fbpx

Penyakit Ambeien: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Jun 2, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Penyakit ambeien atau wasir merupakan penyakit yang sangat mengganggu terutama ketika Anda buang air besar. Namun sudahkah Anda mengetahui penyebab ambeien? Bagaimana gejala dan pengobatannya? Pelajari selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Penyebab Ambeien

Penyakit ambeien terjadi karena terdapat tekanan pada anus sehingga membuat anus terluka. Ambeien disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Mengejan saat buang air besar
  • Sembelit
  • Duduk untuk waktu yang lama, terutama saat di toilet
  • Penyakit-penyakit tertentu, seperti sirosis

Gejala Ambeien

Penyakit ambeien memiliki beberapa gejala khas yang dapat dengan mudah Anda kenali, antara lain: 

  • Keluar darah tanpa rasa sakit dari dubur
  • Anus terasa gatal
  • Sakit atau nyeri anal, terutama saat duduk
  • Nyeri saat buang air besar
  • Terdapat satu atau lebih benjolan lunak yang keras di dekat anus

Tipe Penyakit Ambeien

  1. Ambeien internal: Ditemukan di dalam rektum. Kebanyakan tidak terasa sakit tetapi cenderung mengalami pendarahan.
  2. Ambeien prolaps: Bentuk ambeien internal yang lebih parah. Pembuluh-pembuluh vena pada penyakit ini keluar melalui anus dan menggantung keluar dari tubuh, terutama setelah buang air besar. Terkadang, sfingter anal (cincin otot) dapat mencekik vena yang menggantung secara permanen
  3. Ambeien eksternal: ambeien dengan pendarahan kecil pada bawah kulit di sekitar anus. Selain itu juga terdapat benjolan keras di area anus.

Pengobatan Penyakit Ambeien

Pengobatan ambeien dilakukan sesuai dengan derajat atau tingkat keparahan ambeien itu sendiri. Berikut beberapa pengobatan sesuai tingkat keparahan ambeien.

Derajat 1 dan 2

Perubahan gaya hidup diperlukan untuk tidak memperparah ambeien. Konsumsi serat dan air yang cukup dapat menjadi salah satu cara perubahan gaya hidup untuk mencegah ambeien semakin parah. Selain itu, pada tingkat ini dapat dilakukan pengobatan topikal dengan berbagai anestesi lokal seperti kortikosteroid atau obat antiinflamasi. Obat topikal yang umum seperti glyceryl trinitrate 0,2%.

Selain itu tindakan Rubber Band Ligation (RBL) juga dapat dilakukan sebagai langkah penanganan ambeien. RBL dilakukan dengan memperbaiki jaringan nekrosis ambeien dan mukosa pada dubur.

Skleroterapi dilakukan melalui anoskop, penyuntikkan dengan bahan sclerosant ke dalam submukosa. Sclerosant kemudian menyebabkan fibrosis dan perbaikan ke saluran anus.

Derajat 3

Pada derajat 3, perubahan gaya hidup, Rubber Band Ligation (RBL), dan skleroterapi dapat dilakukan sebagai tindakan penanganan. 

Pada derajat ini juga dapat dilakukan hemoroidektomi. Ada dua jenis utama hemoroidektomi, yaitu ferguson (hemoroidektomi tertutup) dan Milligan-Morgan (hemoroidektomi terbuka). Hemoroidektomi terbuka sering dilakukan pada pembedahan ambeien gangren akut di mana edema jaringan dan nekrosis menghalangi penutupan mukosa.

Pada derajat 3, alternatif operasi hemoroidektomi dapat dilakukan dengan stapled hemorrhoidopexy, di mana alat stapel digunakan untuk reseksi dan memperbaiki jaringan hemoroid internal ke dinding rektum. 

Selain itu pada derajat ini juga dapat dilakukan Ligasi arteri ambeien dengan doppler. Ligasi arteri ambeien dengan dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengikat arteri hemoroid. Cara ini disebut juga dengan dematerialisasi hemoroid transanal.

Derajat 4

Pada derajat 4, tindakan yang dapat dilakukan berupa perubahan gaya hidup, hemoroidektomi, dan stapled hemorrhoidopexy.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
5 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh
Pelajari 6 Gejala Demam Berdarah yang Harus Anda Waspadai
4 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Batuk Kering
Penyakit Meningitis: Penyebab, Gejala, dan Faktor Risikonya
Mengenal Macam-Macam Penyebab Vertigo
Kenali Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Pencegahan Penyakit Ambeien

Sembelit, mengejan saat buang air besar, dan duduk di toilet terlalu lama meningkatkan risiko wasir. Untuk mencegah sembelit dan wasir, Anda harus:

  • Konsumsi air yang cukup
  • Konsumsi makanan tinggi serat buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
  • Gunakan pelunak tinja untuk mencegah tegang ketika buang air besar

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab, gejala, dan pencegahan ambeien. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan Anda? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store, dan dapatkan kemudahan menebus resep obat tanpa antri.

Referensi:

Hemorrhoids

National Institute of Diabetes, and Digestive and Kidney Diseases

Review of Hemorrhoid Disease: Presentation and Management

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis