fbpx
BerandadirektoriObatInformasi Kesehatan Obat dari Huruf CCalcium Channel Blockers: Bagaimana Cara Kerja dan Efek Sampingnya?

Calcium channel blockers adalah golongan obat yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi (hipertensi). Obat ini juga dikenal dengan antagonis kalsium karena bekerja dengan menghalangi kalsium masuk ke jantung dan pembuluh darah. Seperti apa cara kerja dan efek samping calcium channel blockers? Simak ulasannya berikut ini.

calcium channel blockers hipertensi

Cara kerja calcium channel blockers

Calcium channel blockers adalah golongan obat yang membatasi penggunaan kalsium pada beberapa bagian tubuh. Jantung dan sistem peredaran darah dalam tubuh kita membutuhkan kalsium untuk membantu jantung memompa darah. Pada pasien dengan tekanan darah tinggi, mengonsumsi obat ini membuat jantung lebih rileks sehingga menurunkan tekanan darah.

Ion kalsium membantu menciptakan sinyal listrik untuk membuat jantung berdetak. Dengan membatasi jumlah kalsium yang masuk ke jantung dan pembuluh darah, kontraksi jantung Anda akan menurun dan pembuluh darah akan menjadi lebih rileks. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. 

Dalam tubuh manusia, beberapa jenis saluran kalsium cenderung hanya ada di beberapa bagian tubuh tertentu. Kondisi ini memungkinkan penargetan obat tergantung pada kanal kalsium mana yang akan diblokir. 

Dengan dosis yang tepat, antagonis kalsium akan menghambat saluran kalsium yang ditargetkan sehingga mampu mengendalikan kontraksi jantung dengan lebih baik. 

Obat golongan calcium channel blockers biasanya diresepkan dokter untuk mengatasi kondisi berikut:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Tekanan darah tinggi
  • Aritmia jantung (irama jantung tidak teratur) 
  • Nyeri dada
  • Kejang arteri koroner
  • Kardiomiopati hipertrofi
  • Hipertensi pulmonal
  • Perdarahan di lapisan pelindung otak (subarachnoid)

Untuk mengatasi kondisi medis tersebut, dokter dapat meresepkan obat antagonis kalsium dengan obat-obatan antihipertensi lainnya. 

Jenis-jenis calcium channel blockers

Berdasarkan struktur kimia dan area kerjanya, obat-obatan antagonis kalsium dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Dihydropyridine: bekerja sebagian besar pada pembuluh darah
  • Non Dihydropyridine: bekerja pada pembuluh darah dan jantung 

Dari kedua jenis obat tersebut, obat golongan dihydropyridine lebih umum digunakan untuk mengobati hipertensi daripada subkelas antagonis kalsium lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan golongan tersebut untuk mengurangi tekanan pada arteri dan resistensi pembuluh darah. 

Contoh obat-obatan dihydropyridine yang sering diberikan pada pasien hipertensi antara lain:

  • Amlodipine
  • Felodipine
  • Isradipine
  • Nicardipine
  • Nifedipine
  • Nimodipine
  • Nitrendipine

Sedangkan untuk golongan nondihydropyridine seperti benzothiazepine dan phenylalkylamine, obat ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, angina dan aritmia. Obat kelas phenylalkylamine yang umum digunakan antara lain verapamil, sedangkan untuk kelas benzothiazepine biasanya dokter akan meresepkan diltiazem. 

Efek samping calcium channel blockers

Masing-masing subkelas antagonis kalsium memiliki efek samping berbeda. Obat-obatan antagonis kalsium golongan dihydropyridine umumnya menimbulkan efek samping berupa:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Kepala pusing
  • Wajah memerah
  • Sakit kepala
  • Bengkak di tungkai

Sedangkan untuk obat-obatan golongan nondihydropyrdine umumnya dapat menyebabkan:

  • Konstipasi
  • Detak jantung melambat (bradikardia)
  • Menurunnya kemampuan jantung untuk memompa darah

Beberapa antagonis kalsium juga dapat menyebabkan hiperplasia gingiva, yaitu saat gusi tumbuh terlalu banyak di sekitar gigi. Pada beberapa kasus, obat-obatan ini juga dapat menyebabkan GERD atau perut mulas. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tidak semua calcium channel blockers dianjurkan bagi Anda yang sedang hamil, memiliki tekanan darah rendah, masalah jantung, liver, atau irama jantung yang tidak teratur. Jika Anda memiliki beberapa kondisi tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. 

Dalam mengonsumsi antagonis kalsium, penting untuk memerhatikan dosis yang Anda minum. Patuhi aturan minum obat sesuai anjuran dokter agar obat dapat bekerja dengan efektif. 

Jika Anda melewatkan dosis minum obat, hindari meningkatkan dosis dua kali lipat karena dapat membahayakan jantung. Meningkatkan dosis obat antagonis kalsium tanpa anjuran dokter dapat memengaruhi irama jantung sehingga berisiko meningkatkan kematian. 

Demikian informasi seputar obat calcium channel blockers atau antagonis kalsium. Karena tergolong ke dalam obat keras, calcium channel blockers hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

__________________________________

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Rear view of senior sixty year old woman with gray hair holding mug washing down sleeping pill, suffering from insomnia. Elderly retired female taking medicine with water, sitting in bedroom

Crestor 20 mg: Manfaat, Dosis, Efek Samping

cpg 75 mg

Obat CPG 75 mg: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   20/07/2022
clopidogrel

Clopidogrel: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   15/07/2022

Obat Coparcetin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Obat Cedocard: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman