fbpx
BerandadirektoriPenyakitCystic Fibrosis

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah sebuah kondisi dimana lendir yang dihasilkan oleh tubuh menjadi kental sehingga menimbulkan penumpukan pada paru-paru dan sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan pasien mudah mengalami infeksi paru-paru dan masalah pencernaan makanan. 

cystic-fibrosis

Informasi 

Cystic fibrosis merupakan penyakit yang diturunkan (penyakit bawaan). Data menunjukkan bahwa cystic fibrosis lebih banyak ditemukan pada populasi ras putih atau kaukasia. Penyakit ini diderita lebih dari 30.000 orang di Amerika Serikat dan merupakan salah satu penyakit genetik yang paling banyak ditemui. Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini bervariasi sesuai usia dan kondisi pasien. Cystic fibrosis bukan merupakan penyakit menular.  

Gejala 

Gejala cystic fibrosis bergantung kepada organ yang mengalami penumpukan lendir dan tingkat keparahannya. Penumpukan lendir kental di paru-paru dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan meningkatkan resiko infeksi paru-paru. Seiring dengan berjalannya waktu, paru-paru dapat mengalami gangguan sehingga tidak dapat berfungsi secara baik. 

Lendir juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pankreas, sehingga menghambat aliran enzim pencernaan ke dalam usus. Oleh karena itu, banyak kasus pada pasien dengan penyakit ini tidak dapat menyerap nutrisi dengan maksimal.

Beberapa gejala cystic fibrosis lain yang dapat muncul, antara lain: 

  • Infeksi saluran napas berulang 
  • Mengi
  • Batuk berdahak yang sulit sembuh 
  • Sesak napas 
  • Kesulitan menambah berat badan 
  • Diare, konstipasi

Gejala cystic fibrosis dapat muncul sejak seseorang lahir atau baru muncul ketika pasien beranjak dewasa. Pada beberapa kasus, pasien dapat tidak mengalami gejala sampai dewasa. Oleh karena penyakit ini merupakan penyakit yang menurun dalam keluarga, konsultasikan dengan dokter agar dapat mendiagnosis penyakit ini sedini mungkin. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab 

Cystic fibrosis merupakan kondisi kelainan genetik. Kelainan terjadi pada gen yang berperan dalam mengatur aliran cairan dan garam yang masuk dan keluar dari dalam sel. Hal ini menyebabkan lendir menjadi kental dan cenderung lengket. Di paru-paru, lendir yang kental dan lengket ini dapat menyumbat saluran pernapasan dan menjebak mikroorganisme (contohnya bakteri) sehingga menyebabkan infeksi, peradangan, hingga gagal nafas. 

Diagnosis 

Untuk mendiagnosis cystic fibrosis, dokter akan menanyakan gejala dan riwayat penyakit yang diderita pasien. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mencari gejala yang muncul. Tes untuk memastikan diagnosis cystic fibrosis adalah tes genetik (gen CFTR). Selain pemeriksaan gen, pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan darah dan keringat. Pasien dengan cystic fibrosis memiliki kadar garam yang tinggi dalam keringat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pengobatan 

Tidak ada obat untuk mengobati cystic fibrosis, tetapi pengobatan dapat membantu mengontrol gejala, mencegah dan mengurangi timbulnya komplikasi. Pengobatan penyakit ini difokuskan untuk mengencerkan lendir di paru-paru sehingga mudah dikeluarkan, pencegahan infeksi, dan menjaga kecukupan nutrisi pasien.  Perawatan konservatif termasuk perawatan saluran pernapasan, vaksinasi influenza tahunan, dan terapi simptomatik, merupakan pengobatan dasar untuk mempertahankan fungsi adekuat paru-paru. 

Beberapa obat-obatan yang dapat digunakan sebagai pilihan terapi pada cystic fibrosis, antara lain: 

  • Terapi mukolitik (pengencer dahak), untuk memudahkan pengeluaran dahak dari saluran pernapasan seperti N-asetilsistein dan dornase alfa(Acetylcysteine Etercon 200 mg (Rp157.500))
  • Terapi inhalasi, berguna untuk meningkatkan hidrasi permukaan saluran pernapasan dan memicu pengeluaran lendir seperti larutan xylitol hipertonis
  • Terapi anti-inflamasi (anti-peradangan), seperti ibuprofen
  • Antibiotik seperti vancomycin, tobramycin

Hal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan adalah dengan olahraga ringan secara rutin. Fisioterapi dapat membantu mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan dan meningkatkan fungsi paru-paru. Program fisioterapi yang dapat dilakukan seperti teknik pernapasan yang baik. Tatalaksana diet dan nutrisi bertujuan untuk mempertahankan berat badan ideal, mengurangi malabsorpsi, dan mengontrol asupan vitamin dan mineral. Asupan makanan dibagi menjadi 5 hingga 6 kali sehari. Pemberian suplemen enzim pankreatik dapat dilakukan untuk menambah enzim pencernaan seperti lipase dan amilase.  

Transplantasi paru dapat digunakan pada pasien cystic fibrosis dengan fungsi paru-paru yang sangat menurun, sampai ke titik di mana diperlukan bantuan perangkat mekanik. Transplantasi paru tidak dapat dilakukan hanya pada satu paru, tetapi harus mengganti kedua paru. Tindakan transplantasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pasien dengan cystic fibrosis diharapkan untuk selalu memeriksakan kesehatan secara rutin dengan dokter agar dapat memantau perkembangan penyakitnya. Penderita juga harus mengetahui tanda-tanda kegawatan, salah satunya adalah sesak napas. Jika mengalami sesak nafas, segera pergi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit. Konsultasikan kepada dokter agar mendapat pilihan terapi yang efektif. 

Pencegahan 

Cystic fibrosis merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh kelainan genetik, belum ada langkah pencegahan yang secara pasti dapat mencegah timbulnya penyakit ini. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Perbedaan Gejala Omicron dengan Gejala Varian COVID-19 Lainnya

direktoriPenyakit   15/12/2021

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejalanya yang Perlu Anda Waspadai

direktoriPenyakit   10/12/2021

Mengenal Virus Omicron, Varian Baru COVID-19

direktoriPenyakit   10/12/2021

5 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

direktoriPenyakit   30/11/2021

Sindrom Stockholm: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   19/11/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman