fbpx
BerandadirektoriObatInformasi Kesehatan Obat dari Huruf LLosartan Potassium: Cara Kerja dan Efek Sampingnya untuk Hipertensi

Losartan potassium atau losartan kalium adalah salah satu jenis obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Obat ini digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, gagal jantung dan melindungi fungsi ginjal. Bagaimana cara kerja dan efek samping obat losartan? Simak ulasannya berikut ini. 

losartan potassium

Fungsi losartan potassium

Losartan potassium adalah tablet minum untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Obat ini juga digunakan untuk menurunkan risiko stroke pada orang yang terkena penyakit jantung, dan mencegah kerusakan ginjal lebih parah pada pasien diabetes tipe 2 dan hipertensi. 

Obat yang ada dalam jenis generik dan non generik ini hanya bisa didapatkan menggunakan resep dokter. Beberapa merek losartan potassium yang beredar di pasaran antara lain Cozaar, Santesar, Insaar, dan Angioten. 

Losartan termasuk dalam golongan obat penghambat reseptor angiotensin atau angiotensin receptor blockers (ARB). Obat lain yang berada di golongan ini antara lain olmesartan, valsartan dan telmisartan. Umumnya dokter meresepkan obat ini untuk mengatasi masalah berikut:

  • Mengobati tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan anak-anak
  • Menurunkan risiko stroke pada pengidap tekanan darah tinggi dan hipertrofi ventrikel kiri
  • Mengatasi masalah ginjal akibat diabetes (nefropati diabetik)

Cara kerja losartan potassium

Obat losartan potassium termasuk dalam golongan penghambat reseptor angiotensin yang bekerja dengan menghambat angiotensin. Angiotensin adalah senyawa dalam tubuh yang mengatur pembuluh darah untuk menyempit dan melebar. 

Dengan mengonsumsi losartan, pembuluh darah akan melebar dan lebih rileks. Kondisi ini kemudian menyebakan tekanan darah menurun. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mekanisme inilah yang membuat losartan potassium sering diresepkan untuk menurunkan tekanan darah. Pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi dan hipertrofi ventrikel kiri, risiko stroke akan menjadi lebih tinggi akibat penebalan dinding jantung. Dengan menurunnya tekanan darah, maka risiko serangan stroke akan berkurang. 

Ketika tekanan darah menurun, kondisi ini juga akan menurunkan risiko kerusakan ginjal, terutama pada pasien diabetes. Diabetes dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku sehingga proses menyaring darah menjadi kurang optimal dan meningkatkan tekanan darah tinggi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek samping losartan potassium

Mengonsumsi losartan dapat menimbulkan efek samping ringan hingga serius. Beberapa efek samping yang dapat muncul setelah mengonsumsi losartan antara lain:

  • Batuk
  • Pusing, sakit kepala
  • Hidung berair
  • Nyeri punggung
  • Diare
  • Badan terasa lemas
  • Kadar gula rendah
  • Dada berdebar-debar
  • Tekanan darah terlalu rendah

Efek samping ini akan mereda selama beberapa hari atau minggu. Apabila kondisi ini tidak segera hilang, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Terutama jika Anda mengalami mual, muntah dan diare yang tidak segera mereda dalam beberapa hari. 

Beberapa kelompok juga tidak dianjurkan meminum obat losartan potassium, salah satunya adalah ibu hamil. Mengonsumsi obat ini saat hamil dapat menyebabkan bayi mengalami cacat lahir. Jika Anda diresepkan obat ini ketika sedang hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai obat pengganti yang lebih aman bagi kehamilan. 

Mengonsumsi losartan potassium juga dapat menimbulkan efek samping yang lebih serius seperti:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Tingginya kadar potassium dalam darah yang ditandai dengan masalah irama jantung, otot menjadi lemah dan irama jantung lemah
  • Muncul reaksi alergi seperti bengkak pada wajah, bibir, tenggorokan dan lidah
  • Pusing akibat tekanan darah rendah
  • Membengkaknya kaki, pergelangan kaki dan kedua tangan akibat masalah sekresi pada ginjal
  • Kenaikan berat badan secara drastis

Pada beberapa kasus, mengonsumsi obat ini juga dapat menyebabkan perubahan atau kehilangan indra pengecap, urine menjadi gelap, warna tinja menjadi cerah atau pucat serta mata dan kulit menjadi kekuningan. 

Apabila Anda mengalami gejala serius di atas setelah mengonsumsi obat losartan maka segera periksakan ke dokter. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Interaksi losartan potassium dengan obat lainnya

Anda dapat mengonsumsi losartan dengan obat-obatan lainnya. Setiap obat yang berinteraksi dengan losartan akan menyebabkan reaksi yang berbeda. Beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan losartan di antaranya:

  • Lithium
  • Obat penurun tekanan darah tinggi lainnya
  • Obat antiperadangan nonsteroid
  • Rifampin
  • Obat diuretik
  • Obat lain yang mengandung potassium

Beberapa obat-obatan di atas dapat membuat kerja losartan kurang efektif atau menimbulkan efek samping lain akibat interaksi keduanya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum minum losartan dengan obat-obatan lainnya. 

Demikian informasi seputar losartan potassium. Karena tergolong ke dalam obat keras, losartan potassium hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

kandungan obat lapibal

Sering Digunakan untuk Gangguan Saraf, Apa Kandungan Obat Lapibal?

direktoriObat   04/11/2022
kandungan obat lansoprazole

Sering Digunakan untuk Obati GERD, Apa Kandungan Obat Lansoprazole?

direktoriObat   12/10/2022
lapibal

Lapibal: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Lianhua Qingwen Apakah Bisa Mengobati Covid-19? Cek Fakta!

Obat Lactamor: Dosis, Efek Samping Dan Manfaat

direktoriObat   03/11/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman