fbpx

Cara Terbaik Mengatasi Serangan Jantung Saat Sendirian

Sep 17, 2020 | Jantung | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Terjadinya serangan jantung bukanlah hal yang dapat diprediksi dengan mudah. Dampak dari penyakit ini dapat dirasakan kapan saja dan di mana saja. Bisa jadi kamu sedang melakukan aktivitas sehari-hari dan mengalami serangan ini. Apabila tanda serangan jantung terjadi saat kamu sedang bersama orang lain, maka kemungkinan untuk memperoleh pertolongan dengan cepat sangat besar. 

Akan tetapi bagaimana jika kamu mengalami serangan saat sedang sendirian? Apakah langkah-langkah yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi mengingat penanganan yang cepat merupakan kunci utama keselamatan jiwa?

Langkah Mengatasi Serangan Jantung

Kenali Kondisi Tubuh

Pertama, kamu harus memahami terlebih dahulu kondisi tubuh sendiri. Meskipun sepertinya serangan pada jantung terjadi tiba-tiba, terdapat faktor-faktor risiko yang membuat kamu lebih mungkin mengalaminya dibandingkan dengan orang lain. Apabila seseorang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, maupun gangguan metabolisme lainnya, ia harus siap menghadapi risiko serangan jantung. 

Kondisi berisiko lainnya terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti perokok berat dan orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Orang dengan obesitas juga perlu memikirkan cara untuk menanggulangi kelebihan berat badannya karena risiko penyumbatan arteri koroner menjadi sangat besar. 

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack, “Kurangi risiko serangan jantung dengan mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida, serta kontrol gula darah bagi yang punya diabetes. Menjalani gaya hidup sehat dengan menjaga berat badan tetap dalam batasan normal, makan makanan sehat, rutin berolahraga, membatasi alkohol, tidak merokok dan menghindari stres, serta cukup tidur juga penting untuk mencegah penyakit jantung.”

Rutin Cek Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantumu untuk melihat risiko-risiko kesehatan yang dimiliki oleh tubuh. Kamu bisa mengecek apakah terdapat gangguan yang pernah terjadi pada jantung melalui beberapa tes, di antaranya uji laboratorium darah dan ECG (electrocardiogram). Hal ini dikarenakan banyak kasus di mana serangan jantung terjadi namun tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, kemungkinan serangan yang lebih hebat terjadi pada penderitanya akan sangat besar terutama jika serangan pertama tidak ditangani dengan serius.

Ketahui Tanda Serangan Jantung

Selain mewaspadai kemungkinan terjadinya serangan ini dengan menyadari seberapa besar risiko yang kamu miliki, perlu juga mengenal tanda-tanda serangan jantung yang biasanya terjadi pada penderita. Tanda serangan jantung pertama adalah rasa nyeri di dada. Banyak orang mengatakan bahwa mereka merasakan tekanan pada dada yang bisa juga menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti punggung dan lengan. 

Rasa nyeri tersebut dapat hilang dan muncul lagi terus-menerus. Penderita juga sering kali merasakan kelelahan yang sangat. Nafas pendek-pendek juga merupakan tanda yang umum terjadi. Penderita bisa merasakan pusing dan bahkan mual ketika serangan jantung melanda.

Istirahat

Apabila kamu menyadari bahwa tubuh mengalami tanda serangan jantung disebutkan di atas apalagi jika kamu memiliki faktor risiko tinggi, segera hentikan aktivitas apapun. Penderita disarankan untuk segera beristirahat dengan duduk, bersandar ke dinding atau struktur lain, dan mengatur nafas karena kecemasan merupakan salah satu hal yang umum terjadi ketika serangan datang. 

Pastikan juga bahwa kamu sudah pindah ke ruangan yang terbuka.Pada saat ini, usahakan untuk perlahan-lahan meregangkan baju yang terlalu ketat di tubuh. Hal tersebut akan membuat aliran darah lebih lancar dan melegakan nafas. 

Hangatkan Tubuh

Dalam keadaan istirahat tersebut mulailah untuk mencatat waktu terjadinya tanda serangan jantung. Saat sedang dalam kondisi istirahat ini, kamu juga perlu memastikan bahwa tubuh dalam keadaan hangat agar peredaran darah terjaga kelancarannya. Individu yang memiliki risiko serangan jantung biasanya akan diberikan resep obat tipe glyceryl trinitrate yang berfungsi untuk melebarkan arteri koroner dengan cepat. Bentuknya dapat berupa tablet maupun semprotan. Apabila obat tersebut tidak tersedia, individu berisiko disarankan untuk mengunyah aspirin dosis normal karena obat tersebut mencegah terjadinya penggumpalan darah jika aspirin ada di dekatnya . Jangan memaksakan diri untuk mencari aspirin bila tidak ada di dekatnya.

Telepon Keluarga atau Fasilitas Kesehatan Terdekat

Saat ini jika terdapat alat komunikasi di dekatmu, segera hubungi ambulans dan juga teman maupun anggota keluarga yang lain. Banyak penderita yang merasa cukup sadar dan bisa pergi ke fasilitas kesehatan sendirian, akan tetapi hal tersebut sangat riskan karena kesadaran bisa tiba-tiba hilang dalam perjalanan ke sana. Apabila kamu berkendara sendirian, risiko kecelakaan menjadi sangat besar. Oleh karena itu, menunggu pertolongan dari pihak lain merupakan hal yang penting.

Berbagai macam mitos penanganan serangan jantung banyak beredar dengan tingkat akurasi yang beragam, salah satunya adalah CPR dengan batuk. Tipe CPR ini adalah memaksa untuk batuk guna memasukkan oksigen ke dalam tubuh. Akan tetapi,belum ada bukti ilmiah kuat yang menunjukkan efektivitas dari bentuk CPR ini dalam pertolongan pertama serangan jantung. Apalagi jika tidak dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin jika kamu mengalami gangguan yang lebih parah lagi.

Sebagian besar penderita, terutama yang mengalami serangan jantung parsial ringan, merasa bahwa pertolongan pertama sudah berhasil mengembalikan kondisi mereka seperti sedia kala sehingga urgensi untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan menjadi sangat rendah. 

Ahli kesehatan menyarankan bahwa meskipun serangan jantung sudah berlalu, kamu tetap harus mengunjungi fasilitas kesehatan untuk memperoleh pertolongan. Dampak dari serangan tersebut meskipun tidak terlihat, tapi dapat terakumulasi menjadi komplikasi jantung yang lebih fatal di masa depan. Tenaga medis akan membantumu melakukan rehabilitasi terhadap sel-sel jantung yang mati agar fungsinya dapat dijaga.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis