fbpx
BerandaIbu dan AnakApakah Ibu Hamil Boleh Mewarnai Rambut? Ketahui Jawabannya di Sini

Sebagian orang terkadang menjadi bosan dengan warna rambut yang itu-itu saja. Sebagai ras Asia yang sebagian besar memiliki rambut warna hitam sepanjang hidup, beberapa orang mungkin menginginkan warna rambut yang lebih terang atau variatif. Kini mewarnai rambut juga sudah mudah dilakukan baik dengan bantuan profesional maupun secara DIY. Namun, ada beberapa kondisi tubuh yang harus diperhatikan sebelum mewarnai rambut, salah satunya kondisi kehamilan. Apakah ibu hamil boleh mewarnai rambut? Simak penjelasan tuntasnya di sini.

apakah ibu hamil boleh mewarnai rambut

Jenis-jenis mewarnai rambut

Jenis mewarnai rambut dapat disesuaikan dari keinginan Anda sendiri mulai dari permanen, semi-permanen, hingga sementara. 

Perbedaan dari tiga jenis mewarnai rambut tersebut akan berdampak kepada durasi ketahanan warna. Di samping itu, kandungan pewarna dan proses mewarnai juga akan sangat berbeda.

Jenis permanen adalah proses mewarnai rambut yang paling kompleks. Agar warna dapat bertahan selama berbulan-bulan tentunya proses juga akan berlangsung lama. Selain itu, bahan pewarna rambut juga akan memiliki kandungan kimia yang lebih tinggi.

Untuk semi permanen, warna biasanya akan bertahan hanya dalam beberapa minggu. Tentunya proses pewarnaan rambut akan lebih cepat dengan penggunaan bahan pewarna yang tidak berisiko tinggi untuk kesehatan rambut. Warna rambut yang sementara merupakan jenis yang paling tidak tahan lama karena dapat luntur dalam beberapa kali cuci.

Selain itu, warna rambut juga akan mempengaruhi proses pewarnaan. Warna terang akan lebih muncul jika telah melalui tahapan bleaching. Proses ini seringkali membutuhkan bahan kimiawi yang tinggi untuk menanggalkan warna alami rambut Anda secara menyeluruh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebelum menentukan jenis mewarnai rambut, ibu hamil harus mempertimbangkan durasi pengecatan. Ibu hamil besar mungkin akan merasa sangat tidak nyaman jika harus duduk berjam-jam dalam posisi yang sama. Selain itu, kandungan pewarna rambut juga harus dipertimbangkan dengan matang.

Kandungan pewarna rambut

Pewarna rambut umumnya diproduksi dengan bahan kimia berkonsentrasi tinggi. Bahan kimia ini langsung dioleskan ke kulit kepala setiap kali rambut diwarnai. Bahan kimia yang memiliki konsentrasi tinggi tentunya dapat berbahaya ke kesehatan karena bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Salah satu bahan kimia yang banyak ditemukan dalam pewarna adalah amonia, hidrogen peroksida, dan p-phenylenediamine. Amonia berfungsi untuk memisahkan lapisan protein rambut, agar pewarna dapat meresap ke dalam batang rambut. Selanjutnya, hidrogen peroksida bermanfaat untuk memutihkan rambut dan membantu proses p-phenylenediamine untuk melekat di rambut. 

Tiga bahan kimia tersebut memiliki efek samping yang berbahaya, menurut berbagai penelitian. Amonia dapat menyebabkan iritasi pernapasan dan asma, penghambat endokrin, dan terus menerus menempel di lingkungan sekitarnya. P-phenylenediamine telah ditemukan menjadi penyebab cacat lahir, iritasi kulit, toksisitas hati dan darah, dan reaksi alergi. Bahkan penggunaanya dibatasi di negara-negara Uni Eropa.

Sebagian pewarna juga mengandung toluena. Toluena adalah neurotoksin yang telah dikaitkan dengan cacat lahir, keguguran, dan reaksi alergi. Zat ini juga dapat mengandung resorsinol yang dapat memengaruhi fungsi dan sinyal hormonal. 

Masih banyak lagi zat-zat kimia yang dapat meningkatkan resiko penelitian. Sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan pewarna rambut dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Berbeda dengan pewarna rambut kimia, pewarna yang dibuat dengan bahan alami memiliki resiko yang lebih rendah. Anda dapat menggunakan opsi pewarna berbahan herbal atau nabati seperti henna dan ekstrak tumbuhan lainnya.

Jadi, apakah ibu hamil boleh mewarnai rambut?

Walaupun beberapa penelitian menyatakan pewarna rambut memiliki dampak kesehatan yang negatif, American College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa mewarnai rambut selama hamil aman untuk dilakukan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Organisasi tersebut menyatakan lebih lanjut bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam pewarna rambut semi permanen dan permanen aman digunakan selama kehamilan, terutama setelah trimester kedua.

Dr. Temeka Zore, MD, FACOG, Ahli Endokrinologi Reproduksi Infertilitas dan OBGYN di Spring Fertility, menyatakan bahwa sangat sedikit bahan kimia yang benar-benar diserap oleh kulit kepala. Ini dikarenakan rambut yang melewati folikel di kepala sebenarnya sudah mati sehingga tidak ada cara untuk masuk ke dalam tubuh Anda.

Kemungkinan warna untuk masuk ke aliran darah juga memiliki risiko kecil. Studi lain menunjukkan bahwa pewarna tidak akan menghasilkan paparan sistemik yang signifikan pada manusia, tidak terkecuali pada ibu hamil.

Walaupun begitu, Anda tetap harus mendiskusikannya dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut. Setiap ibu hamil memiliki kondisi dan tubuh yang berbeda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tips mewarnai rambut untuk ibu hamil

Anda mungkin memutuskan untuk menunggu mewarnai rambut Anda sampai setelah 12 minggu pertama kehamilan, ketika risiko zat kimia yang membahayakan bayi jauh lebih rendah. Jika Anda mewarnai rambut sendiri, Anda dapat mengurangi risiko lebih lanjut dengan memastikan Anda:

  • Setelah 12 minggu pertama kehamilan
  • Tes terlebih dahulu pewarna pada beberapa helai rambut
  • Tes alergi ke kulit terlebih dahulu
  • Memakai sarung tangan
  • Gunakan pewarna berbahan alami atau nabati
  • Warnai semi-permanen
  • Biarkan pewarna mengendap tidak terlalu lama dan tentukan waktu minimum
  • Lakukan proses mewarnai di ruangan dengan sistem sirkulasi udara dan ventilasi baik
  • Bilas kulit kepala Anda secara menyeluruh
  • Oleskan pewarna hanya pada helai rambut bukan di kulit kepala

Ingatlah bahwa kehamilan dapat memengaruhi kondisi normal rambut Anda. Rambut Anda mungkin bereaksi berbeda terhadap pewarnaan seperti menjadi lebih atau kurang menyerap.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selalu jaga kesehatan harian untuk tumbuh kembang janin yang optimal. Beli suplemen ibu hamil dan kebutuhan kesehatan kehamilan lainnya di Apotek Online Lifepack. Vitamin Folamil Genio – 30 kapsul – suplemen ibu hamil (Rp134.523) adalah suplemen multivitamin dan mineral yang mengandungDHA untuk nutrisi pada otak bagi wanita hamil dan menyusui, serta perkembangan otak bayi dan kesehatan saraf, otot, dan tulang wanita pada masa kehamilan.

Ingin konsultasi dengan dokter umum seputar kehamilan? Nikmati konsultasi gratis melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

nyeri punggung atas saat hamil

Nyeri Punggung Atas Saat Hamil? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Ibu dan Anak   12/08/2022
stimulasi tumbuh kembang anak

Bagaimana Tahapan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usia?

Ibu dan Anak   11/08/2022

Bunda, Sudah Tahu 9 Jenis Susu untuk Anak Ini?

Ibu dan Anak   29/07/2022

7 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Usia 2 Tahun

Ibu dan Anak   28/07/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman