fbpx
BerandadirektoriPenyakit7 Daftar Nama Obat Penurun Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi termasuk ke dalam penyakit yang menjadi penyebab utama munculnya ragam komplikasi pada tubuh seperti gagal ginjal, stroke, jantung koroner, hingga jantung progresif. Untuk mengatasinya, saat ini ada ragam jenis nama obat penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi. 

nama_obat_penurun_darah_tinggi

Obat darah tinggi sendiri bertugas mencegah mortalitas dan morbiditas yang terjadi akibat tekanan darah tinggi. Selain itu, obat darah tinggi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serendah mungkin. Penurunan tekanan darah dilakukan hingga kinerja organ dalam tubuh seperti ginjal dan jantung tidak terganggu.

Nama Obat Penurun Darah Tinggi pada Berbagai Kasus Komplikasi

Obat penurun darah tinggi memiliki beberapa jenis. Mekanisme kerja satu sama lainnya pun berbeda sesuai dengan kebutuhan pasien. Biasanya dokter atau bidan akan menggunakan satu jenis obat. Namun jika kondisi sudah parah, maka tak jarang kombinasi dua jenis obat dilakukan. Beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi antara lain:

1. Captopril

Captopril termasuk kedalam golongan obat hipertensi Angiotensin Converting Enzyme Inhibitor (ACEI). Golongan obat Angiotensin Converting Enzyme Inhibitor (ACEI) memiliki efek kardioprotektif yang dapat menangani risiko penyakit hipertensi dengan komplikasi diabetes dan disfungsi sistolik.

Captopril biasa digunakan untuk kasus hipertensi komplikasi diabetes melitus untuk mengurangi tensi darah. Dosis yang sering digunakan yaitu 25 mg.  Captopril merupakan jenis obat yang banyak digunakan pada kasus komplikasi hipertensi. Selain itu, obat ini juga umum digunakan pada kasus komplikasi jantung dan stroke.

2. Valsartan Obat Darah Tinggi

Valsartan termasuk kedalam golongan obat Angiotensin Receptor Blocker (ARB). Golongan obat Angiotensin Receptor Blocker (ARB) biasa digunakan jika obat hipertensi golongan Angiotensin Converting Enzyme (ACE) tidak efektif.  Sama seperti Captopril, Valsartan 160 mg banyak digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi komplikasi diabetes. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Metformin

Metformin merupakan salah satu nama obat penurun darah tinggi yang masuk kedalam golongan Calcium Channel Blocker (CCB). Golongan Calcium Channel Blocker (CCB) dapat membantu menurunkan kardiovaskular yang menyebabkan gagal jantung. Obat hipertensi golongan CCB juga digunakan bila pasien tidak toleran dengan jenis thiazide.

Metformin 500 mg digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi dengan tambahan diagnosa diabetes. Selain itu, pada beberapa kasus, Metformin juga sering dikombinasikan dengan Amlodipine 10 mg.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Furosemide

Furosemide termasuk ke dalam golongan obat hipertensi diuretik.  Furosemide dengan dosis 40 mg biasa digunakan untuk mengobati pasien hipertensi dengan kasus komplikasi jantung. Pada penderita usia 50-60 tahun, Furosemide 40 mg dikonsumsi sebanyak sehari sekali selama 1 bulan.

5. Clopidogrel

Clopidogrel dosis 75 mg umum digunakan sebagai obat stroke pada kasus komplikasi hipertensi atau darah tinggi. Pada pasien usia 60-70 tahun, Clopidogrel 75 mg harus dikonsumsi dengan dosis sehari sekali selama 1 bulan untuk melancarkan peredaran darah. Pada terapi Diuretik dan ACEI, Clopidogrel juga sering dikombinasikan dengan Captopril 25mg. 

6. Spironolactone

Spironolactone 25 mg umum digunakan untuk mengobati pasien darah tinggi dengan diagnosa penyakit jantung. Nama obat penurun darah tinggi yang satu ini banyak digunakan pada terapi diuretik, yang bekerja dengan cara mengurangi kadar air dan garam berlebih dalam tubuh. Spironolactone 25 mg juga dikombinasikan dengan Glimepiride 1mg.

7. Glibenclamide

Glibenclamide termasuk kedalam golongan obat Beta blocker. Obat hipertensi golongan Beta blocker tidak diindikasikan untuk pengobatan utama kecuali terjadi indikasi komplikasi diabetes dan gagal jantung. Beta blocker bekerja dengan cara menurunkan mortalitas dan morbiditas kardiovaskular. Selain itu golongan obat Beta blocker juga dapat memperlambat detak jantung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Glibenclamide dosis 5 mg sering dikombinasikan dengan Captopril 25 mg untuk mengobati pasien hipertensi yang memiliki komplikasi diabetes melitus. Untuk penderita hipertensi usia 60-70 tahun, Glibenclamide dikonsumsi sebanyak sehari sekali dalam kurun waktu 1 bulan.

Manakah Obat Darah Tinggi yang Sering Digunakan?

Dari ketujuh nama obat yang digunakan untuk mengobati darah tinggi atau hipertensi, Captopril termasuk kedalam obat yang lebih sering digunakan dibanding yang lainnya. Selain stoknya yang banyak di unit kesehatan, Captopril hampir cocok digunakan oleh sebagian besar pasien darah tinggi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun jika dilihat dari jenis golongan, obat hipertensi jenis Angiotensin Converting Enzyme (ACE) Inhibitor secara umum lebih baik digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah stroke dibandingkan dengan Calcium Channel Blocker (CCB). Sedangkan golongan Beta blocker menjadi pilihan terakhir karena kurang efektif dibandingkan dengan jenis lainnya.

Walaupun beberapa nama obat penurun darah tinggi memiliki keunggulan lebih, kecocokan penggunaan jenis obat tetap bergantung pada keadaan dan kondisi pasien. Untuk bisa mendapatkan jenis obat yang sesuai dengan kondisi hipertensi yang dimiliki, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter terpercaya. Selalu jaga kesehatan Anda dan tebus resep obat darah tinggi di Apotek Lifepack.

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. Atau kunjungi apotek kami secara offline yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman