fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Bumi ini sangat kaya akan rempah-rempah yang memiliki beragam khasiat baik itu pengobatan ataupun perawatan tubuh. Salah satu jenis rempah yang dikenal memiliki khasiat mengagumkan untuk perawatan kulit dan kecantikan adalah ekstrak Liquorice atau akar manis. Liquorice atau licorice merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai bahan utama dalam industri skincare (Baca juga Ekstrak Kulit Kayu French Maritime Pine).

Pasalnya, bahan herbal satu ini memang dikenal tidak menyebabkan efek samping namun sangat berkhasiat. Namun, selain dimanfaatkan dalam industri kecantikan kulit, ternyata Liquorice juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan.

Informasi

Akar manis atau Liquorice mengandung banyak multivitamin dan juga mineral. Akar manis ini mengandung vitamin E, vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B3 dan B5 yang memang sangat bermanfaat untuk kulit. Hal ini karena peran Liquorice sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. 

Ekstrak akar manis juga mengandung polifenol yang bekerja sebagai antiinflamasi dan antibakteri. Dengan kemampuan Liquorice sebagai antibakteri akan membantu menyembuhkan jerawat akibat bakteri. Selain itu, dapat menghilangkan kemerahan atau radang akibat jerawat berkat kemampuan antiinflamasinya. 

Selain kegunaan ekstrak Liquorice terhadap kesehatan kulit, ekstrak kayu manis juga memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan sebagai berikut:

  • Untuk mengatasi timbulnya nyeri pada ulu hati. Ekstrak kayu manis memiliki kandungan asam glycyrrhizic yang merupakan senyawa dengan kemampuan anti radang serta dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, ekstrak Liquorice juga dapat menurunkan tingkat penyebaran bakteri H. pylori pada usus dan lambung, namun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Ekstrak Liquorice memiliki kemampuan untuk melegakan saluran pernapasan serta meredakan batuk. Pasalnya ekstrak Liquorice akan bekerja untuk memproduksi lendir yang sehat pada saluran pernapasan agar pernapasan lebih lega.
  • Ekstrak akar kayu manis juga dapat membantu untuk merawat penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, serta kanker lambung. 
  • Konsumsi ekstrak kayu manis memiliki manfaat untuk menurunkan rasa stress dan meningkatkan kesehatan psikologis. Tentunya konsumsi ekstrak Liquorice sangat disarankan untuk mereka yang memiliki gangguan stress berkepanjangan. Kinerja ekstrak kayu manis adalah menstimulus kelenjar adrenal agar kadar kortisol dapat dikendalikan.

Dosis

Ekstrak kayu manis dapat ditemukan dalam berbagai macam sediaan. Anda bisa menemukan sediaan ekstrak kayu manis atau Liquorice dalam bentuk suplemen, permen ataupun bubuk dan juga teh. Ekstrak Liquorice merupakan obat herbal yang dapat dikonsumsi secara bebas tanpa resep dokter. Hanya saja konsumsi ekstrak ini sebaiknya tidak melebihi dosis atau batas penggunaan.

  • Ekstrak Liquorice dalam teh kayu manis hanya boleh dikonsumsi kurang dari atau sama dengan 8 ons setiap hari
  • Ekstrak kayu manis dalam sediaan minuman serta permen hanya boleh dikonsumsi sebanyak 30 mg/ml saja setiap hari
  • Jika ekstrak kayu manis dalam bentuk DGL hanya boleh dikonsumsi kurang dari atau sama dengan 5 gram setiap hari
  • Ekstrak kayu manis dalam bentuk sediaan bubuk Liquorice hanya boleh dikonsumsi di bawah 75 gram setiap harinya.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Meski ekstrak Liquorice bukanlah obat-obatan medis, namun konsumsi Liquorice bersamaan dengan obat lainnya harus diperhatikan dengan seksama. Pasalnya, ada kalanya obat-obatan medis tersebut sensitif dengan kandungan obat herbal. Konsumsi bersamaan dengan obat yang sensitif akan menyebabkan meningkatnya efek samping ataupun menurunnya penyerapan dari obat tersebut.

Kelompok Orang Berisiko

Ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi ekstrak kayu manis atau Liquorice karena dikhawatirkan akan meningkatkan risiko kelahiran yang prematur. Konsumsi liquorice yang tinggi selama kehamilan (150 gram per minggu) dapat meningkatkan risiko persalinan dini. Pada beberapa kondisi penggunaan ekstrak Liquorice juga berpotensi meningkatkan risiko cacat pada janin serta keguguran. 

Meski begitu, efek ini masih berupa risiko dan belum dibuktikan secara medis. Konsumsi ekstrak Liquorice juga tidak disarankan untuk ibu menyusui karena dikhawatirkan berpengaruh baik bagi bayi maupun ibu menyusui.

Efek Samping

Sampai sejauh ini konsumsi akar manis memang belum menunjukkan risiko timbulnya efek samping. Konsumsi ekstrak Liquorice yang masih dalam batas wajar sebenarnya aman-aman saja mengingat tanaman ini termasuk salah satu obat herbal yang hampir tidak memiliki efek samping. Tanaman ini pun biasa dijadikan campuran dalam minuman dan makanan karena cita rasanya yang manis. 

Hanya saja penggunaan ekstrak Liquorice tidak disarankan dalam jangka waktu terlalu panjang ataupun dosis banyak. Pasalnya, ekstrak Liquorice yang dikonsumsi berlebihan dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko hypokalemia, tidak teraturnya detak jantung, hipertensi, kerusakan pada otak dan lumpuh. Sementara untuk efek samping yang mungkin terjadi meski kasusnya jarang adalah:

  • Mudah lelah
  • Gairah seksual menurun untuk pria
  • Gangguan pada menstruasi
  • Sakit kepala
  • Sodium serta cairan menumpuk pada tubuh

Cara Konsumsi

Tidak ada ketentuan khusus untuk dapat mengkonsumsi ekstrak Liquorice selain selama tidak melebihi dosis Liquorice yang disarankan. Untuk cara konsumsi tentu berbeda-beda bergantung kepada sediaan ekstrak kayu manis yang ada.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis