fbpx
BerandaDiabetesCara Mengelola Kolesterol Tinggi pada Pasien Diabetes

Pengidap diabetes perlu waspada akan risiko komplikasi dan masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Selain memicu hipertensi, penumpukan kadar gula dalam darah juga dapat memicu tingginya kadar kolesterol. Akibatnya pengidap diabetes juga berisiko mengalami kolesterol tinggi yang memicu risiko penyakit jantung dan stroke. Bagi Anda pasien diabetes, perlu mengetahui bagaimana cara mengelola kolesterol tinggi agar tidak memicu komplikasi serius. 

cara mengelola kolesterol tinggi

Bagaimana Hubungan Antara Diabetes dan Kolesterol Tinggi?

Diabetes dan kolesterol adalah dua kondisi yang saling berkaitan. Tingginya kadar kolesterol dan gula darah termasuk sindrom metabolik yaitu sekumpulan kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes pada seseorang. 

Baik kolesterol tinggi dan diabetes dapat meningkatkan risiko terkena stroke melalui mekanisme berikut: 

  • Diabetes yang tidak terkendali dapat merusak lapisan pembuluh darah sehingga rentan mengalami aterosklerosis, yaitu penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah menyempit atau tersumbat sehingga menghambat aliran darah. 
  • Pengidap diabetes juga rentan mengalami penurunan kolesterol baik dan peningkatan kolesterol tinggi sehingga pembuluh darah menyempit atau mudah tersumbat. 

Untuk itu pasien diabetes dianjurkan memahami cara mengelola kolesterol tinggi agar dapat mencegah komplikasi seperti stroke dan penyakit jantung. 

Cara Mengelola Kolesterol Tinggi pada Pasien Diabetes

Secara umum, cara mengelola kolesterol tinggi pada pengidap diabetes tidak jauh berbeda dengan non diabetesi. Anda dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan berserat dan melakukan olahraga secara rutin. 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola kolesterol tinggi antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mengonsumsi makanan sehat

Beberapa perubahan pola makan dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung, seperti pola makan berikut ini:

  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah atau produk olahan susu yang berlemak tinggi 
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak trans yang biasanya terdapat pada makanan kemasan atau pada makanan mengandung margarin seperti biskuit dan cake
  • Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, kenari dan flaxseed
  • Meningkatkan konsumsi makanan berserat yang larut dalam aliran darah seperti oatmeal, kacang merah, apel, pir dan sayuran cuciwis

Olahraga

Salah satu cara mengelola kolesterol tinggi pada pengidap diabetes adalah dengan rutin melakukan olahraga atau memperbanyak aktivitas fisik. Anda bisa memulainya dengan melakukan olahraga yang Anda sukai atau melakukan aktivitas fisik seperti berjalan cepat setiap hari, memilih naik tangga daripada lift, atau melakukan peregangan di tengah-tengah jadwal sibuk Anda. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa melakukan olahraga minimal 30 menit per hari, 5 kali seminggu atau melakukan aktivitas aerobik berat selama 20 menit 3 kali seminggu. 

Berhenti merokok

Merokok memiliki efek buruk bagi seluruh tubuh, terutama bagi pengidap diabetes dan kolesterol. Kandungan racun pada rokok dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah sehingga memicu aterosklerosis dan meningkatkan kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah. 

Jika Anda mengalami diabetes dan kolesterol tinggi namun kesulitan untuk berhenti merokok, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau psikiater. 

Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi. Anda dianjurkan untuk mengurangi berat badan dengan mengubah kebiasaan kecil seperti mengurangi minuman manis, menghindari camilan atau makanan dengan kalori tinggi serta memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki, atau berkebun. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mengonsumsi obat-obatan

Terkadang, perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengelola kolesterol tinggi. Untuk mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, dokter dapat meresepkan obat-obatan. Minum obat sesuai anjuran dokter dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memantau efektivitas pengobatan tersebut. 

Demikian informasi seputar bagaimana cara mengelola kolesterol tinggi. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kolesterol dan diabetes hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

kaitan tiroid dan diabetes

Kaitan Penyakit Tiroid dan Diabetes, Seperti Apa?

Diabetes   26/09/2023
minuman untuk pengidap diabetes

Minuman yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Hidup Sehat   25/09/2023
puding untuk diabetes

Tips dan Resep Puding untuk Pengidap Diabetes

Hidup Sehat   24/09/2023
anak dengan diabetes insipidus

Penanganan Anak dengan Diabetes Insipidus

Diabetes   23/09/2023
diabetes sebabkan skiatika

Benarkah Diabetes dapat Sebabkan Nyeri Skiatika?

Diabetes   22/09/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman