fbpx
BerandaHidup SehatDampak KDRT pada Kesehatan Mental Korban

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) menjadi salah satu masalah yang banyak terjadi di setiap rumah tangga. Korban KDRT umumnya para wanita, namun tak sedikit para pria juga menjadi korban kekerasan tersebut. Bukan hanya luka fisik, kekerasan rumah tangga juga dapat berdampak pada kesehatan mental pada korban. Apa saja dampak KDRT pada kesehatan mental korban? Simak ulasannya berikut ini.

dampak KDRT pada mental

Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) pada Kesehatan Mental

Bentuk kekerasan yang terjadi pada rumah tangga (KDRT) tidak selalu dalam bentuk fisik seperti pukulan atau tamparan, namun juga bisa dalam bentuk berikut:

  • Psikis, yaitu menyerang psikis korban sehingga menyebabkan korban merasa takut, hilang percaya diri, tidak berdaya dan mengalami penderitaan psikis berat. Contoh: Pemaksaan, pelarangan dan isolasi sosial.
  • Seksual, yaitu bentuk pemaksaan hubungan seksual dan pelecehan seksual, 
  • Penelantaran, yaitu kekerasan yang berhubungan dengan memberikan jaminan kehidupan, perawatan atau pemeliharaan. Bentuk kekerasan penelantaran antara lain tidak memberikan nafkah, membatasi finansial korban dengan tidak wajar atau menguasai penghasilan pasangan sepenuhnya. 

Penting untuk mengenal bentuk-bentuk kekerasan yang terjadi di rumah tangga agar dapat segera mencari perlindungan dan perawatan kesehatan jika menjadi korban KDRT. Pasalnya, kekerasan dalam rumah tangga bukan hanya berdampak pada kekerasan fisik namun juga mental. 

Beberapa dampak KDRT pada kesehatan mental antara lain:

Memicu PTSD

PTSD (Post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pasca trauma adalah gangguan mental yang muncul setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis termasuk di antaranya kekerasan dalam rumah tangga. Korban KDRT dapat mengalami trauma yang ditandai dengan perubahan perilaku, gangguan makan dan tidur, gelisah, mudah marah dan terkejut terlebih ketika bersinggungan dengan hal-hal yang memicu trauma. 

Pemicu PTSD pada korban KDRT dapat berupa rangsangan sensorik seperti suara, aroma, atau menyaksikan peristiwa yang memicu trauma, atau berupa interaksi dengan pelaku atau orang yang menyebabkan trauma, dan mengalami kembali situasi yang menyebabkan trauma. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Depresi 

Salah satu dampak KDRT pada kesehatan mental pada korban adalah memicu depresi. Sebagian besar korban KDRT rentan mengalami depresi, yaitu gangguan suasana hati yang dapat memengaruhi perilaku dan kemampuan berpikir seseorang. Risiko depresi semakin tinggi dan berbanding lurus dengan lamanya kekerasan berlangsung. Semakin lama kekerasan terjadi maka korban berisiko mengalami depresi lebih tinggi.

Gangguan kecemasan

Dampak KDRT pada kesehatan mental korban yang juga banyak dialami adalah gangguan kecemasan. Seseorang dapat mengalami gangguan kecemasan yang ditandai dengan ketakutan tiba-tiba, gemetar dan merasa tidak berdaya, jantung berdebar yang terkadang terjadi tiba-tiba atau tanpa sebab. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Gangguan kecemasan juga dapat muncul dalam bentuk gangguan kecemasan sosial seperti malu menyapa orang lain, merasa tidak percaya diri serta merasa takut dikritik orang lain.  

Penyalahgunaan zat terlarang

Sebagian besar korban KDRT berisiko tinggi mengalami penyalahgunaan zat terlarang seperti narkoba dan alkohol. Penyalahgunaan zat terlarang awalnya digunakan sebagai pelampiasan emosi yang dirasakan untuk mencari ketenangan. Sensasi yang dirasakan setelah menggunakan zat terlarang tersebut dapat memicu ketergantungan dalam jangka panjang yang dapat merusak kesehatan. 

Kekerasan dalam rumah tangga menjadi salah satu isu yang penting untuk diperhatikan bagi pemerintah, masyarakat dan layanan kesehatan. Banyak korban KDRT yang enggan melaporkan kekerasan yang dialami baik karena alasan malu, takut, dan masih berharap pasangan dapat berubah di kemudian hari. Faktanya, pelaku KDRT jarang menunjukkan sikap jera dan dapat mengulangi lagi perbuatannya. Korban yang membutuhkan pendampingan dan perlindungan pada akhirnya tidak mendapatkan haknya. 

Mengingat dampak KDRT pada kesehatan mental korban bisa membahayakan jiwa, jika Anda mendapati orang di sekitar Anda menjadi korban KDRT sebaiknya dorong ia untuk mendapatkan perlindungan dan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan. Anda bisa menghubungi layanan konseling, melaporkan ke kepolisian atau lembaga perlindungan korban lainnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar dampak KDRT pada kesehatan mental. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman