fbpx
BerandaObatApakah Efektif Folavit Untuk Program Hamil?

Mungkin Anda sudah sering mendengar bila asam folat sangat dianjurkan dikonsumsi oleh perempuan untuk merencanakan promil atau program kehamilan. Asam folat atau vitamin B9 merupakan vitamin B kompleks yang dapat larut di dalam air. Zat tersebut diketahui sangat berguna untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh dan memiliki peran penting saat pembentukan sel DNA.  Selain mengkonsumsi buah dan sayur, Anda juga bisa memperoleh asam folat dari vitamin di pasaran seperti folavit. Tak hanya dikonsumsi obat ibu hamil, perempuan yang sekarang ini merencanakan promil juga mengkonsumsi folavit ini untuk mengoptimalkan programnya.

Apakah Efektif Folavit Digunakan untuk Program Hamil?

Berikut berbagai fakta penting dari folavit.

Manfaat Folavit

Berdasarkan kandungan asam folat yang berada di dalam folavit, berikut berbagai manfaat folavit untuk promil, antara lain:

Mempersiapkan Kehamilan

Manfaat folavit yang pertama ialah menjadi vitamin mempersiapkan kehamilan. Asam folat bukan hanya baik dikonsumsi oleh kaum hawa yang sedang mempersiapkan kehamilan, namun juga sangat baik dikonsumsi kaum adam. Pengkonsumsian asam folat pada kaum pria dipercaya meningkatkan kualitas sperma. Peningkatan ini bukan hanya berkaitan dengan program hamil, namun untuk menurunkan kemungkinan kelainan sperma yang dapat membuat bayi lahir kurang sempurna.

Memberi Nutrisi untuk Ibu Hamil

Manfaat berikutnya adalah sebagai vitamin ibu hamil. Asam folat sangat bermanfaat untuk proses pembentukan jaringan tubuh bayi. oleh sebab itu, vitamin ini sangat dibutuhkan, lebih-lebih di awal kehamilan untuk mencegah cacat bawaan. Sedangkan, untuk ibu menyusui, asam folat sangat berguna untuk memenuhi asupan vitamin.

Mengatasi Anemia

Salah satu manfaat dari asam folat adalah untuk pembentukan sel darah merah, inilah yang membuat folavit dapat mengatasi kekurangan darah. Namun tak semua jenis kekurangan darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat ini. Jenis anemia yang dapat diatasi oleh obat ini adalah anemia megaloblastik yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Seberapa Efektif Folavit untuk Program Hamil?

Mungkin pertanyaan ini sering Anda utarakan. Seberapa efektif fungsi folavit untuk promil? Harus diketahui terlebih dulu jika asam folat bukan menjadi multivitamin yang ditujukan bagi perempuan yang sedang menjalankan program hamil. 

Asam folat dipergunakan untuk meningkatkan kesehatan serta perkembangan janin di dalam kandungan. Sehingga, asam folat memang digunakan sebagai upaya pencegahan sesuatu yang tak diinginkan pada janin seperti pertumbuhan yang tak sempurna atau kecacatan saraf. Namun, benar bila perempuan yang sedang merencanakan kehamilan dianjurkan mengkonsumsi asam folat untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dosis Folavit

Obat berbentuk tablet, dalam setiap tablet memiliki kandungan asam folat sebanyak 400 mcg. Untuk masalah dosis, jika digunakan untuk mengobati anemia, khususnya pada anemia megaloblastik pemberian asam folat secara oral diberikan dengan dosis 0,5 – 1 mg sehari. Pemberian asam folat juga dapat dilakukan dengan injeksi dan dosis yang lebih besar apabila anemia megaloblastik akut.

Sedangkan untuk ibu hamil pada trimester awal membutuhkan sebanyak 400 mcg, dan pada trimester selanjutnya membutuhkan 600 mcg yang diberikan sekali sehari. Pada ibu menyusui, kebutuhan asam folat dalam satu hari sebanyak 500 mcg.

Kondisi perempuan yang sedang hamil atau menjalani program hamil cukup rentan, sehingga konsultasikan dosis folavit untuk promil pada dokter. Dosis tersebut dapat berubah sesuai dengan kebutuhan pasien serta pertimbangan dokter.

“Wanita yang sedang hamil atau berencana hamil disarankan untuk memenuhi asupan asam folat  untuk mencegah keguguran dan “neural tube deffect” yaitu cacat lahir yang serius seperti spina bifida, ketika tulang belakang dan punggung janin tidak menutup di dalam rahim. Karena itu usahakan untuk mengonsumsi asam folat/folavit saat merencanakan kehamilan” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda dapat membeli Folavit 1000mcg (Rp239.000) di Lifepack. FOLAVIT 1000 MCG merupakan obat dengan kandungan Asam Folat 1 mg. Obat ini digunakan untuk penderita anemia megaloblastik dan makrositik yang disebabkan defisiensi asam folat. Obat ini juga dapat digunakan untuk penderita yang keadaannya membutuhkan asam folat. Asam folat (Vitamin B9) berperan penting pada pembentukan DNA. Sehingga Asam Folat bermanfaat pada pasien Anemia, Ibu hamil dan menyusui, atau pada kondisi lain yang membutuhkan asam folat. Dalam mengkonsumsi obat ini biasanya 1 kali per hari, dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Jika diperlukan, dokter mungkin akan memberikan resep obat dan multivitamin dengan kandungan yang lebih tinggi. Cernevit 750 mg Injeksi – 10 vial – Multivitamin 750mg (Rp.3104.100) adalah multivitamin injeksi yang akan memenuhi kebutuhan pada pasien operasi, luka bakar luas, infeksi berat, serta kondisi-kondisi dimana pemberian multivitamin oral memiliki kontraindikasi, tidak memungkinkan, atau kebutuhan vitamin tidak mencukupi. Baca juga Cernevit untuk Ibu Hamil, Aman atau Ada Efek Sampingnya?.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek Samping Folavit

efek-folavit-ibu-hamil

Meskipun sangat baik untuk tubuh, namun tetap saja obat ini juga memiliki efek samping. Efek samping tersebut seperti munculnya ruam merah, pembengkakan dan gatal. Reaksi ini dapat muncul pada pasien yang mempunyai riwayat alergi pada asam folat. 

Selain itu efek samping yang muncul bisa seperti mual, perut kembung, sakit perut dan muntah. Efek samping di atas merupakan efek samping yang umum terjadi, namun jika Anda mengalami efek samping yang parah, segera hubungi dokter. 

Itulah manfaat folavit untuk promil. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman