Cinchocaine hcl merupakan jenis obat golongan anestesi lokal yang memiliki masa kerja panjang dan penggunaanya terbatas sebagai obat anestesi spinal (obat bius dalam operasi). Obat cinchocaine Hcl ini digunakan untuk terapi wasir atau hemoroid yang dikombinasikan dengan obat golongan kortikosteroid yakni hydrocortisone. 

Fungsi obat cinchocaine HCI yaitu sebagai pereda nyeri (analgesik) dan pemberi efek kebal (anestesi), sedangkan obat hydrocortisone bekerja dengan cara menekan peradangan dan mengurangi rasa gatal pada anus. Penggunaan kedua obat tersebut diberikan untuk terapi jangka pendek.

Informasi

cinchocaine hcl
Cinchocaine hcl merupakan jenis obat golongan anestesi lokal yang memiliki masa kerja panjang dan digunakan untuk obat bius dalam operasi.

Obat cinchocaine hcl bekerja dengan cara menghentikan kerja sistem saraf untuk sementara waktu sehingga Anda tidak merasakan rasa sakit. Memang obat ini dikenal untuk meringankan gejala nyeri dan gatal karena penyakit wasir. Obat cinchocaine tersedia dalam bentuk salep dan supositoria. 

Dosis

Pemberian dosis pada penggunaan obat cinchocaine hcl harus berdasarkan kondisi medis pasien dan tingkat keparahannya. 

  • Pengobatan wasir bentuk salep (dicampur dengan hidrokortison): untuk dosisnya oleskan salep pada area yang sakit di waktu pagi dan sore hari dan setelah buang air besar. 
  • Pengobatan wasir bentuk supositoria 5 mg/unit (dicampur dengan hidrokortison): penggunaanya dengan memasukkan 1 supositoria pada pagi dan sore hari serta setelah buang air besar. 

Penggunaan dari obat cinchocaine hcl ini hanya digunakan pada orang dewasa saja. Obat cinchocaine hcl ini tidak diperbolehkan bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun. Penggunaan obat untuk anak-anak belum teruji efektivitas dan keamanannya khususnya pada anak di bawah usia 18 tahun. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika sedang menggunakan obat-obatan lain seperti vitamin, suplemen dan produk herba lain sebelum menggunakan obat cinchocaine hcl. 

Hal ini dikarenakan akan menimbulkan reaksi tertentu serta mempengaruhi efektivitas atau kinerja obat cinchocaine hcl dalam proses pengobatannya. Interaksi dari obat lain akan memperlambat atau meningkatkan risiko efek samping dari obat cinchocaine hcl.

Kelompok Orang Berisiko

Obat cinchocaine hcl tidak dianjurkan dikonsumsi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit seperti epilepsi, gangguan konduksi jantung atau gangguan fungsi pada pernapasan. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi obat ini jika sedang dalam keadaan syok atau kondisi tertekan akan sesuatu yang menyebabkan otot-otot di dalam tubuh menjadi tegang. 

Anda tidak disarankan mengonsumsi obat cinchocaine hcl jika sedang dalam kondisi hamil dan menyusui terkecuali Anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Bagi pasien lansia, obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Jika Anda sedang atau akan menjalani operasi, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini. 

Anda juga tidak disarankan menggunakan obat cinchocaine hcl jika memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap obat ini. Selama pengobatan, Anda sebaiknya tidak melakukan aktivitas berkendara seperti mengemudi atau mengoperasikan alat berat, karena efek dari obat ini akan menimbulkan rasa kantuk dan pusing sehingga akan menimbulkan risiko jika efek tersebut terjadi saat Anda sedang berkendara.

Efek Samping

Penggunaan obat cinchocaine hcl kemungkinan memiliki beberapa efek samping yang dapat terjadi di antaranya:  

  • Terdapat ruam atau warna kemerahan pada kulit
  • Penipisan kulit
  • Nyeri pada bagian perut
  • Konsentrasi menjadi berkurang

Namun tidak semua pasien mengalami gejala efek samping seperti yang disebutkan di atas. Ada beberapa kemungkinan gejala lain yang belum dapat diketahui secara pasti dari penggunaan obat ini. Jika Anda merasa khawatir dengan efek samping yang Anda rasakan setelah menggunakan obat, Anda bisa langsung segera menemui dokter untuk mengetahui secara pasti gejala efek samping yang dialami.  

Cara Konsumsi

Sebelum penggunaan obat cinchocaine hcl, pastikan Anda telah membaca petunjuk aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat dan rekomendasi dan saran dari dokter. Anda tidak boleh menambahkan atau mengurangi dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. 

Gunakan obat secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat proses penyembuhannya. Anda tidak diperbolehkan menempatkan obat ini ke dalam rektum dengan menggunakan jari Anda atau alat mekanis atau aplikator tanpa. 

Anda harus menghentikan penggunaan obat cinchocaine hcl jika terjadi perdarahan. Segera hubungi dokter Anda jika kondisi tidak membaik selama lebih dari 7 hari. Untuk beberapa kasus, obat ini dapat dikurangi dosisnya atau dapat dihentikan secara langsung jika tidak ada efek timbal balik atau tidak memberikan hasil yang baik. Jika selama pengobatan semakin parah dan tidak kunjung membaik, Anda harus segera temui dokter untuk ditangani secara serius dan mendapat pengobatan yang tepat.  

Obat cinchocaine hcl hanya digunakan untuk area luar tubuh. Hindari menyentuh atau kontak di area dekat mata selama menggunakan obat ini. Selama proses pengobatan, pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memantau perkembangan kesehatan dan rekomendasi pengobatan yang tepat dan aman.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?