fbpx
BerandadirektoriObatBenzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi mengatasi jerawat. Obat ini termasuk tipe obat luar (topical) yang kandungan dalam obat ini dapat dicampur dengan kandungan obat lainnya seperti antibiotik yang juga mengatasi jerawat. Benzoyl peroxide dapat mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat serta membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Benzoyl Peroxide

Informasi

Obat benzoyl peroxide dapat mengatasi jerawat ringan hingga sedang yang bekerja menghilangkan bakteri timbulnya jerawat serta kulit kering mengelupas. Obat ini tergolong sebagai obat bebas anti jerawat, namun tetap membutuhkan resep dari dokter jika dikombinasikan dengan antibiotik lain. Salah satu obat yang mengandung benzoyl peroxide adalah obat Benzolac-Cl Gel – 10 gr (Rp 63.300). Obat ini merupakan antibiotik topikal untuk mengobati jerawat yang meradang. Konsumsi obat ini pun harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Obat benzoyl peroxide ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun. Obat ini tersedia dalam bentuk gel di toko-toko obat atau apotek. Untuk penyimpanan obat, Anda sebaiknya menyimpannya di tempat dengan suhu sekitar 15-30 derajat celcius, serta hindari obat dari jangkauan anak-anak.

Dosis

Dosis benzoyl peroxide bersifat individual. Maka, pastikan Anda telah berkonsultasi kepada dokter sebelum penggunaan obat ini. Dosis yang dianjurkan dari penggunaan obat ini yaitu Untuk dosis awal oleskan gel sebanyak 1-2 kali per hari dengan kandungan obat sekitar 2,5-10%, digunakan setelah membersihkan wajah. Selanjutnya, jika diperlukan obat dapat ditingkatkan secara bertahap menjadi 3 kali sehari. Untuk membersihkannya cuci sebanyak 1-2 kali sehari. Dosis untuk anak-anak di atas usia 12 tahun ukurannya sama dengan dosis orang dewasa. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Dalam penggunaan obat benzoyl peroxide, Anda perlu memerhatikan obat-obat lain yang sedang Anda gunakan sebelum menggunakan obat ini. Jika digunakan bersamaan dengan obat tretinoin maka obat tersebut akan mengurangi kinerja obat benzoyl peroxide bahkan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Beberapa obat-obatan lain yang harus dihindari sebelum penggunaan obat obat benzoyl peroxide yaitu:

  • Produk obat yang mengandung sulfonamide, efeknya menjadikan kulit berubah warna misalnya rambut wajah menjadi berwarna orange atau kuning meski efeknya sementara.
  • Obat isotretinoin dan tazarotene yang akan mempengaruhi bekerjanya obat ini dan meningkatkan iritasi kulit jika digunakan secara bersamaan.

Kelompok Orang yang Berisiko

Anda tidak diperbolehkan menggunakan obat ini jika sedang mengalami masalah pada kulit seperti iritasi, eksim atau luka yang terbuka. Sebaiknya Anda tidak menggunakan obat benzoyl peroxide jika kulit sedang terbakar oleh sinar matahari. Sebelum penggunaan obat ini, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah kulit seperti alergi benzoil peroksida. Anda juga tidak dianjurkan menggunakan obat ini jika mengalami kondisi hipersensitif. Bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui, obat benzoyl peroxide kurang aman untuk digunakan karena obat ini mengandung bahan kimia peroksida.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek Samping

Penggunaan obat benzoyl peroxide kemungkinan dapat menimbulkan efek samping. Beberapa gejalanya seperti:

  • Ruam kulit
  • Kulit terasa terbakar
  • Gatal-gatal
  • Kulit seperti melepuh
  • Warna kulit menjadi kemerahan
  • Timbul bengkak
  • Kulit menjadi kering dan mengelupas

Secara umum, penggunaan pertama obat benzoyl peroxide akan menimbulkan kulit kekeringan dan bahkan iritasi meski pemakaian telah berlangsung selama satu minggu. Namun, ada beberapa pula efek samping yang belum diketahui selain gejala di atas. Jika Anda mengalami gejala selain yang disebutkan di atas, maka Anda harus segera konsultasikan hal ini dengan dokter untuk didiagnosis dan diperiksa lebih lanjut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Konsumsi

Perlu Anda ketahui, benzoyl peroxide merupakan jenis obat luar. Pastikan Anda telah membaca cara penggunaan obat benzoyl peroxide yang tertera pada kemasan. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum penggunaan obat ini. Hal ini bertujuan untuk mendiagnosis serta mengetahui risiko alergi yang mungkin terdapat pada tubuh Anda. 

Jika Anda memiliki alergi, maka sebaiknya Anda menghentikan penggunaan obat dan segera minta bantuan medis. Sebelum penggunaannya, Anda harus membersihkan dengan sabun dan air atau pembersih wajah. Lalu keringkan dan tepuk perlahan wajah Anda menggunakan handuk. 

Berikut cara penggunaannya: 

  • Anda cukup mengoleskan obat ini pada area kulit yang berjerawat selama 3 hari. Aplikasikan obat secukupnya hingga menutupi area permukaan kulit yang berjerawat dan gosok secara lembut. Selama penggunaan obat benzoyl peroxide, maka hindari obat dengan area bibir, hidung, dan mata. Jika terjadi kontak dari area tersebut, maka Anda dianjurkan agar segera mencuci area yang terkena obat dengan air bersih.  
  • Tidak disarankan menyentuh area kulit yang sudah diolesi obat, paling tidak diamkan selama satu jam setelah penggunaan. Pakailah tabir surya jika Anda akan melakukan kegiatan di bawah sinar matahari. Obat benzoyl peroxide dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif jika terpapar oleh cahaya matahari, maka hindari jangan terlalu lama berada di daerah yang terpapar sinar matahari selama menggunakan obat ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman