fbpx

Asam 2-Hidroksi-4-Metiltiobutirat

Sep 10, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf A | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Senyawa asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat adanya senyawa asam yang terdapat dalam beberapa jenis obat. Secara sifat, asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat tidak dapat larut dalam air dan relative netral. Senyawa asam ini banyak digunakan di berbagai bidang dari mulai industri hingga bidang biologi. Pada bidang industri, asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat dimanfaatkan sebagai surfaktan dan emulsifier. Sementara untuk bidang obat-obatan digunakan untuk kidmin. 

Informasi

Senyawa asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat  memiliki formula molekul C5H10O3S yang juga dikenal dengan nama lain sebagai methyl 2-hidroksi-4-methylsulfanyl butanoat atau asam alpha-hydroxy-gamma-methylmercaptobutryc. Senyawa ini memiliki rata-rata berat molekul sebesar 150,196 gram / mol. Senyawa asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat tergolong ke dalam senyawa organik yang dikenal sebagai asam lemak tio (thia fatty acids). 

Senyawa asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat merupakan salah satu penyusun obat kidmin yang tergolong ke dalam obat keras. Obat kidmin tersedia dalam bentuk cairan infus dan diberikan mengikuti resep dokter. Kidmin merupakan cairan infus dengan kandungan asam amino 7,2% yang di dalamnya terdapat asam amino berantai cabang seperti valine, leucine, serta isoleucine. 

Manfaat obat kidmin adalah untuk memenuhi kebutuhan pasien pengidap gangguan ginjal akan asam amino. Pasien dengan gangguan ginjal mungkin mengalami kondisi hipoproteinemia yakni kekurangan jumlah protein di darah, ataupun mengalami kondisi malnutrisi berupa kekurangan nutrisi di dalam tubuh. Pemberian obat kidmin juga bisa diberikan pada pasien sebelum serta setelah menjalankan operasi.

Dosis

Obat kidmin membutuhkan resep dokter untuk mengkonsumsinya agar dosisnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kondisi pasien. Apalagi jika mengingat bahwa obat kidmin termasuk ke dalam kategori obat keras yang berbahaya jika dikonsumsi sembarangan. Untuk besaran dosis konsumsi maka dokter akan menyesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit penderita.

Berikut adalah dosis asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat di dalam obat kidmin yang diberikan sesuai dengan penyakit:

Gagal Ginjal Akut

Untuk pasien dengan kondisi gagal ginjal yang akut, maka dosis bagi pasien dewasa sebesar 600 ml setiap harinya. Cara pemberian dengan cara diinfuskan melalui pembuluh vena sentral untuk pemberi nutrisi parenteral. 

Gagal Ginjal Kronik

Untuk pasien dengan kondisi gagal ginjal yang kronik, maka dosis bagi pasien dewasa sebesar 200 ml setiap harinya. Cara pemberian dengan cara diinfuskan melalui pembuluh vena perifer atau disebut sebagai infus vena perifer. Untuk kecepatan pemberian infusnya sendiri adalah rata-rata 25 tetes infus setiap menit sementara untuk pasien dewasa sebesar 100 ml setiap 60 menit. 

Sementara jika diberikan untuk pasien usia anak-anak di bawah 12 tahun, maka kecepatan pemberian infus harus lebih lambat. Selain pemberian untuk anak-anak, pemberian untuk orang tua serta mereka yang menderita kasus serius juga harus lebih lambat kecepatan infusnya. Jika infus yang diberikan adalah infus vena sentral maka besaran dosis umum untuk pasien dewasa sebesar 400 ml setiap harinya. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Anda sangat disarankan untuk memberitahu dokter mengenai jenis obat yang sedang dikonsumsi di saat yang bersamaan. Pasalnya, asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat dan bahan lainnya dalam obat kidmin dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat-obatan. Jenis obat yang mungkin akan berinteraksi adalah karbon aktif, obat antidiabetes, antikoagulan, agen antilipemik dan agen antigout.

Kelompok orang Berisiko

Mereka yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat ataupun kandungan lainnya dalam obat kidmin harus menghindari pemberian obat ini. Untuk itu dokter akan bertanya mengenai riwayat alergi yang diderita oleh pasien agar tidak sampai salah memberikan obat. 

Efek Samping

Efek samping penggunaan obat kidmin yang mengandung asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat sangat beragam. Meski begitu pada umumnya efek samping masih tergolong ringan seperti sakit kepala, mual, demam, muntah dan juga mulut yang terasa kering seperti dehidrasi. Apabila efek samping yang dirasakan semakin parah, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pada mereka dengan kondisi tubuh tertentu juga bisa mengalami gangguan berupa hipersensitif atau alergi.  Gejala alergi sendiri sangat beragam, namun pada umumnya yang akan dirasakan adalah ruam-ruam merah pada kulit, pembengkakan pada wajah, lidah, dan juga mulut, pusing, mual, dan kehilangan kesadaran.

Cara Konsumsi 

Untuk konsumsi yang tepat, Anda harus mengikuti anjuran dokter agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat bentuk pemberian asam 2-hidroksi-4-metiltiobutirat dalam obat kidmin melalui infus, maka yang perlu diperhatikan adalah kecepatan pemberian infus. Kecepatan pemberian infus harus menyesuaikan dengan kondisi pasien seperti kedaruratan penyakitnya. 

Cara pemberian juga harus sesuai dengan usia pasien. Untuk itu apabila perawatan dilakukan di dalam rumah pasien, harus tetap berada dalam pengawasan petugas medis. Selain itu untuk pemberhentian obat, harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu, apakah pasien bisa langsung menghentikan penggunaan obat ini atau tidak. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis