fbpx
BerandaHidup SehatApakah Overthinking Termasuk Gangguan Mental?

Pernahkah Anda memikirkan sesuatu hal yang sama secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama? Atau pernahkah Anda merasa menyesal akibat keputusan di masa lalu dan masih memikirkan dampaknya hingga kini? Apabila Anda pernah mengalami keduanya, bisa jadi yang Anda alami adalah overthinking. Lalu, apakah sebenarnya overthinking termasuk gangguan mental? 

apakah overthinking termasuk gangguan mental

Apa Itu Overthinking?

Setiap orang pasti pernah memikirkan sesuatu secara berlebihan. Misalnya, Anda memikirkan kesalahan apa yang akan terjadi ketika Anda akan presentasi, atau terus-menerus memikirkan baju apa yang Anda pakai saat wawancara kerja. Sekilas, overthinking tidak tampak seperti hal yang berbahaya. Namun sebenarnya ketika overthinking, Anda terlalu banyak berpikir dan sulit memusatkan energi serta pikiran pada hal lain. Akibatnya Anda akan mengabaikan hal lain yang lebih penting.

Overthinking adalah kondisi dimana seseorang kerap memikirkan suatu topik atau situasi tertentu secara berlebihan dan menganalisisnya dalam jangka waktu lama. Sebagian orang beranggapan bahwa overthinking adalah hal yang baik karena membantu seseorang untuk melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang. Akan tetapi, overthinking yang tidak segera diatasi dapat mengganggu produktivitas dan fokus Anda. 

Belum diketahui penyebab pasti dari overthinking, namun para ahli menduga hal ini disebabkan oleh masalah psikis seperti kecemasan atau depresi. 

Tanda-Tanda Overthinking

Para ahli menganggap overthinking sebagai bentuk dari ruminasi, yaitu melakukan kegiatan berulang-ulang. Beberapa tanda seseorang mengalami overthinking antara lain:

  • Merasa khawatir atau memiliki ketakutan yang sama berulang kali
  • Selalu membayangkan skenario terburuk
  • Menghabiskan banyak waktu memikirkan pikiran negatif tentang masa lalu atau masa depan
  • Merasa sedih atau tertekan karena pikiran Anda sendiri
  • Terlalu memikirkan sesuatu sehingga sulit berkonsentrasi pada hal lain
  • Tidak dapat melanjutkan ke masalah penting berikutnya karena terus memikirkan masalah yang sama
  • Sulit menemukan solusi dari masalah yang dihadapi
  • Sering menyalahkan diri sendiri

Overthinking terkadang disertai gejala fisik seperti sulit tidur, gangguan makan atau penurunan nafsu makan dan tidak bersemangat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apakah Overthinking Termasuk Gangguan Mental?

Melihat banyaknya keterkaitan antara overthinking dengan masalah kesehatan mental, banyak orang mempertanyakan apakah overthinking termasuk gangguan mental?. Dilansir dari Cleveland Clinic, overthinking sebenarnya tidak termasuk pada gangguan mental. 

Overthinking atau berpikir berlebihan tidak termasuk gangguan mental, namun kondisi ini bisa menjadi gejala depresi atau kecemasan. Orang yang berpikir berlebihan sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan umum. Salah satu tanda gangguan kecemasan umum adalah pengidapnya memiliki kecenderungan untuk khawatir berlebihan terhadap beberapa hal. Penderita GAD mungkin mengalami:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Khawatir berlebihan terhadap beberapa hal setidaknya selama enam bulan.
  • Kesulitan mengendalikan kecemasan yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. 
  • Mengganggu aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja
  • Mengalami kecemasan atau kekhawatiran yang diikuti dengan gejala mudah lelah, sulit konsentrasi, mudah tersinggung dan gangguan tidur
  • Mengalami kekhawatiran atau kegelisahan tanpa alasan jelas

Selain gangguan kecemasan umum, berpikir berlebihan juga dapat menjadi gejala kondisi kesehatan mental lainnya seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan gangguan stres pasca trauma (PTSD).

Dampak Overthinking

Overthinking dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Beberapa dampak overthinking bagi kesehatan mental antara lain:

Memicu stres

Overthinking dapat menyebabkan sel otak lelah dan memicu stres. Ketika tubuh mengeluarkan hormon stres berlebih, hal ini dapat merusak dan membunuh sel otak di hipokampus yang menyebabkan seseorang sulit berpikir jernih dan mengalami gangguan suasana hati. 

Mengganggu pola tidur dan nafsu makan

Orang yang mengalami overthinking juga dapat mengalami gangguan tidur dan nafsu makan seperti tidak nafsu makan atau justru makan berlebihan. Gangguan tidur akibat overthinking juga dapat menyebabkan penurunan kualitas aktivitas harian dan produktivitas kerja.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Berdampak pada hubungan sosial

Overthinking juga dapat mengganggu hubungan sosial karena Anda banyak meletakkan kecurigaan dengan teman, pasangan atau rekan kerja. Hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dan mengganggu keharmonisan hubungan sosial. 

Memicu rasa tidak percaya diri

Orang yang overthinking cenderung merasa tidak percaya diri dan memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Anda menjadi takut mengeluarkan pendapat karena takut ditolak atau takut dijelek-jelekkan oleh orang lain. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mengalami gangguan kesehatan fisik

Terlalu banyak berpikir juga dapat menyebabkan sejumlah gangguan fisik seperti pusing, mulut kering, sakit kepala, sulit konsentrasi, mual dan mudah berkeringat. 

Bagi Anda yang mengalami overthinking, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan pikiran yang mengganggu seperti mencari distraksi dengan kegiatan lainnya, memperbanyak aktivitas fisik dan latihan relaksasi. Jika dirasa overthinking sudah sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari maka sebaiknya periksakan ke dokter. 

Demikian informasi seputar apakah overthinking termasuk gangguan mental?. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

doomscrolling bagi kesehatan

Bahaya Doomscrolling bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   07/12/2023
Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental

Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental

Hidup Sehat   06/12/2023
cara menghilangkan overthinking untuk kesehatan mental

Cara Menghilangkan Overthinking untuk Kesehatan Mental

Hidup Sehat   05/12/2023
dampak lembur bagi kesehatan mental

Dampak Lembur bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   04/12/2023
pola asuh otoriter

Pola Asuh Otoriter, Kenali Dampaknya pada Anak

Hidup Sehat   03/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman