupa asam lemak omega 3 sebanyak 3,5 gram.

Secara umum, suplemen minyak ikan fish oil termasuk ke dalam suplemen herbal yang konsumsinya tidak membutuhkan resep dokter. Namun apabila Anda mengkonsumsi suplemen minyak ikan dengan tujuan pengobatan tertentu maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. 

Kontraindikasi 

fish-oil-minyak-ikan

Interaksi dengan Obat Lain 

Meski suplemen minyak ikan termasuk ke dalam jenis suplemen herbal, namun tidak semua obat baik obat medis, obat herbal dan suplemen lainnya dapat dikonsumsi bersamaan dengan suplemen minyak ikan. Pasalnya beberapa senyawa dalam obat tersebut bisa saja berinteraksi dengan minyak ikan. Interaksi antar senyawa pada obat-obatan bisa menimbulkan efek samping ataupun penurunan efektivitas obat.

Minyak ikan atau fish oil sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan produk antikoagulan. Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi minyak ikan bersamaan dengan pil kontrasepsi (KB). Pil kontrasepsi bisa menurunkan efektivitas kinerja minyak ikan.

Kelompok Orang Berisiko 

Penggunaan suplemen minyak ikan atau fish oil sebenarnya tergolong aman bagi semua kelompok orang. Suplemen minyak ikan aman untuk ibu hamil serta menyusui dengan kadar dosis konsumsi sebanyak kurang dari 3 gram setiap hari (dosis rendah). Namun, suplemen minyak ikan mungkin tidak cocok untuk semua anak-anak. 

Pemberian minyak ikan untuk bayi bisa diberikan melalui tabung makanan. Tapi jumlah konsumsinya tidak boleh melebihi 2 ons ikan dalam seminggu. Selalu konsultasikan ke dokter untuk konsumsinya pada anak-anak.

Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap minyak ikan dan makanan laut sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen ini. Orang dengan penyakit jantung serta kanker prostat serta payudara sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen ini.

Efek Samping 

Meski termasuk ke dalam jenis suplemen herbal, namun konsumsi minyak ikan atau fish oil ternyata juga bisa menyebabkan berbagai efek samping jika tidak digunakan dengan benar. Selain itu beberapa orang mungkin tidak terlalu cocok mengkonsumsi minyak ikan. Berikut adalah efek samping yang mungkin terjadi.

  1. Mimisan (Baca juga Kenali Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya)
  2. Bersendawa berkali-kali
  3. Bau mulut
  4. Gangguan pencernaan seperti diare
  5. Menurunkan aktivitas imunitas tubuh
  6. Timbul ruam merah pada kulit
  7. Sakit perut

Selain efek samping di atas, penggunaan minyak ikan atau fish oil dalam jumlah besar ternyata justru dapat memicu risiko stroke.

Cara Konsumsi

Cara konsumsi minyak ikan atau fish oil yang tepat bergantung kepada bentuk sediaan serta tujuan penggunaan. Untuk minyak ikan yang tersedia dalam bentuk oral maka konsumsi dengan cara diminum bersamaan dengan air. Sementara untuk dosis mengikuti anjuran dokter ataupun pada kemasan suplemen. Jangan mengkonsumsi minyak ikan suplemen dalam jumlah berlebih karena tidak akan meningkatkan efektivitas suplemen dan justru dikhawatirkan menimbulkan efek berlawanan.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis