fbpx
BerandaIbu dan AnakCara Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

Bayi memerlukan asupan ASI yang cukup untuk dapat bertumbuh kembang dengan sehat. Namun, ada kalanya Ibu menyusui tidak dapat mengeluarkan ASI yang cukup. ASI tersumbat bukanlah hal yang tidak umum, namun Ibu menyusui sebaiknya segera mencari cara untuk melancarkan ASI. Apa penyebab ASI tersumbat? Simak artikel berikut hingga tuntas untuk mengetahui penyebabnya serta cara melancarkan ASI!

cara melancarkan asi

Penyebab ASI tersumbat

Alasan utama tersumbatnya ASI berbeda-beda untuk setiap individu. Ibu menyusui dapat berkonsultasi langsung ke dokter untuk mendeteksi penyebab utama jika ASI tak kunjung lancar. Namun, berikut beberapa kemungkinan ASI bisa tersumbat.

1. Gangguan hormonal atau endokrin

Penyebab yang mungkin dialami paling pertama adalah adanya gangguan hormonal atau endokrin. Wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS), tiroid rendah atau tinggi, diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi) atau masalah hormonal memiliki kecenderungan untuk lebih sulit memproduksi ASI. 

Suplai ASI rendah yang rendah dapat terjadi karena produksi susu bergantung pada sinyal hormonal yang dikirim ke payudara. Masalah hormonal yang menjadi faktor suplai ASI pada umumnya dapat diatasi dengan cara konsumsi obat atau metode lain dengan bantuan tenaga medis.

2. Jaringan kelenjar payudara yang tidak mencukupi

Saat memasuki fase kehamilan, payudara akan berubah dan berkembang untuk mempersiapkan kebutuhan bayi Si Kecil. Namun, ada kalanya saluran dan jaringan di payudara tidak dapat berkembang secara normal sehingga tidak memiliki saluran yang cukup. 

Salah satu cara untuk mengatasi penyebab ini adalah dengan bantuan pompa. Selain itu, dokter juga mungkin akan memberikan Anda obat-obatan resep. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Penggunaan pil kontrasepsi atau obat

Segala bentuk pil KB yang dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan produksi yang signifikan untuk ASI. Khususnya, penggunaan pil KB sebelum bayi berusia empat bulan. Konsumsi obat-obatan herbal atau medis juga dapat mempengaruhi suplai ASI.

Jika ini merupakan faktor ASI Anda tidak lancar, Anda harus segera menghentikan konsumsi pil KB dan obat. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda melakukan langkah medis apapun.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Bayi kesulitan mengisap atau memiliki masalah anatomi

Produksi ASI tidak hanya disebabkan oleh Ibu menyusui, namun juga pertumbuhan bayi. Mungkin saja bayi Anda belum memiliki pertumbuhan lidah dan bibir yang mampu untuk menyedot ASI. Mulai dari jaringan lidah yang terlalu erat atau kondisi lain seperti bibi dan langit-langit mulut sumbing.

Kondisi mulut bayi yang belum berkembang dengan baik dapat menyebabkan ASI tidak keluar dengan efektif. Ini dikarenakan lidah bayi bekerja dengan cara mengompres kelenjar susu untuk payudara akhirnya dapat mengeluarkan ASI.

5. Jadwal menyusui yang tidak efektif

Payudara selalu menghasilkan susu, namun kecepatan produksi susu tergantung pada seberapa kosongnya payudara Anda. Payudara yang hampir kosong akan memproduksi lebih banyak ASI, dan sebaliknya ketika lebih banyak ASI sudah terisi.

Sehingga, produksi ASI juga akan melambat ketika bayi Anda jarang diberikan ASI. Selain itu, penggunaan dot juga memengaruhi bayi untuk tidak mendapatkan ASI secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain 5 kemungkinan penyebab di atas, masih banyak penyebab dan faktor dari ASI terhambat. Mulai dari kekurangan suplemen, masalah emosional, hingga gangguan yang lebih kronis. Simak cara melancarkan ASI di bagian selanjutnya.

Cara melancarkan ASI

Pada umumnya, ASI yang terhambat dapat diatasi sendiri di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Menyusui lebih sering

Semakin Anda sering menyusui, semakin banyak produksi ASI. Berikan ASI hingga Si Kecil tidak merengek lagi dan sudah terlihat kenyang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, otot-otot di payudara akan berkontraksi ketika menyusui dan saluran akan semakin sering dan cepat terisi oleh ASI.

Anda bisa mencoba menyusui mulai dari 8 hingga 12 kali sehari. Usahakan untuk segera memberikan ASI sebelum bayi lapar tak karuan. Proses menyusui sangatlah vital untuk tumbuh kembang anak.

2. Pompa ASI Anda

Di saat Anda tidak menyusui, sebaiknya pompa susu Anda untuk meningkatkan produksi ASI. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa memompa setiap kali masih ada sisa susu setelah menyusui. Selain itu, Anda juga dapat memompa jika bayi melewati jam makan atau bayi mengonsumsi ASI botol atau susu formula.

Usahakan untuk tetap merangsang produksi ASI agar ASI tidak terhambat ketika dibutuhkan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Menyusui dari kedua sisi

Stimulasi menyusui dari kedua payudara secara seimbang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Memompa susu dari kedua payudara secara bersamaan dapat menghasilkan kandungan lemak yang lebih tinggi dalam susu.

Ketika sedang menyusui, berikan payudara kanan dan kiri secara bergantian. Ketika bayi telah melambat di payudara yang satu, segera pindahkan bayi untuk mendapatkan ASI dari payudara satunya. 

4. Konsumsi makanan dan biskuit laktasi

Banyak sekali sebenarnya makanan sehari-hari yang dapat membantu meningkatkan ASI.

Beberapa makanan yang efektif untuk peningkatan laktasi pada umumnya mengandung herbal dan dinamakan galactagogues. Beberapa makanan yang termasuk ke dalam galactogogues adalah daun katuk, gandum, ragi, biji-bijian utuh, sayuran hijau gelap, buncis, kacang-kacangan, jahe, dan pepaya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain makanan galactagogues, Anda dapat mengonsumsi produk biskuit laktasi yang telah diproduksi secara khusus. Pada umumnya, biskuit laktasi memiliki kandungan yang beragam khusus untuk peningkatan ASI. Salah satunya adalah Mama Bear Zoya Mix Pelancar Asi Cokelat – 10 sachet / box (Rp32.811) yang dibuat dengan dengan kedelai dan oatmeal dengan kandungan vitamin lengkap. 

5. Minum suplemen atau cairan khusus laktasi

Selain makanan, sudah banyak pula minuman atau suplemen yang dapat membantu meningkatkan ASI.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Produk minuman laktasi pada dasarnya memiliki kandungan yang sama seperti makanan. Yakni, diproduksi dari bahan-bahan herbal.

Mulai dari susu, teh, hingga suplemen, Anda bisa menemukan beragam produk pelancar ASI di Apotek Online Lifepack. 

Demikian 5 penyebab ASI terhambat serta 5 cara melancarkan ASI. Dapatkan produk pelancar ASI original dengan harga lebih hemat hanya di Apotek Online Lifepack.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman