fbpx
BerandaIbu dan AnakBolehkan Makan Mie Instan Saat Hamil?

Kehamilan terkadang datang bersama keinginan akan makanan yang terkadang sangat tinggi dan kadang seperti tidak dapat dibendung. Namun, ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan karena banyak makanan yang jauh lebih baik untuk ibu hamil dan janin. Salah satu makanan tersebut adalah mie instan. Walaupun bukan kontraindikasi, makan mie instan saat hamil memiliki banyak zat aditif yang mungkin dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan. Simak penjelasannya di artikel berikut.

makan mie instan saat hamil

5 Kandungan mie yang berbahaya untuk dikonsumsi saat hamil 

Pertama-tama Anda harus mengetahui kandungan-kandungan mie yang dapat berbahaya untuk kesehatan Anda dan si kecil. Beberapa di antaranya adalah seperti di bawah berikut.

1. Tepung maida

Maida adalah tepung halus yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali. Mie instan pada umumnya dibuat dengan bahan dasar tepung maida yang melalui proses pemurnian sehingga nutrisinya hilang secara menyeluruh. Tepung maida juga sulit dicerna sehingga akan berada di dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lebih lama. Faktor ini dapat menyebabkan sembelit pada kehamilan.

2. Garam

Sebagaimana umumnya makanan instan lainnya, mie instan mengandung banyak garam. Terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan dapat membuat Anda rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet

Pengawet yang ada di dalam mie instan, beserta pewarna buatan dan perisa aditif dapat menghambat pertumbuhan bayi Anda.

4. MSG

MSG atau Monosodium Glutamat adalah perisa makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa MSG dosis dapat menyebabkan kerusakan sel saraf sehingga memicu gangguan fungsi otak dan kerusakan berbagai organ. Kandungan MSG pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan untuk janin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Lemak Trans

Lemak trans atau lemak padat  dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan. Kolesterol yang tinggi dapat memicu penyempitan pembuluh darah arteri sehingga menghambat aliran darah atau aterosklerosis. 

5 Gangguan kesehatan konsumsi mie instan pada ibu hamil

Dari kandungan-kandungan tersebut, berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada ibu hamil jika sering mengonsumsi mie instan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Natrium meningkatkan risiko preeklampsia

Tubuh memang membutuhkan natrium, namun kadar natrium yang terlalu berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Natrium tinggi dapat menimbulkan banyak ancaman seperti penyakit jantung, stroke, dll karena meningkatkan tekanan darah. Pada ibu hamil, kondisi ini dapat menyebabkan preeklampsia atau peningkatan tekanan darah yang disertai dengan adanya protein dalam urine. Preeklampsia dapat mengancam jiwa ibu serta janin.

2. MSG mengakibatkan gangguan jantung dan obesitas

Mie instan mengandung MSG atau perisa tambahan yang umum ditemukan dalam makanan olahan. MSG berfungsi sebagai penambah rasa yang cenderung akan membuat Anda ketagihan.

MSG sebenarnya memiliki efek kecil dan jangka panjang pada tubuh Anda. Namun, bahan ini dapat menyebabkan obesitas dan masalah jantung jika dikonsumsi dalam kadar tinggi. Sebaliknya, MSG yang dikonsumsi dalam jumlah sedang tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Meningkatkan kadar gula menjadi diabetes gestasional

Makanan olahan dengan kadar gula tinggi yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami diabetes gestasional. Diabetes ini dapat berujung kepada risiko bayi cacat lahir, lahir mati, dan lahir prematur.

Anda mungkin tidak akan mengalami gejala utama secara sadar, namun waspadai jika Anda mengalami buang air kecil, haus, kelelahan, dan mual yang berkelanjutan. Segera periksakan kadar gula Anda untuk mendiagnosanya secara akurat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Nutrisi janin yang tidak memadai menjadi cacat bayi

Mie instan memiliki nutrisi yang sangat sedikit, padahal janin bayi mendapatkan nutrisi hanya dari asupan ibu. Saat Anda sering makan mie instan selama kehamilan, Anda dan bayi hanya akan mendapatkan natrium dan karbohidrat sehingga nutrisi pertumbuhan bayi tidak tercukupi. Ini akan meningkatkan risiko kecacatan dan komplikasi kehamilan

Selama kehamilan, diet Anda harus mengandung pasokan nutrisi yang seimbang untuk bayi juga. Nutrisi yang baik akan membuat bayi bertumbuh dengan lebih sehat dan ibu menjadi lebih kuat.

5. Gangguan pencernaan menjadi sembelit

Saat ibu sedang hamil, sembelit adalah kondisi yang umum terjadi. Sembelit saat kehamilan diakibatkan oleh hormon progesteron yang meningkat. Ketika ibu hamil sering mengonsumsi mie instan, pencernaan akan cenderung menjadi lebih sulit.

Padahal, ibu hamil harus menghindari gangguan pencernaan karena tidak dianjurkan untuk mengejan demi mengeluarkan kotoran. Ibu hamil tidak akan mengalami keguguran, namun akan mengalami komplikasi pencernaan lainnya mulai dari masalah rektum, anus, hingga ambeien.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ibu hamil disarankan untuk sebisa mungkin membatasi konsumsi mie instan. Daripada makan mie instan saat hamil, konsumsilah suplemen, susu, dan makanan yang akan meningkatkan kesehatan Anda secara optimal. Dapatkan produk kesehatan untuk ibu dan anak di Apotek Lifepack.

PRENAGEN EMESIS COKELAT 200 GR – Susu Khusus Ibu Hamil (Rp43.135) memiliki kandungan protein dan itamin B6 yang sudah teruji secara klinis, produk ini dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90%, sehingga nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi seputar kesehatan kehamilan dan menyusui dengan dokter umum? Nikmati layanan konsultasi gratis bersama dokter terpercaya Apotek Lifepack melalui WhatsApp di link ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman