fbpx

Bromocriptine Mesylate

Sep 30, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf B | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Dikenal sebagai obat dengan merek Parlodel, bromocriptine mesylate digunakan dalam penanganan penyakit parkinson dan tumor hipofisis. Senyawa ini masuk ke golongan hormon sintetis dan merupakan agonis dopamin. Di dunia medis senyawa ini juga digunakan untuk mengurangi produksi ASI karena alasan tertentu. 

Obat ini banyak digunakan pada beberapa indikasi medis. Salah satunya adalah mengobati galaktorea yang menjadi gejala dari tumor hipofisis. Terapi akromegali yang berhubungan dengan kelenjar hipofisis juga menggunakan bromocriptine mesylate. Bersamaan dengan levodopa, obat ini juga banyak membantu pada terapi penyakit parkinson.

Informasi

Senyawa bromocriptine mesylate memiliki tugas menekan produksi hormon prolaktin di dalam tubuh. Hormon ini memegang peran penting dalam produksi ASI. Hormon ini juga memegang pengaruh pada kondisi medis tertentu seperti kemandulan, galaktorea, serta gangguan siklus menstruasi.

Prolaktin memang dibutuhkan bagi tubuh, namun kadar prolaktin harus dikendalikan agar tidak menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh. Saat kadar prolaktin dalam tubuh terlalu tinggi, beberapa gangguan kesehatan tersebut bisa terjadi. Pada kondisi seperti itulah obat ini dibutuhkan agar kadar hormon prolaktin kembali normal.

Jika digunakan dalam jangka panjang, obat ini bisa membantu mengatasi prolaktinoma. Prolaktinoma merupakan tumor jinak yang ditemukan di kelenjar hipofisis.

Sebagai terapi penyakit parkinson, obat ini juga memberikan banyak pengaruh positif. Obat ini digunakan bersamaan dengan levodopa (obat bagi pasien parkinson). Parlodel akan membantu meningkatkan efektivitas terapi pada pasien parkinson yang sudah menerima levodopa dengan dosis optimal. 

Dosis

Konsumsi dosis obat Parlodel tentu harus disesuaikan dengan kondisi setiap pasien. Tujuan penggunaan obat juga akan berpengaruh pada dosis yang aman untuk dikonsumsi. Itulah sebabnya, dosis pasien satu dengan yang lain bisa saja berbeda. Berikut adalah aturan dosis Parlodel yang perlu diperhatikan.

1. Terapi Hyperprolactin

Pada pasien dengan kondisi hiperprolaktin, dibutuhkan Parlodel sebanyak 0,5-2,5 mg per hari. Dosis ini bisa ditingkatkan sebanyak 2,5 mg setiap 2-7 hari hingga pasien mencapai hasil terapi yang optimal. Pada orang dewasa, rentang dosis yang dinilai aman untuk dikonsumsi adalah 2,5-15 mg per hari.

Sementara itu, untuk anak-anak dengan rentang usia 11-15 tahun dibutuhkan jumlah dosis yang berbeda. Dosis awal yang diberikan adalah 0,5-2,5 mg per hari dan rentang dosis yang aman adalah 2,5-10 mg per hari.

2. Akromegali

Penggunaan Parlodel sebagai terapi dalam kasus akromegali membutuhkan dosis awal sebesar 0,5-2,5 mg per hari. Dosis bisa ditingkatkan sebanyak 0,5-1 mg setiap 3-7 hari. Pada kondisi ini, rentang dosis yang aman untuk dikonsumsi pasien adalah 20-30 mg per hari. Dosis ditentukan berdasarkan pengurangan growth hormone pada pasien.

3. Parkinson

Parlodel untuk mengobati penyakit parkinson diberikan dengan dosis awal sebesar 0,5-2,5 sebanyak dua kali sehari. Dosis bisa ditingkatkan sebanyak 2,5 mg per hari dalam jangka waktu 14-28 hari. Penggunaan Parlodel tidak boleh melebihi dosis 100 mg per hari.

Setelah mendapatkan resep dokter, perhatikan dengan baik berapa dosis yang Anda butuhkan. Konsumsi obat berdasarkan dosis yang sudah diberikan dokter. Jika perlu dilakukan peningkatan dosis, ikuti anjuran dokter dan jangan meningkatkan dosis secara sembarangan.

Efek Samping

bromocriptine-mesylate

Obat ini merupakan jenis obat yang diresepkan oleh dokter. Dosis konsumsi obat harus diperhatikan dengan baik karena ada banyak efek samping yang mungkin terjadi. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin dialami pasien setelah mengonsumsi bromocriptine mesylate.

  • Mual dan muntah  
  • Pusing
  • Sensasi kering pada mulut
  • Nyeri perut
  • Diare
  • Konstipasi
  • Mudah mengantuk
  • Hidung tersumbat
  • Depresi
  • Kesemutan jari tangan dan kaki
  • Nafsu makan menurun

Pada sebagian orang, konsumsi bromocriptine mesylate bisa menimbulkan efek samping yang cukup berat. Sebut saja kejang hingga stroke. Bahkan pada beberapa kasus, konsumsi obat ini bisa menimbulkan kematian. Oleh karena itu, konsumsi obat oleh pasien harus selalu dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Cara Konsumsi

Bromocriptine mesylate digunakan sebagai obat dalam bentuk tablet. Berikut adalah aturan konsumsi yang perlu Anda perhatikan.

  • Obat dikonsumsi setelah makan atau bisa bersamaan dengan makanan. Anda disarankan menggunakan air putih untuk mengonsumsi obat ini.
  • Konsumsi obat bisa menimbulkan rasa mual. Anda bisa mengurangi risiko mual dengan meminum obat mendekati waktu tidur.
  • Pastikan Anda tidak mengemudi setelah minum obat karena salah satu efek samping dari obat ini adalah mengantuk.
  • Anda harus mengikuti dosis yang sudah diberikan dokter, bukan mengikuti dosis milik orang lain. Jangan menentukan dosis sendiri karena bisa memberikan dampak yang berbahaya bagi tubuh.
  • Berikan jarak waktu yang cukup ketika meminum obat ini dalam satu hari untuk menghindari terjadinya overdosis.
  • Konsumsi obat secara rutin setiap hari dengan jam minum yang sama agar dosis yang masuk ke tubuh optimal dan aman. 
  • Hindari mengonsumsi obat dengan dosis ganda dalam satu waktu. Jika Anda melupakan jadwal minum obat dalam satu hari, maka lanjutkan di hari berikutnya. 
  • Konsultasikan pada dokter jika muncul reaksi alergi setelah Anda minum obat.
  • Simpan obat Anda di tempat yang benar yaitu jauh dari paparan sinar matahari dan tidak lembab. Hindarkan juga obat dari jangkauan anak-anak.

Pemakaian bromocriptine mesylate sebagai obat telah terbukti membantu banyak pasien. Selama mengonsumsi obat ini, lakukan konsultasi dengan dokter agar segala bentuk risiko efek samping bisa diminimalkan. Sebagai obat dengan resep, pastikan Anda memang mengonsumsi obat tersebut karena anjuran dari dokter. 

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antre di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Sumber:

National Library of Medicine. Bromocriptine Mesylate. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis